Jasa penerjemah tersumpah, jasa penerjemah regular, dan jasa penerjemah native (penutur asli) merupakan jenis-jenis jasa penerjemahan yang disajikan oleh Excellent Translation. Masing-masing memiliki spesifikasi untuk kebutuhan tertentu, dan tak lupa keunggulan tertentu antara satu dibanding yang lainnya. Tidak tanggung-tanggung, Excellent Translation mampu membantu penerjemahan untuk 21 bahasa yang diperlukan.

 

Para penggelut bisnis (marketer, entrepreneur, tenaga riset pasar), pencari beasiswa ke luar negeri, penulis, traveller, maupun para pencari kerja (jobseeker) di tingkat internasional, kesemuanya memerlukan asistensi profesional dalam hal alihbahasa (translation) yang dapat menjamin dokumen-dokumen mereka menjadi legal, dipahami dengan baik & diakui oleh masyarakat internasional atau negara yang dituju.

 

Para penggelut bisnis kerap berhubungan dengan orang asing seperti urusan ekspor-impor yang tertuang dalam berkas dokumen atau negosiasi langsung. Demikian pula pembuatan SOP, akta perusahaan, SIUP, TDP, perjanjian/MoU, peraturan perusahaan, dan laporan keuangan tahunan. Dalam keperluan sedemikian, jasa penerjemah tersumpah sering menjadi kebutuhan. Beberapa dokumen corporate juga cukup dengan layanan regular standar (non-sworn) mengingat hanya digunakan internal perusahaan dan sifatnya umum, semisal pedoman umum karyawan, atau publik lokal, semisal manual pengguna.

 

Sementara itu, bagi para pencari beasiswa ke luar negeri, jasa penerjemah tersumpah juga cenderung lebih diminati karena banyaknya dokumen personal yang bersifat rahasia (confidential), yang perlu diterjemahkan secara legal untuk melengkapi persyaratan pendaftaran. Jasa penerjemah native/penutur bahasa asli, juga menjadi opsi layanan yang dapat dipilih apabila aspek naturalitas hasil terjemahan sangat diutamakan. Jasa tersebut cocok bagi para penulis yang ingin mem-publish karyanya di tingkat internasional atau di negara yang dituju.

 

Bagaimana dengan yang lainnya?

 

Nah, sebelum Anda meminta bantuan menerjemahkan pada profesional, ada baiknya Anda kenali lebih jauh perbedaan antara jasa sworn translator, regular, dan penerjemah native.

 

  • Jasa Penerjemah Tersumpah (Sworn Translator)


SAMPEL : Dokumen hasil jasa penerjemah tersumpah Indonesia - Arab

SAMPEL : Dokumen hasil jasa penerjemah tersumpah Indonesia – Arab


SAMPEL : Dokumen hasil jasa penerjemah tersumpah Indonesia - German

SAMPEL : Dokumen hasil jasa penerjemah tersumpah Indonesia – German


Penerjemah tersumpah (sworn translator) adalah penerjemah yang telah lulus Ujian Kualifikasi Penerjemah (UKP) dengan sertifikat A (rentang nilai 80 – 100). Ujian ini biasa diselenggarakan di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia dan menggandeng kerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

 

Saat seorang penerjemah telah lulus UKP, maka Gubernur DKI Jakarta akan melantik sekaligus mengambil sumpahnya, kemudian memberikan sertifikat penanda bahwa ia telah resmi menjadi penerjemah tersumpah (sworn translator) melalui SK Gubernur.

 

Penting untuk Anda ketahui, UKP ini sudah tidak lagi dilaksanakan semenjak tahun 2010 silam. Praktis, jasa penerjemah tersumpah menjadi layanan yang semakin dicari disebabkan kelangkaan tenaganya. Sebagai contoh, penerjemah tersumpah bahasa Prancis di Indonesia saat ini hanya ada 3 orang saja.

 

Jasa penerjemah tersumpah bagi kalangan personal biasanya dibutuhkan untuk pengerjaan dokumen-dokumen legal terkait keimigrasian untuk ke luar negeri, antara lain akta lahir, kartu keluarga, ijazah, surat nikah, dan lain sebagainya.

 

Bagi kalangan perusahaan (corporate), jasa penerjemah tersumpah dibutuhkan untuk menerjemahkan corporate documents seperti kontrak kerja, perjanjian jual beli, proposal bisnis, MoU, SOP, laporan keuangan tahunan, dan lain sebagainya.

 

Kesemua jenis dokumen di atas memerlukan jasa penerjemah tersumpah yang dapat menjamin legalitas saat digunakan serta kerahasiaan informasi di tingkat yang paling tinggi. Di sinilah letak keunggulan jasa penerjemah tersumpah dibanding layanan jasa penerjemah lainnya.

 

Di sisi lain, disebabkan tenaga yang terbatas sedangkan permintaan tinggi, jasa penerjemah tersumpah boleh dibilang memakan waktu yang paling lama. Di samping itu, tenaga penerjemah tersumpah bekerja dengan tingkat kehati-hatian yang sangat tinggi sehingga sering meminta konfirmasi atas konten/isi dokumen sumber beberapa kali pada bagian yang dirasa janggal selama pengerjaan.

 

Mitra Excellent, Anda penasaran bagaimana sumpah para penerjemah tersumpah? Berikut isi sumpah dari potongan SK yang dimiliki oleh tim kami:


SAMPEL : Potongan SK sumpah penerjemah.

SAMPEL : Potongan SK sumpah penerjemah.


Mitra Excellent, mereka yang bergelar penerjemah tersumpah, pada umumnya akan mendatangi kedutaan-kedutaan besar negara-negara terkait untuk mendaftarkan tanda tangan beserta stempel miliknya agar memudahkan proses validasi dokumen terjemahan di pihak kedutaan.

