Am dan pm – Kalau di Indonesia ada empat penyebutan waktu yaitu pagi, siang, sore, dan malam. Berbeda dengan bahasa Inggris dimana ada dua penyebutan waktu yaitu am dan juga pm. Untuk penulisannya pun orang Indonesia terbiasa dengan model waktu 1-24 dimana jika menunjukkan pukul 1 malam ditulis dengan 1.00 sedangkan 1 siang ditulis dengan 13.00. 

Dalam bahasa Inggris baik itu British maupun American menggunakan am dan juga pm untuk penyebutan waktu yang berbeda. Yang menjadi pertanyaan adalah apa itu am dan apa itu pm? Perbedaannya seperti apa? Penggunaannya seperti apa? Untuk mengetahui tentang am maupun pm lebih lanjut simak selengkapnya di bawah ini:

Pengertian Am Pm

Am pm adalah penunjuk waktu sehingga pengertian dari keduanya sangat penting diketahui. Jangan sampai salah dalam menyebutkan waktu karena waktu ini penyebutannya digunakan untuk acara-acara yang penting seperti rapat, acara pernikahan, acara ulang tahun, pertemuan lainnya dan lain sebagainya. 

Am sendiri merupakan singkatan dari Ante Meridiem atau latin. Dalam bahasa Inggris disebut dengan before noon atau sebelum tengah hari. Am ini dimulai sejak pukul 00.00 malam sampai dengan 11.59 siang hari.

Pm sendiri merupakan singkatan dari Post Meridiem atau yang diartikan sebagai afternoon atau tengah hari. Untuk pm ini digunakan untuk waktu antara pukul 12.00 sampai dengan 23.59. Untuk jam 12 malam ini di identikkan dengan midnight atau tengah malam dan siang hari ini di identikkan dengan noon atau mid day.  Oleh sebab itulah dalam bahasa Inggris am ini disebut dengan noon yang mana dijelaskan secara sederhana sebelum jam 12 pas. 

Perbedaan

Di negara yang menerapkan British dan American English ini mereka hanya mengenal angka 1 sampai 12 angka. Sedangkan di Indonesia terbiasa menggunakan format 24 jam. Bisa dikatakan perbedaan am dan pm yang paling menonjol adalah am untuk menunjukkan waktu 00.00 sampai dengan 11.59 dan setelah itu penyebutannya menggunakan pm. Ada cara mudah untuk menyebutkan am dan pm dimana PM ini singkatan dari Panas Mas karena memang penggunaannya tepat untuk jam 12 siang atau setelah jam 11.59.

Contoh Kalimat

  1. Contoh Penggunaan am

Tidak hanya perbedaannya saja yang harus Anda perhatikan namun penggunaan pun harus tepat. Dimana untuk penyebutan am maupun pm harus disesuaikan dengan konteks kalimatnya.  Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan kalimat menggunakan am yang penting untuk Anda ketahui:

  • I always arrive at 06.00 am. 06.00 am merupakan keterangan waktu yang menunjukkan pukul 6 pagi dimana artinya secara keseluruhan adalah saya selalu tiba pukul 6 pagi.
  • 4.00 am is the time when cocks start crowing. 04.00 am merupakan keterangan waktu yang menunjukkan pukul 4 pagi. Arti dari kalimat ini secara keseluruhan adalah pukul 4 pagi adalah waktu ketika ayam mulai berkokok.
  • We have a breakfast at 08.00 am. 08.00 am ini merupakan keterangan waktu yang menunjukkan pukul 8 pagi dimana arti keseluruhannya kami sarapan pukul 8 pagi.
  1. Contoh penggunaan pm

Ada beberapa kalimat menggunakan kata pm yang penting untuk Anda ketahui berikut ini:

  • I usually finish my class at 2.00 pm. Artinya adalah saya biasanya menyelesaikan kelas saya pukul 2.00 pm yang artinya adalah pukul 2 siang.
  • 04.30 pm is the schedule for our meeting today. 04.30 pm merupakan keterangan waktu yang artinya 04.30 sore. Arti kalimat secara keseluruhan adalah 04.30 sore merupakan jadwal pertemuan kita hari ini.
  • The plane will arrive at 07.00 pm. 07.00 pm ini merupakan keterangan waktu yang menunjukkan malam hari. Arti keseluruhan dari kalimat tersebut adalah pesawat akan datang pukul 7 malam.
  • The train will depart at 08.00 pm. 08.00 pm menerangkan waktu malam hari dimana arti dari kalimat keseluruhan adalah kereta akan berangkat pukul 8 malam.

