Berikut adalah daftar 10 bahasa teratas yang harus Anda pertimbangkan saat menerjemahkan konten bisnis dan pemasaran untuk bersaing di pasar global. Daftar ini disusun oleh Inês Pimentel, manajer konten Amplexor di Lisbon.

Merupakan hal yang jelas bahwa saat ini antar negara di dunia menjadi lebih saling terhubung, dan bahwa bisnis saat ini begitu banyak bersaing di tingkat internasional. Sebagian besar perusahaan global setidaknya telah memikirkan banyak kemungkinan yang dapat timbul dari penyediaan konten mereka dalam berbagai bahasa. Setiap perusahaan yang ingin menjual produk dan layanannya ke latar belakang budaya dan bahasa yang berbeda dipaksa untuk membawa kontennya ke tingkat multibahasa berikutnya.

Agar berhasil menjangkau audiens yang ditargetkan, Anda harus menyajikannya dalam bahasa pilihan mereka, baik dengan melokalkan konten online untuk komunikasi yang lebih baik dengan mereka, menerjemahkan manual layanan pelanggan dan manual produk, atau melokalkan situs web Anda.

Kebutuhan untuk mendefinisikan strategi penerjemahan dan pelokalan untuk bisnis Anda semakin berkembang saat terbuka jalan bagi interaksi global ini. Namun, dengan 6.909 bahasa yang diketahui hidup di dunia ini, mungkin sulit untuk memutuskan bahasa apa yang harus diperhatikan oleh perusahaan Anda.

Dalam penilaian pertama, Anda harus mempertimbangkan sasaran bisnis dan kelompok sasaran inti Anda di tingkat makro. Sebelum Anda terjun ke kelompok bahasa, pertama-tama lihatlah bahasa apa yang digunakan pesaing Anda untuk mendistribusikan konten mereka, dan apakah masuk akal untuk meniru dan memodifikasinya. Ketika Anda telah mengumpulkan semua informasi, sekarang saatnya untuk membaca hal-hal berikut ini:

Kami telah menyusun daftar praktis dari 10 bahasa teratas yang harus Anda pertimbangkan ketika menerjemahkan konten bisnis dan pemasaran ketika bersaing di pasar global, dengan fakta dan angka yang relevan yang membuktikan mengapa mereka adalah yang terbaik.

Pilihannya adalah:

 

1. Bahasa Inggris

Bahasa Inggris saat ini adalah lingua franca bisnis dan sains. Bahasa ini dituturkan oleh 339 juta penutur asli di 94 negara, dan merupakan bahasa resmi dari 20 organisasi internasional paling penting dan dengan demikian, ini bahasa yang digunakan secara luas. Selain itu, di sebagian besar negara, Bahasa Inggris adalah bahasa asing pertama yang diajarkan di sekolah-sekolah dan dipahami oleh sepertiga dari populasi dunia.

Bahasa Inggris juga ada di nomor satu di antara bahasa pengguna Internet yang paling banyak digunakan, dengan 949 juta pengguna dan bahasa yang paling umum digunakan oleh 52,3% situs web yang menggunakan bahasa konten berbeda. Karena itu Bahasa Inggris sangat penting bagi mereka yang ingin bertahan di panggung global.

2. Cina

Bahasa Cina mengacu pada sekelompok bahasa Sinotibetan dengan lebih dari 955 juta penutur asli, atau 14,4% dari populasi dunia, dan merupakan bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, dengan 1 miliar penutur di seluruh dunia.

Selain itu, ekonomi Cina telah mengalami pertumbuhan yang menakjubkan dalam beberapa dekade terakhir, dan sementara Bloomberg memperkirakan bahwa negara tirai bamboo ini akan menyusul AS pada tahun 2026 dan menjadi ekonomi terbesar di dunia, Forbes memperkirakan bahwa ini mungkin sudah terjadi pada tahun 2018.

Dominasi dalam ekonomi global menjadikannya sumber penting peluang bisnis. Karena perusahaan-perusahaan Cina beroperasi secara global dan negara ini memiliki kemampuan alih daya yang muncul karena biayanya yang rendah dan produktivitas yang tinggi, Bahasa Mandarin pasti tidak dapat diabaikan, terutama karena Bahasa Inggris merupakan Bahasa minor di Cina.

Mandarin juga merupakan bahasa kedua yang paling populer di kalangan pengguna Internet, dengan penjualan $ 714,58 miliar pada tahun 2016, negara ini adalah pemimpin global di pasar e-commerce. Jika pasar utama Asia terus memperluas penggunaan Internet mereka, Cina mungkin diharapkan untuk menggantikan bahasa Inggris sebagai bahasa Internet yang paling banyak digunakan dalam waktu dekat.

Mandarin adalah dialek Cina lisan. Ketika menerjemahkan segala jenis konten tertulis, Anda harus memilih di antara dua bentuk tertulis dari bahasa tersebut – Bahasa Cina Sederhana dan Tradisional. Sementara mayoritas penduduk menggunakan bahasa Cina yang disederhanakan, tulisan Cina tradisional sedang bangkit dan kembali. Tabel berikut mencantumkan variasi lisan dan tertulis yang digunakan di pasar utama berbahasa Cina:

Pasar Lisan Tulisan
Cina Mandarin Mandarin Sederhana
Singapura Mandarin Mandarin Sederhana
Taiwan Mandarin Cina tradisional
Hong Kong Kanton Cina tradisional

Singkatnya, jika Anda membutuhkan juru bahasa Cina untuk pertemuan bisnis atau janji temu, Anda harus memilih antara bahasa Mandarin dan Kanton. Namun, ketika menerjemahkan dokumen, Anda dapat memilih antara bahasa Cina yang disederhanakan dan tradisional.

