Komunkasi hewan & komunikasi manusia

Lebih dari 100.000 orang meninggal dunia ketika bencana tsunami terjadi di Aceh (26/12/2004). Sedangkan pada saat yang sama, hampir tidak ada hewan yang mati (Kompas, 1/1/2005).

Mitra Excellent, kemampuan hewan yang luar biasa dalam memahami dan menerjemahkan pesan antar sesamanya, boleh jadi merupakan alasan keberhasilan mereka dalam menghadapi tantangan alam.

Ya, komunikasi antar hewan memang menarik. Demikian menariknya, perusahaan mainan terbesar di Jepang, Takara Co. Ltd., memproduksi alat bernama “bowlingual” sejak September 2002, yang dapat menerjemahkan (translate) gonggongan 50 jenis anjing. Alat ini laku keras, karena memungkinkan masyarakat Jepang memahami keinginan anjing mereka (Kompas, 13/3/2003).

Mitra Excellent, kita juga sudah lama mengenal kualitas kerjasama dunia serangga. Semut dengan liangnya yang rumit, lebah dengan presisi ukuran lubang-lubang hexagonal di dalam sarangnya, hal-hal tersebut dihasilkan dari kemampuan koordinasi yang berkualitas dan saling memahami pesan-pesan bahasa.

Manusia di lain pihak, sebagai makhluk yang unggul dalam berbagai potensinya, semestinya dapat memaksimalkan kemampuan untuk saling memahami. Ragam bahasa yang ada di dunia tidak boleh menjadi kendala yang terus-menerus menghalangi upaya mulia tersebut.

Oleh karena itu, Mitra Excellent, betapa pentingnya untuk berinvestasi dalam menjamin tercapainya pemahaman pesan, terlebih dalam memahami pesan lintas bahasa, tentu demi kebaikan kita semua.

Pentingnya proofread proyek terjemahan

Pernahkah terbayang dalam benak Anda, tiba saat ketika manusia dapat memahami setiap pesan dengan baik? Hari ketika kesalahpahaman antar sesama dapat diminimalkan sehingga tidak terjadi peristiwa berbahaya bagi kemanusiaan. Hari ketika hubungan bisnis dan kerjasama diwarnai dengan komunikasi yang dinamis dan terbuka.

Tentu ini membutuhkan investasi secara sadar dan serius. Anda perlu mempercayakan kepada para ahli bahasa yang tepat agar impian yang terbayang itu menjadi semakin nyata.

Aktivitas terjemah dokumen untuk menyajikan pesan yang layak baca bagi masyarakat yang berbeda bahasa tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

Mitra Excellent tentu masih ingat kisah kesalahan terjemah pesan dari kantor berita Domei (Jepang) di penghujung Perang Dunia II, yang mengakibatkan ratusan ribu jiwa melayang dalam peristiwa bom atom Hiroshima-Nagasaki.

Rincian bagaimana kesalahan terjemahan bom atom Hiroshima-Nagasaki itu dapat Anda lihat pada tulisan di artikel ini.

Hal tersebut disebabkan minimnya koreksi dan pemahaman konteks bahasa oleh penyampai maupun penerjemah. Penyampai semestinya menyajikan pesan yang jelas, tidak mengandung makna ambigu, dan memberikan keterangan konteks yang dimaksud dari sebuah pernyataan. Demikian pula bagi penerjemah, mereka membutuhkan banyak referensi konteks saat menerjemahkan bahasa yang dimaksud, serta memperhatikan ketelitian penulisan terjemahan.

Adanya kekurangan satu huruf saja bisa menjadikan perbedaan arti yang mempengaruhi bisnis Anda. “Ikan” tentu berbeda dengan “Iklan”. Sebuah kalimat promosi: “Anda ingin mengikankan produk Anda? Hubungi kami!” Tentu mengundang tawa dari pembaca. Betul begitu? 🙂

Belajar dari hal itu, Anda membutuhkan layanan terjemah yang menyediakan tenaga pengoreksi (proofreader) hasil terjemahan dan memberikan layanan revisi kapanpun dengan penuh perhatian.

Sayangnya, tidak semua jasa terjemahan (translate) memberikan layanan tersebut dengan baik. Baik ini dalam artian keterjangkauan / cuma-cuma, maupun baik dalam artian service yang tanggap dan proses yang cepat.

Jasa terjemah yang menyadari besarnya efek kekeliruan dalam terjemah akan memberikan layanan koreksi dan revisi sebagai bagian dari tanggung jawab jasa mereka. Mereka akan memberikannya dengan penuh perhatian, dan terintegrasi dengan rasa kemanusiaan.

Anda tentu akan puas dengan layanan seperti ini. Demikian pula, keberhasilan memberikan pengalaman alih bahasa yang berkesan adalah kebanggan bagi sebuah penyedia jasa terjemahan.

Anda tentu berharap manusia bisa terus menjadi penghuni bumi yang lebih baik, salah satunya dengan lebih mampu memahami pesan antar sesama. Dengan demikian, manusia bisa memperbaiki diri mereka, sekaligus memperbaiki kondisi kehidupan di muka bumi.

Salam Excellent!

[contact-form-7 404 "Not Found"]