Ada beberapa bahasa yang berhasil bertahan selama berabad-abad dan masih terus berkembang seiring berjalannya waktu. Ada banyak bahasa yang sudah tua, tetapi terdapat bukti sehingga Bahasa Tamil dianggap sebagai bahasa tertua di dunia yang masih digunakan, karena sudah lebih dari 5.000 tahun. Ini artinya Bahasa ini bermula pada 3000 SM. Kenyataannya, Bahasa Tamil adalah satu-satunya bahasa kuno yang berhasil bertahan hingga ke dunia modern saat ini. Inilah yang tampaknya ditunjukkan oleh bukti yang ada, meskipun beberapa aliran pemikiran membantah bukti tersebut.

10 bahasa tertua di dunia adalah:

1. Tamil saat ini memiliki lebih dari 80 juta orang yang berbicara dengan bahasa ini. Bahasa ini terutama digunakan di Sri Lanka dan India, dengan jumlah penutur yang lebih sedikit di Malaysia, Singapura, Fiji, dan bagian dunia lainnya. Tampaknya bermula sekitar 3000 SM. Bukti ini telah ditemukan dalam prasasti Tamil-Brahmana dari 3000 SM. Kisah Tamil, seperti halnya banyak bahasa lain, tertanam dalam mitos. Menurut sebuah legenda, Bahasa Tamil dipersonifikasikan oleh dewa Thailand Tamil yang datang ke bumi oleh dewa Murugan yang merupakan dewa kemenangan dan perang. Bahasa ‘Dravida’ ini, hari ini adalah salah satu bahasa resmi Sri Lanka dan Singapura, serta Tamil Nadu, negara bagian India. Terjadinya imigrasi ke negara lain telah menyebabkan Bahasa Tamil diakui di Afrika Selatan, Malaysia, dan Mauritius sebagai bahasa minoritas.

2. Bahasa Ibrani, sebagai salah satu bahasa tertua di bumi, memiliki 9 juta penutur di seluruh dunia. Bahasa Ibrani terutama digunakan hari ini di Israel. Ini adalah satu-satunya bahasa Kanaan yang masih hidup dan sampai sekarang masih digunakan. Tulisan Ibrani ditemukan sekitar 3.000 tahun yang lalu. Pada suatu waktu antara 200 hingga 400 M, orang tidak lagi menggunakan bahasa Ibrani sebagai bahasa lisan mereka yang biasa, jadi bahasa itu mulai menghilang. Namun, dengan bangkitnya Zionisme pada abad ke-19, bahasa Ibrani dihidupkan kembali dan dimodernisasi. Saat ini, Bahasa Ibrani adalah bahasa resmi Israel dengan setidaknya 5 juta penutur.

3. Basque, berasal dari negara Basque, Spanyol Barat Laut dan Perancis Barat Daya. Hari ini, ia memiliki sekitar 750.000 penutur. Bahasa ini adalah satu-satunya bahasa yang hidup di antara kelompok bahasa pra-indo-Eropa. Tampaknya berasal dari zaman Eropa prasejarah.

4. Bahasa Arab saat ini memiliki 270 juta penutur asli. Bahasa ini berasal dari Semenanjung Arabia. Secara bertahap menyebar ke seluruh Afrika Utara dan Timur Tengah. Bahasa Arab telah lama mempengaruhi banyak bahasa di seluruh dunia, antara lain memberi pengaruh pada Bahasa Bengali, Hindi, Spanyol, Kiswahili, Bahasa Malaysia, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Urdu.

5. Farsi / Persia berasal sekitar 600 SM dan hari ini memiliki sekitar 110 juta penutur. Pertama kali digunakan di bawah Kekaisaran Achaemenid tetapi sekarang digunakan di beberapa bagian Afghanistan, Iran dan Tajikistan. Dari adalah kata yang digunakan untuk bahasa Persia di Afghanistan dan Tajiki di Uzbekistan dan Tajikistan.

6. Bahasa Yunani, hari ini memiliki sekitar 13 juta penutur di Yunani. Bahasa ini milik keluarga bahasa Indo-Eropa. Sekarang bahasa resmi Yunani, Siprus, dan Uni Eropa. Bahasa ini diakui sebagai bahasa minoritas di wilayah Italia, Armenia, Albania, Ukraina, Rumania, dan Hongaria. Simbol Yunani adalah bagian penting dari disiplin ilmu matematika dan ilmiah.

7. Bahasa Cina. Hari ini, ia menawarkan sekitar 1,2 miliar pembicara. Ini adalah bagian dari keluarga bahasa Sino-Tibet. Menjadi salah satu bahasa dunia yang paling banyak digunakan, bukan hanya bahasa resmi di Cina tetapi juga di Singapura, Taiwan, dan salah satu dari bahasa Perserikatan Bangsa-Bangsa.

8. Bahasa Lithuania, bahasa Indo-Eropa, saat ini memiliki sekitar 3 juta penutur. Terkait dengan beberapa bahasa kuno, seperti Latin, Sanskerta dan Yunani Kuno. Ini adalah bahasa resmi Lithuania dan merupakan salah satu bahasa resmi Uni Eropa, dengan sekitar 3 juta penutur di seluruh dunia.

9. Bahasa Islandia, Bahasa Islandia, dengan 358.000 penutur saat ini, memiliki teks yang ditulis sekitar tahun 1100 Masehi. Bahasa ini diklasifikasikan sebagai bahasa Jerman Utara dari keluarga bahasa Indo-Eropa.

10. Bahasa Gaelik Irlandia tidak setua beberapa bahasa tertua di dunia karena tampaknya berasal dari abad ke-4. Saat ini memiliki sekitar 1,2 juta pembicara. Sebagian besar yang berbicara hari ini tinggal di Irlandia. Irlandia adalah bahasa resmi nasional Republik Irlandia dan diakui secara resmi sebagai bahasa minoritas di Irlandia Utara. Bahasa ini adalah bahasa resmi Uni Eropa juga.

Salam Excellent!

Listed by Aussietranslation

Open chat
Powered by