 

  • Jasa Penerjemah Regular (Non-Sworn Translator)

Ada penerjemah tersumpah, maka ada pula jasa penerjemah regular (non-sworn) yang tak kalah tenar di kalangan pencari jasa penerjemahan. Selain tarif yang tentu lebih terjangkau dibandingkan jasa penerjemah tersumpah, jasa penerjemah regular juga sanggup menerima pengerjaan bermacam-macam dokumen yang bersifat umum (non-confidential) dari berbagai kalangan masyarakat dan profesi secara profesional standar, dan dengan waktu yang relatif lebih cepat.

 

Seorang penerjemah regular tentu juga memiliki kemampuan penerjemahan yang baik apabila telah memiliki cukup jam terbang, karena telah berhadapan dengan berbagai tipe dokumen. Permintaan penerjemahan dari berbagai sektor profesi maupun materi terjemahan yang beragam, membuat seorang penerjemah regular senantiasa update dengan kosakata baru setiap harinya dan terlatih menggunakannya pada konteks yang tepat.

 

Jasa penerjemah regular yang pada umumnya menjadi permintaan favorit antara lain untuk penerjemahan buku teks dan e-book, konten website, abstrak jurnal, artikel media massa, surat menyurat dan surat elektronik (e-mail), naskah pidato, dan masih banyak lagi berkas lainnya.

 

Ketika Anda memilih jasa penerjemah regular, berikut hal-hal yang sepatutnya Anda perhatikan :

  1. Memiliki kecepatan sekaligus ketepatan

Pastikan bahwa jasa penerjemahan yang Anda pilih memang berkualitas dan memiliki tim yang solid sehingga dapat menerjemahkan dokumen atau berkas yang dimiliki dalam waktu relatif singkat. Seringkali tim penerjemah regular yang solid menyediakan layanan express dengan kecepatan khusus, demikian pula Excellent Translation.

 

Mengapa hal tersebut penting? Sekarang coba Anda pikirkan, bagaimana jika dokumen penting Anda diterjemahkan dalam waktu 1 bulan padahal Anda memiliki tenggat kurang dari seminggu? Jadi, pastikan Anda memilih jasa penerjemah yang memiliki kecepatan sekaligus ketepatan.

 

  1. Menjamin kerahasiaan dokumen

Meski dokumen tersebut adalah dokumen biasa, Anda tetap harus memilih jasa penerjemah yang mampu menjaga kerahasiaan isi dokumen. Hal ini penting karena Anda tentu tidak mau dokumen yang dimiliki jatuh ke tangan orang tidak bertanggung jawab, bukan? Jaminan ini setidaknya bisa Anda lihat dari social proof klien-klien sebelumnya mengenai suatu jasa penerjemah. Ini bisa nampak melalui testimoni-testimoni, serta interaksi positif yang dibangun dengan klien melalui berbagai saluran komunikasi yang tersedia.

 

  1. Memberikan layanan revisi

Penyedia jasa penerjemah profesional memang minim membuat kesalahan dalam proses menerjemahkan, tetapi bisa saja konsumen merasa kurang pas dengan style mereka pada penerjemahan istilah-istilah tertentu. Nah, oleh sebab itu Anda dapat memilih jasa penerjemah yang menawarkan layanan revisi secara cuma-cuma sehingga hasil terjemahan akan betul-betul sesuai dengan gaya yang Anda kehendaki.

 

  • Jasa Penerjemah Native

Mitra Excellent, pernahkah Anda mendengar penerjemah native? Jika Anda membayangkan orang asing sedang menerjemahkan dokumen Anda, berarti bayangan Anda sudah mendekati benar. Ya, penerjemah native merupakan seorang penutur asli dari negara tertentu yang bekerja menerjemahkan dokumen bahasa asing lain ke bahasa mereka.

 

Sebagai contoh ada orang China yang memiliki kemampuan yang baik dalam Bahasa Inggris maupun Bahasa Indonesia sehingga berprofesi sebagai translator profesional, maka setiap kali ada order layanan jasa penerjemah native untuk penerjemahan dari Bahasa Inggris ke Bahasa Mandarin, atau Bahasa Indonesia ke Bahasa Mandarin, dialah yang mengerjakan proyek tersebut.

 

Hasil yang diterjemahkan pun cenderung lebih alami karena mereka tentu lebih mengetahui kosakata bahasa mereka. Namun, perlu Anda ingat bahwa tidak semua penyedia jasa penerjemah menyediakan jasa penerjemah native. Jumlahnya hanya beberapa saja di Indonesia, dan bersyukur Excellent Translation bisa turut melayani jasa penerjemah native apabila Anda membutuhkannya.

 

Berkaitan dengan native translator, Excellent Translation juga menyediakan juru bahasa (interpreter) yang siap membantu Anda jika bertemu dengan native speaker dari negara lain. Jadi, jika Anda kedatangan seorang tamu seorang native dari negara lain dan membutuhkan seorang juru bahasa, tak perlu ragu untuk menghubungi Excellent Translation dan kami akan segera membantu Anda.


 

Mitra Excellent, memang ada banyak sekali penyedia jasa penerjemah tersumpah, regular, atau mungkin penerjemah native. Kami berharap Anda memperoleh yang terbaik bagi proyek-proyek serta kebutuhan Anda.

 

Kepuasan konsumen memang menjadi perhatian utama bagi setiap penyedia jasa terjemahan, tak terkecuali Excellent Translation. Oleh karenanya, kami akan terus menjaga & meningkatkan pelayanan maupun kualitas terjemahan dan layanan lainnya, sehingga kami para penyedia jasa dapat membantu Anda sebaik-baiknya.

 

Salam Excellent!

 

Kunjungi Fanpages kami :

Excellent Translation