Bahasa Mandarin: 

15 Frasa Sehari-hari yang Perlu Anda Ketahui (2)

Frasa Penting saat Bepergian

Halo Mitra Excellent!

Artikel kali ini masih melanjutkan pembelajaran tentang 15 frasa sehari-hari Bahasa Mandarin yang perlu Anda ketahui. Berikut beberapa frasa penting saat Anda bepergian ke kawasan yang menggunakan Bahasa Mandarin secara intensif, bisa jadi China Town yang seringkali Anda dapati di berbagai negara, maupun ketika Anda bepergian ke negara China itu sendiri.

Selamat membaca!

  1. 有没有(yǒu méi yǒu …?)— Apakah Anda punya…?

Frasa ini secara harfiah berarti “Anda punya ataukah tidak?” dan menenmpati posisi kata benda. Sebagai contoh, katakanlah Anda berjalan ke sebuah toko bahan pangan di Beijing untuk membeli kentang namun tidak melihat keberadaannya. Anda akan mendekati salah satu pegawai dan mengatakan对不起! 有没有土豆? (duì bu qǐ! yǒu méi yǒu tǔ​ dòu?) — Sorry! Do you have potatoes? / Maaf! Apakah Anda punya kentang?

Terdapat cara-cara yang lebih formal untuk mengatakan hal ini dengan penambahan suku kata, namun frasa singkat ini ideal untuk interaksi sederhana.

 

  1. 多少(duō shao qián?)— Berapa harganya?

Ketika mendengar jawaban dari pertanyaan ini, penting untuk mengetahui Bahasa Mandarin seputar angka untuk menafsirkan harga dari barang yang ditanyakan.

 

  1. 我想去… (wǒ xiǎng qù…)— Saya perlu pergi ke…

Tentu, Anda perlu mengetahui term Bahasa Mandarin ketika Anda pergi kemanapun sebelum bertanya tentang arah. Banyak lokasi peta di kota-kota besar di China memiliki terjemahan Bahasa Inggris (atau alphabet latin) untuk berbagai temat, namun Anda tentu tidak bisa selalu berharap keberuntungan dengan adanya bantuan tanda tersebut.

Sebelum bepergian, pastikan untuk mengetahui bagaimana cara melafalkan nama dari lokasi-lokasi yang akan Anda kunjungi.

 

  1. 救命啊(jìu mìng ā!)— Tolong!

Tentu, ini mungkin bukanlah frasa yang senantiasa Anda perlukan dalam kegiatan sehari-hari, namun tentu merupakan hal yang bermanfaat untuk sedia perbendaharaan ini daripada tidak tahu saat diperlukan.

Terdapat beberapa variasi dari ungkapan ini:

  • 火啊!(huǒ a!) — Api!
  • 停!(tíng!) — Berhenti!
  • 叫警察!(jiào jǐng chá!) — Panggil polisi!

 

  1. 厕所在哪里(cè suǒ zài nǎ lǐ?)— Di mana kamar mandinya?

Anda tentu akan kesulitan apabila tidak mengetahui Bahasa Mandarin untuk pertanyaan di atas. Tentu di negara dan dala bahasa apapun, ungkapan di atas menjadi ungkapan yang sangat penting untuk diketahui.

 

  1. 过一下 (jiè guò yī xià)— Mohon maaf, tolong biarkan saya lewat

Ungkapan di atas ternyata sebuah ungkapan yang biasa bagi masyarakat di China, untuk memberikan ruang ketika berjalan. Maka cobalah menggunakannya!

 

  1. 你会说英语吗(nǐ huì shuō yīng yǔ ma?)— Anda berbicara Bahasa Inggris?

Ah, sebuah ungkapan yang tidak bisa dipungkiri, yaitu frasa seolah-olah menyatakan “Saya menyerah! Gunakan Bahasa Inggris!” Terkadang Anda hanya perlu menanyakannya. Jangan merasa bersalah untuk menanyakannya, belajar Bahasa Mandarin ibarat perjalanan, terkadang Anda perlu sedikit bantuan.

Demikianlah, 15 frasa yang setidaknya Anda perlu ketahui untuk dapat digunakan dalam kegiatan traveling Anda di negeri China, atau sekadar untuk memulai menyapa seorang berkebangsaan China yang mungkin menjadi tetangga, rekan bisnis, atau rekan kuliah Anda.

Selamat mencoba, tentu Anda juga bisa mendapat bantuan profesional untuk perjalanan bisnis Anda yang penting dalam membuka pasar-pasar baru atau membuat perjanjian baik lisan maupun melalui dokumen-dokumen berbahasa Mandarin. Anda tidak peru sungkan untuk menghubungi kami.

Salam Excellent!