 

3. Spanyol

Meskipun bahasa Spanyol tidak dianggap sebagai bahasa bisnis, bahasa ini merupakan bahasa kedua yang paling banyak digunakan dalam Bahasa Mandarin, dengan 405 juta penutur asli. Karena itu, kemunculan mereka di daftar ini tidak mengherankan.

Jika konten perusahaan Anda tersedia dalam bahasa Spanyol, pintu tidak hanya akan terbuka di Spanyol tetapi juga di negara-negara Amerika Latin yang sedang booming seperti Meksiko, Peru, Paraguay dan Ekuador, serta Amerika Serikat, di mana diperkirakan 37,6 juta orang berbicara bahasa Spanyol sebagai bahasa ibu mereka. Karena AS adalah ekonomi terbesar di dunia dan populasi berbahasa Spanyol di AS diperkirakan akan berlipat ganda pada tahun 2050 , Spanyol sangat penting. Menurut British Council, bahasa Spanyol juga ‘berguna’ untuk 34% bisnis di Inggris.

Dengan jaringan komprehensif perjanjian perdagangan bilateral, Meksiko adalah salah satu pasar paling terbuka di dunia. Inggris juga telah mengidentifikasi itu sebagai negara prioritas untuk pendidikan internasional.

Jadi, jika Anda ingin berbisnis di AS atau di belahan bumi Barat, bahasa Spanyol harus menjadi salah satu bahasa pelokalan yang Anda pilih.

 

4. Bahasa Arab

Bahasa Arab dituturkan oleh 295 juta orang di seluruh dunia dan merupakan bahasa resmi di 28 negara yang berbeda, termasuk banyak dari ekonomi yang tumbuh secara dinamis di Timur Tengah dan Afrika. Enam negara berbahasa Arab termasuk di antara 50 negara teratas di pasar ekspor Inggris untuk barang-barang dengan nilai total untuk ekonomi yang melebihi Spanyol, Cina atau Italia. Ini hanyalah salah satu alasan mengapa bahasa Arab adalah bahasa terpenting kedua di masa depan dalam laporan Dewan Inggris.

Timur Tengah merupakan pasar yang berkembang pesat dari konsumen yang bersedia konsumen, ada banyak kekayaan di daerah tersebut, dan banyak pemerintah menarik pariwisata di negara mereka, terutama untuk berbelanja. Qatar akan menjadi tuan rumah Piala Dunia pada 2022 dan menarik sejumlah besar pengunjung. Ketidakstabilan regional memang merupakan masalah nampak, namun hal ini hanya menambah permintaan untuk semua jenis konten dalam Bahasa Arab untuk keperluan intelijen dan diplomasi.

Internet juga semakin penting di Timur Tengah, dan karena banyak penutur Bahasa Arab hanya berbicara Bahasa Arab, terjemahan konten online sangat penting untuk memastikan bahwa bisnis Anda memiliki keunggulan di pasar internasional. Meskipun bahasa Arab sulit ditiru di situs web, perangkat lunak terbaru telah mengatasi masalah ini. Jadi, kemungkinan lebih banyak perusahaan akan segera menerjemahkan konten mereka ke dalam Bahasa Arab.

Perusahaan harus berpikir tentang membuat lini produk mereka mudah diakses oleh dunia berbahasa Arab – dalam hubungan rumit mereka dengan Barat; itu akan menghasilkan hasil yang kuat bagi perusahaan-perusahaan yang berbicara bahasa yang sama dan bahkan lebih penting dalam bidang diplomasi, energi, dan pertahanan.

5. Jerman

Bahasa Jerman dituturkan oleh 95 juta penutur asli dan total 210 juta orang di seluruh dunia. Bahasa ini merupakan bahasa online keempat yang paling banyak digunakan. Ini mungkin jumlah yang sangat kecil dibandingkan dengan kebanyakan bahasa lain dalam daftar ini, tetapi juga merupakan bahasa yang digunakan di beberapa negara yang paling penting secara ekonomi di Eropa: Jerman, Austria, Belgia, Swiss, Luksemburg, dan Liechtenstein. Jerman sendiri adalah ekonomi terbesar di Uni Eropa dan mesin ekonomi di panggung dunia.

Jerman membuat kontribusi terbesar ketiga di dunia untuk penelitian dan pengembangan. Oleh karena itu, bahasa Jerman sangat penting untuk penelitian ilmiah dan merupakan salah satu bahasa ilmiah terpenting dalam ‘ilmu lunak’, seperti ilmu kesehatan, ilmu sosial, psikologi, seni dan humaniora.

Dengan reputasi yang baik dalam hal kualitas, keahlian, dan kecerdasan, banyak perusahaan Jerman mendominasi industri masing-masing. Jika Anda ingin melakukan bisnis dengan perusahaan-perusahaan ini, Anda harus menggunakan bahasa mereka. Diharapkan bahwa Jerman akan mendapat manfaat dari Brexit bersama Prancis.

Berlanjut ke Part 2

Salam Excellent!