0812 3791 1132 order@jasa-translate.com

Mitra Excellent, masih ingatkah Anda dengan novel The Da Vinci Code yang ramai diperbincangkan di tahun 2003 silam?

Novel yang ditulis oleh Dan Brown tersebut bahkan telah terjual lebih dari 80 juta kopi ke seluruh dunia dan diterjemahkan ke dalam 51 bahasa. Tidak hanya itu, buku ini juga menjadi salah satu dari 101 best book di tahun 2010.

Ya, seperti yang kita tahu, novel ini berkisah tentang petualangan ahli simbol bernama Robert Langdon dalam memecahkan rahasia Holy Grail dan membersihkan namanya dari kasus pembunuhan seorang Biarawan Sion. Petulangan Langdon dalam menyelesaikan kasus tersebut tidaklah mudah karena ia harus memecahkan berbagai macam teka-teki yang ada, termasuk yang berupa anagram.

Berbicara tentang anagram, anagram adalah teka-teki atau sebuah bentuk permainan kata, di mana sebuah kata atau kalimat akan menghasilkan kata atau kalimat baru ketika susunannya diubah. Tentu kata atau kalimat yang dihasilkan harus kata atau kalimat yang benar-benar ada, agar tidak dianggap sebagai omong kosong belaka. Orang-orang yang membuat anagram ini disebut dengan “anagrammatist”.

Mitra Excellent, biasanya, anagram dibuat untuk mengomentari kata atau subyek yang dibuat anagram tersebut. Berikut adalah contoh-contoh anagram yang ada:

The Morse code — Here come dots

Meal for one — For me alone

Considerate  — Care is noted

Astronomer  — Moon starer

Astronomers  — No more stars

Signature  — A true sign

Asteroid threats  — Disaster to earth

Di era modern, anagram masih sering digunakan. Seperti yang dilakukan oleh  Dan Brown di novel The Da Vinci Code, di mana ada kalimat “O, Draconian devil!” yang ketika susunan hurufnya diubah dapat  dibaca menjadi “Leonardo da Vinci!”.

Ternyata, J.K. Rowling juga memasukkan anagram ke dalam novel Harry Potter, di mana salah satu tokohnya yang bernama “Tom Marvolo Riddle” memiliki anagram “I am Lord Voldemort”.

Contoh lainnya lagi, buku dari Homer Hickam, Jr. yang berjudul Rocket Boys diadaptasikan menjadi film layar lebar berjudul October Sky, anagram dari judul buku tersebut.

Jika kita menilik ke masa lalu, tokoh besar seperti Galileo Galilei juga pernah menggunakan anagram untuk “mengumumkan” penemuan cincin Saturnus di tahun 1610. Galileo menuliskan “smaismrmilmepoetaleumibunenugttauiras” yang kemudian disusun menjadi kalimat “Altissimum planetam tergeminum observavi”  atau yang berarti “I have observed the most distant planet to have a triple form“.

Nah, bagaimana Mitra Excellent? Tertarik untuk membuat anagram? []