Mitra Excellent, ketika hinggap dalam benak Anda pertanyaan; “berapa ya jumlah bahasa di dunia?”

Apa jawaban Anda? Ratusan?

Ya, ternyata jawaban kebanyakan orang tidak banyak berbeda.

Pengambilan sample acak kepada penduduk New York tentang pertanyaan ini, umpamanya, menghasilkan jawaban dominan;

“mungkin beberapa ratus bahasa” (Anderson, 2010). Jawaban ini sekalipun dominan, ternyata jauh dari realita jumlah bahasa di dunia yang sesungguhnya.

Encyclopedia Britannica (11th edition) menyatakan, pada tahun 1911 saja diperkirakan ada sekitar 1.000 (seribu) bahasa yang telah teridentifikasi. Jumlah ini terus meningkat secara tetap pada abad ke-20.

Sedangkan pada tahun 2015 lalu, “Ethnologue” (Lewis, Paul, Simons, & Fennig, 2015), sebuah katalog yang memuat riset komprehensif tentang bahasa-bahasa di dunia sejak tahun 1951, telah menghasilkan temuan mencengangkan, bahwa telah teridentifikasi keberadaan 7.102 (tujuh ribu seratus dua) bahasa untuk 7.106.865.254 (tujuh miliar seratus enam juta delapan ratus enam puluh lima dua ratus lima puluh empat) manusia yang hidup di bumi ini.

Hasil riset tersebut juga menyatakan diversitas/keragaman bahasa yang tertinggi berada di Papua New Guinea, dengan 832 (delapan ratus tiga puluh dua) ragam bahasa yang digunakan hanya oleh 3,9 juta jiwa saja.

Ini berarti, rata-rata per 4.687 penduduk, mereka memiliki bahasa sendiri.

Padahal Mitra Excellent, penduduk daerah Malang (kota & kabupaten) saja sekitar 3 juta di tahun 2015 (jatim.bps.go.id, 1/12/15).

Bandingkan, di seluruh benua Eropa “hanya” terdapat 230 (dua ratus tiga puluh) ragam bahasa saja untuk 500 juta penduduk lebih. Di Asia terdapat 2.197 (dua ribu seratus sembilan puluh tujuh) ragam bahasa untuk 4 miliar penduduk.

Wow, Mitra Excellent, betapa banyak bahasa di dunia ini!

Kekayaan bahasa ini perlu untuk terus diidentifikasi. Dengan demikian, informasi-informasi berharga dari Anda maupun penduduk di seluruh dunia dapat tersampaikan.

Tentu pengetahuan dan kemampuan alih bahasa mutlak diperlukan. Communication without limits.

Salam Excellent!

By Excellent Translation

jasa-translate.com 

Prosedur order di Excellent Translation, Happy Order :)

Prosedur order di Excellent Translation, Happy Order 🙂