https://1.bp.blogspot.com/-D5mhYqO4VsM/XeDBXGICQUI/AAAAAAAAGGY/AyHkZWcZg1E9NWUx75s7bL8UCCZ5XKauwCNcBGAsYHQ/s640/ampm.jpg 

Midnight and Noon

Pengucapan dan penulisan kata am dan pm ini bisa diganti menjadi noon atau midnight. Hanya dikhususkan untuk penulisan atau pengucapan tengah malam atau tengah hari. Untuk jam 12 siang atau 12 pm ini Anda bisa menggantinya dengan noon. Sedangkan untuk pukul 12.00 am Anda bisa menyebutnya dengan midnight. Selain penulisan 12.00 am, midnight atau tengah malam ini bisa ditulis dengan 00.00. 

Supaya bisa lebih paham tentang penggunaan noon dan midnight ini berikut ini adalah contoh penggunaannya yang penting untuk Anda ketahui:

  • The deadline of this project is at 12.00 pm. Artinya adalah batas akhir dari proyek ini adalah jam 12 siang. Pada keterangan waktu 12.00 pm tersebut Anda bisa menggantinya dengan 12.00 noon.
  • The live streaming will start at 12.00 am. 12.00 am tersebut menunjukkan waktu 12 malam dimana bisa Anda ganti keterangan waktunya dengan 12.00 midnight. Arti dari kalimat tersebut keseluruhan adalah siaran langsung akan dimulai pukul 12 malam atau tengah malam.

Tips Mengetahui Am dan Pm

Dalam beberapa soal sering dipertanyakan tentang pemilihan am dan pm ini.  Yaitu keterangan waktu sering dibiarkan kosong, selain itu pada bagian predikat atau kata kerja juga dibiarkan kosong dan harus menjawabnya sendiri. Jika sudah begini untuk menjawabnya dan mengetahui kata maupun keterangan waktu yang tepat diperlukan logika. 

Misalnya saja begini ada soal yang dikosongkan pada bagian keterangan waktunya, bunyi soalnya seperti ini, cocks start crowing at 4 …… (am/pm). Anda harus memahami konteks kalimatnya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakan am atau pm. Arti dari kalimat tersebut adalah ayam mulai berkokok pukul 4….. Tentu saja jawabannya adalah 4 am karena tidak ada ayam berkokok pukul 4 sore.

Dalam soal am dan pm ini yang juga sering dibiarkan kosong adalah bagian predikat atau kata kerja atau verb. Misalnya saja The fisherman (……) at 7.00 am.  Kalimat tersebut memiliki arti para nelayan …… pukul 7 pagi. Anda harus bisa mengisinya dengan kata kerja yang tepat. Tentu menjawabnya pun harus menggunakan logika. 

Jawabannya adalah will arrive karena biasanya nelayan akan datang saat pagi-pagi sekali dengan menggunakan angin laut. Sedangkan jika keterangan waktu diganti dengan pm maka kata kerjanya adalah will depart karena untuk melaut nelayan tersebut membutuhkan bantuan angin darat untuk bisa sampai ke tengah laut dan biasanya ada pada saat malam hari.

Untuk bisa menentukan am dan pm ini penting bagi Anda untuk memperbanyak vocab. Untuk bisa menentukan am atau pm ini Anda harus mengetahui konteks kalimat secara keseluruhan. Anda akan kesulitan untuk mengartikannya jika jumlah vocab atau kosakata yang dimiliki ini sedikit.

Indonesia berbeda dengan negara barat baik secara kultural maupun tata bahasanya. Meski begitu mempelajari bahasa Inggris maupun bahasa asing lainnya ini perlu karena persaingan global yang tinggi. Dengan menggunakan bahasa internasional bahasa Inggris tersebut Anda bisa meningkatkan nilai kompetitif di dalam diri Anda. Semoga informasi tentang am dan pm di atas bermanfaat untuk Anda. 

Open chat