Bagaimana Anda menyesuaikan diri dengan wabah COVID-19?

Pandemi virus Corona yang melanda dunia telah berdampak besar pada cara kita menjalani kehidupan sehari-hari. Mulai dari mereka yang kehilangan atau harus mengubah mata pencaharian, hingga mereka yang sekarang mendidik anak-anak mereka di rumah pada siang hari, dan berusaha untuk mempertahankan pekerjaan di malam hari. Hidup dipenuhi dengan kesulitan yang tidak terduga. Dan itu semua dibarengi dengan latar belakang bahwa setiap agenda keluar rumah dapat berpotensi fatal.

Adakah yang benar-benar ingat bagaimana kehidupan normal berjalan sebelumnya?

Bagi sektor pelayanan kesehatan, kehidupan normal tentu tampak jauh dari ingatan. Petugas kesehatan saat ini berada di bawah tekanan besar. Rumah sakit di seluruh dunia berada pada titik puncak tekanan, dan staf medis menghadapi risiko kesehatan yang besar setiap kali mereka pergi bekerja.

Jadi, apa yang bisa kita lakukan untuk membantu meringankan beban mereka? Proyek-proyek seperti NHS Nightingale menunjukkan apa yang dapat dicapai ketika ada cukup kemauan politik. Langkah-langkah menjaga jarak sosial dan fisik juga membuat perbedaan yang cukup baik, seperti kebijakan untuk mendorong mereka yang dicurigai memiliki Coronavirus agar mengisolasi diri di rumah, daripada langsung menuju ke pusat kesehatan terdekat.

Efektivitas jarak sosial dan fisik, khususnya, menyebabkan banyak negara mempertimbangkan penggunaan sistem Telehealth. Dalam menghadapi Lockdown janggka panjang yang berkelanjutan, dengan relaksasi berkala, kebersamaan sektor publik dan swasta untuk menciptakan sistem Telehealth menjadi semakin menarik.

Layanan Telehealth mudah diakses dan tidak memerlukan kontak tatap muka. Dengan demikian, mereka dapat memainkan peran utama dalam bagaimana kita menangani pandemi Coronavirus yang sedang berlangsung.

Apa itu Telehealth?

Telehealth VS Telemedicine … istilah ini sering digunakan secara bergantian dan berarti banyak hal yang sama, namun penjelasan demikian tidak cukup! Apa itu layanan Telehealth? Layanan Telehealth adalah layanan kesehatan yang diberikan menggunakan teknologi telekomunikasi. Menurut Pusat Sumber Daya Telehealth California:

“Telehealth adalah kumpulan cara atau metode untuk meningkatkan perawatan kesehatan, kesehatan masyarakat, dan penyampaian edukasi kesehatan dan dukungan menggunakan teknologi telekomunikasi.”

Jika Anda memiliki asuransi kesehatan swasta, Anda mungkin sudah dapat mengakses layanan Telehealth. Konsultasi video dengan dokter swasta seringkali tersedia bagi mereka yang dapat membayar untuk melompati antrian, contohnya di program NHS.

Apa itu TelemedicineTelemedicine adalah pengiriman layanan klinis menggunakan teknologi yang sama.

Bagaimana cara kerja TelemedicineTelemedicine melihat dokter berinteraksi dengan pasien melalui layanan panggilan telepon dan video. Dengan menggunakan proses konsultasi dokter online, mereka dapat mendiagnosis dan merawat pasien dari lokasi yang jauh.

Telemedicine juga dapat merujuk pada tenaga kesehatan profesional yang berinteraksi satu sama lain, misalnya ketika dokter umum mengirim foto atau video ke spesialis untuk mendapatkan keterangan mereka.

Kelebihan Mengembangkan Sistem Telehealth

Telehealth memungkinkan pasien terhubung dengan staf medis melalui telepon atau melalui video untuk konsultasi awal mereka, daripada membuat janji dengan dokter umum. Layanan Telehealth juga memungkinkan perawatan berkelanjutan dan menindaklanjuti janji temu dalam banyak kasus. Ada banyak manfaat dengan melakukannya.

Dengan menggunakan pengaturan laboratorium keliling untuk tenaga kesehatan profesional dan menghilangkan kebutuhan tempat fisik di mana pasien harus hadir, model layanan seperti ini memotong beberapa biaya utama. Karenanya, biaya Telehealth yang lebih rendah merupakan bagian utama dari seruan tersebut.

Pengaturan lab bergerak juga dapat membantu mengurangi kemacetan di rumah sakit, dengan menggunakan solusi teknologi untuk membebaskan staf garis depan. Dokter Telemedicine dapat menentukan pasien mana yang harus tinggal di rumah dan yang harus pergi ke rumah sakit, yang berarti bahwa staf di rumah sakit dapat mendedikasikan fokus mereka kepada mereka yang paling membutuhkan.

Pendekatan NHS 111 untuk mendiagnosis Coronavirus adalah contoh dari tindakan layanan Telehealth. Pasien dapat mengakses saran medis melalui telepon, dan mereka yang khawatir tentang gejala penyakitnya dapat berbicara melalui cara terbaik untuk mengakses fasilitas kesehatan fisik jika diperlukan. Penangan panggilan yang memenuhi syarat dapat memberi saran tentang semuanya, mulai dari prosedur isolasi sendiri hingga pengujian Coronavirus.

Pengujian COVID-19, pada tahap ini, bukanlah sesuatu yang dapat dilakukan sebagai bagian dari konsultasi online. Namun, banyak layanan lain dapat disediakan melalui internet – tidak hanya untuk Coronavirus tetapi dalam kaitannya dengan segala macam kondisi kesehatan lainnya. 

Selama pandemi Coronavirus, keuntungan utama lain dari Telemedicine adalah kemampuannya untuk menyelamatkan nyawa petugas kesehatan garis depan. Dengan meyakinkan mereka yang memiliki gejala COVID-19 yang tidak mendesak bahwa mereka dapat tinggal di rumah, dokter Telehealth dapat membantu memperlambat laju penyebaran virus, termasuk mengurangi risiko staf garis depan terinfeksi. Tidak hanya itu, tetapi dengan mendiagnosis dan merawat pasien dari jarak jauh, dokter Telemedicine dapat membantu melestarikan alat pelindung diri (APD) untuk petugas kesehatan garis depan. 

Menarik bukan? Ikuti lanjutan pembahasannya di Part II.

Salam Excellent!


Adapted from Tomedes

Chat via Whatsapp