10 Istilah Digital Marketing sepanjang 2018 yang perlu Anda ketahui (Part 4 of 4)

9. Lost Impression Share (Budget) & Lost Impression Share (Rank)

Lost impression share (budget) adalah presentase dari impresi/kesan sebuah iklan hilang karena budget yang tidak mencukupi (insufficient budget).

Lost impression share (rank) adalah presentase dari impresi/kesan sebuah iklan hilang karena peringkat iklan yang rendah.

Dalam pencarian berbayar, impression share digunakan untuk mengevaluasi kesempatan pasar (atau permintaan pelanggan) untuk seperangkat kata kunci yang terdefinisi.

Impression Share penting untuk menjawab pertanyaan:

“Seberapa sering iklan saya disajikan ketika pelanggan sedang mencari kata kunci saya?”

 Impression Share adalah sebuah metrik vital untuk sehatnya kampanye dan performa keseluruhan untuk beberapa alasan, meliputi:

– Indikator kekuatan kata kunci. Jika Anda memiliki impression share yang sangat tinggi baik “exact match” dan “standard,” Anda dapat merasa percaya diri bahwa cakupan Anda kuat.

Identifikasi area-area yang terdapat kesempatan namun sering terlewat mengingat dana yang terbatas. Apabila Anda memiliki kampanye yang berjalan dengan kuat atau kelompok iklan yang kehilangan impression share karena dana, Anda dapat meningkatkan budget Anda untuk mendapat volume konversi tambahan dan performa kampanye keseluruhan.

Tingkatkan quality score pada istilah-istilah yang mungkin terbatasi oleh peringkat. Apabila Anda memiliki kata kunci yang cukup bagus performanya, namun kurang impresi, Anda dapat berusaha meningkatkan Quality Score (lihat di bawah) untuk istilah-istilah berikut dengan meng-update salinan iklan dan/atau landing page.

Pelajari wawasan pelelangan secara reguler. Apabila Anda melihat kejatuhan dalam impression share, mungkin akan dianggap disebabkan oleh peserta baru pelelangan yang mungkin lebih tinggi peringkat dan penawarannya dari pada Anda.

– Tingkatkan penawaran Anda agar lebih kompetitif. Apabila yang lainnya gagal, berupayalah dalam penyesuaian penawaran.

10. Quality Score

Quality Score adalah peringkat Google AdWord dari sisi relevansi dan kualitas kata kunci saat digunakan dalam kampanye PPC.

Sangat ditentukan oleh tingkat tembus-klik/click-through rates (CTR) yang diekspektasikan, relevansi salinan iklan, kualitas dan relevansi landing pages, dan faktor-faktor lain.

Bagaimanapun CTR adalah bagian terbesar dari Quality Score hingga mencapai 60%, menurut Hal Varian, Kepala Ahli Ekonomi Google.

Memahami Quality Score Anda adalah penting karena:

Apabila Anda meningkatkan Quality Score Anda, dapat menurunkan biaya per klik/cost per click (CPC).

Apabila Anda menurunkan CPC Anda, dapat menurunkan biaya per konversi/cost per conversion.

Apabila Anda menurunkan cost per conversion, dapat menaikkan pendapatan Anda.

Hal ini akan membantu Anda menurunkan biaya per akuisisi/cost per acquisition (CPA).

Digital marketing bukanlah sebuah perusahaan statis. Semuanya selalu berubah –termasuk kemajuan dalam teknologi, pelayanan digital marketing, dan terminology.

Agar sukses dan berkembang pesat di dunia yang bergerak cepat dan selalu berubah ini, membutuhkan untuk mendiami bagian depan dari perangkat-perangkat baru, juga strategi dan istilah-istilah. Daftar singkat tentang istilah-istilah penting untuk diketahui di tahun ini adalah bagian dari basis pengetahuan kami yang selalu berkembang.


Demikianlah Mitra Excellent, 10 istilah dalam Digital Marketing sepanjang tahun 2018 yang sekiranya perlu untuk Anda ketahui, untuk kemudian bersiap Anda terapkan dalam strategi-strategi marketing ke depan, menyambut tahun 2019!

Salam Excellent! 🙂

Chat via Whatsapp