Dalam segala jenis bisnis, pemasaran ke pasar global tidak dianggap hal enteng karena membutuhkan pemikiran, waktu, dan investasi. Meluangkan waktu untuk meneliti dan memahami pasar global sangat penting sebelum melibatkan investor dan pihak berkepentingan lainnya dalam melakukan ekspansi ke luar negeri.

Salah satu kunci keberhasilan adalah mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang pasar yang ditargetkan, termasuk peran potensial dari setiap pesaing dan apa yang diperlukan di masing-masing negara yang ditargetkan untuk mendapatkan hasil yang positif. Berikut ini adalah prioritas daftar hal yang harus dilakukan sebelum membuat keputusan akhir tentang go global:

  1. Persiapkan analisis segmentasi pemasaran yang akan membantu menentukan apakah merek Anda cocok untuk dijual di pasar lokal negara tujuan.
  2. Persiapkan apa yang disebut sebagai analisis kesenjangan produk yang membandingkan status produk Anda dengan apa yang tersedia sebagai produk serupa di pasar lokal. Apakah terdapat celah dalam permintaan?
  3. Lakukan analisis Strength, Weaknesses, Opportunities dan Threats (SWOT) terhadap kemungkinan adanya persaingan. Untuk memulai, Anda mungkin akan mendapati bahwa harga yang Anda minta lebih dari harga pasar lokal. Ini adalah sesuatu yang mungkin perlu Anda lakukan adaptasi.
  4. Mengembangkan rencana bisnis strategis terkait dengan pasar lokal di luar negeri yang ditargetkan. Anda mungkin memerlukan strategi yang berbeda untuk setiap negara. Misalnya, jika bahasa Anda adalah bahasa Indonesia, Anda hanya akan dapat melokalisasi merek Anda secara efektif jika Anda menerjemahkan semua informasi yang terkait dalam bahasa negara tujuan.
  5. Tetapkan strategi Anda untuk skenario jangka pendek, menengah, dan jangka panjang serta tata letak tujuan rasional yang akan mengukur kemajuan dan keuntungan/biaya Anda seiring berjalannya waktu.
  6. Tetapkan tujuan, sasaran, dan pengukuran keberhasilan meliputi; apakah menurut Anda lebih baik untuk mendirikan perusahaan terpisah dalam rencana pelokalan Anda, cabang atau hanya kantor penjualan di mana nantinya akan mengatur pameran dan impor produk untuk pelanggan.
  7. Membentuk tim kepala adalah metode yang telah terbukti untuk memulai produk Anda di luar negeri. Ini berarti mempekerjakan tim manajemen senior yang sudah terbukti, untuk memulai, yang tahu cara mendirikan bisnis di negara yang ditargetkan. Setelah didirikan, anggota tim dapat diubah sesuai dengan kebutuhan basis bisnis baru. Banyak perusahaan mengalihdayakan peran manajemen ini kepada orang-orang di luar perusahaan mereka dengan tujuan untuk menggantikannya begitu pendirian yang sukses telah terjadi.
  8. Tinjau peraturan pemerintah negara target yang terkait dengan pendirian bisnis di negara itu. Ada upah minimum untuk dipertimbangkan, ketentuan untuk gaji ketika sakit dan liburan, undang-undang lingkungan dan peraturan perpajakan. Semua ini akan membantu memperbaiki harga merek Anda.
  9. Kesiapan produk hanya akan diperoleh setelah semua informasi dilokalkan dan diterjemahkan secara profesional ke dalam bahasa negara yang dituju dan pasar yang Anda targetkan di negara tersebut. Ini bukan tugas yang mudah karena penelitian telah menunjukkan terjemahan yang buruk, kata-kata yang tidak pantas, tidak cocok dengan pelanggan baru. Salah satu kesalahan yang diketahui adalah menerjemahkan slogan merek Anda ke bahasa baru. Seringkali, bahasa gaul dan idiom yang digunakan, ketika diterjemahkan ke bahasa lain dapat menyebabkan pelanggaran atau bahkan reaksi negatif terhadap merek Anda. Dapatkan terjemahan ini dengan benar di layanan profesional penerjemahan.
  10. Patenkan produk Anda sebelum meninggalkan negara Anda. Hal ini karena begitu tiba di luar negeri dan tampaknya dapat dipasarkan, tidak akan lama sebelum pasar lokal mencoba untuk meniru ide Anda dan memasarkannya dengan harga yang Anda tidak dapat bersaing.
  11. Uji produk Anda di pasar baru Anda untuk memastikannya memenuhi permintaan pelanggan berkualitas di negara tersebut.
  12. Dokumentasi hukum harus dipenuhi karena Anda harus mengetahui bahwa beberapa lembaga pemerintah menetapkan persyaratan ketat mengenai kepatuhan terhadap dokumentasi hukum yang berarti semua dokumen hukum yang diperlukan seperti kontrak, sewa tanah, kondisi kerja karyawan, dan upah harus diselesaikan jika diperlukan, dan diterjemahkan ke dalam bahasa negara tuan rumah sebelum Anda hadir di negara lainnya.
  13. Kesiapan organisasi adalah kunci keberhasilan, sehingga itu berarti memastikan produk Anda sesuai dengan bahasa, budaya, dan kebiasaan negara. Misalnya, tidak ada gunanya memasarkan pakaian renang yang minim ke negara-negara Muslim. Pakaian renang sederhana yang menutupi sebagian besar tubuh dan memfasilitasi penutupan tubuh wanita bisa menjadi sangat sukses.
  14. Anda hendak mengambil keuntungan dari pasar tenaga kerja lokal, sehingga Anda harus memulai dan menjamin paket upah dan tunjangan yang sangat kompetitif untuk menarik karyawan baru yang loyal dan akan bekerja lebih keras.

Untuk pemasaran dan penjualan produk Anda secara efektif, diperlukan strategi terpadu dan kohesif yang mempertimbangkan strategi pemasaran dan penjualan, opsi pengiriman produk, branding yang jelas, dan penetapan harga, semuanya dalam bahasa yang dipahami oleh pasar yang Anda targetkan.

Salam Excellent

Source: Aussietranslation

Chat via Whatsapp