Mengingat dan Presisi

Halo Mitra Excellent!

Berikut lanjutan keempat dari topik Filosofi Bahasa dan Penarikan Informasi. Kali ini kita akan membahas komponen pelengkap dari penarikan informasi, yaitu proses mengingat (recall), dan ketepatan (precision). Anda dapat mengikuti pengantar tulisan dalam topik ini di sini, bagian keduanya di sini, dan bagian ketiganya di sini.

Selamat membaca!

Setiap diskusi tentang kegagalan penarikan informasi perlu memperhatikan dua pengukuran pelengkap dari pelaksanaan penarikan informasi: mengingat (recall), yang merupakan persentae dari dokumen yang relevan berhasil ditarik, dan ketepatan (precision), yaitu persentase keberhasilan penarikan informasi dari dari dokumen yang relevan (Blair & Maron, 1985).

Secara umum, kita dapat mengatakan bahwa kegagalan deskripsi berujung pada pengingatan/recall yang rendah, sedangkan kegagalan diskriminasi cenderung menurunkan ketepatan/precision. Recall dan precision telah diketahui saling tarik-menarik secara kasar dan tidak dalam cara yang jelas –tingkat yang lebih tinggi dari mengingat dicapai dengan mengorbankan tingkat ketepatan, demikian pula sebaliknya.

Pengaruh ini memberi kesan bahwasanya deskripsi dan diskriminasi mungkin saling tarik-menarik dengan cara yang sama. Menggambarkan apa yang kita kehendaki dalam istilah yang paling mampu mencakup (umum/general) mungkin akan berujung pada konstruksi pertanyaan pencarian yang akan menjadi mampu mencakup, namun tidak cukup mendiskriminasi (sebagai contoh, pengingatan akan tinggi dan ketepatan rendah).

Di sisi lain, membuat pertanyaan pencarian sedapat mungkin dengan cukup diskriminasi (yaitu dengan tepat) akan memungkinkan mengarah pada pertanyaan yang tidak menggambarkan apa yang kita inginkan dengan cukup mencakup (sebagai contoh, ketepatan akan tinggin dan pengingatan akan rendah). Sebagai contoh dengan mengingat dan ketepatan, tarik-menarik antara deskripsi dan diskriminasi berjalan dengan kasar dan tidak secara jelas.

Pembahasan di atas akan menjadi lebih jelas tatkala proses dari deskripsi dan diskriminasi telah berhasil dijelaskan; hal itu sebagaimana dalam tulisan kami berikutnya.

Tulisan seputar Filosofi Bahasa dan Penarikan Informasi ini bersambung di publikasi artikel berikutnya.

Salam Excellent!