Apa itu Influencer? – Ditetapkan Influencer Media Sosial [Diperbarui 2021]
Pemasaran Influencer
Jika Anda menelusuri situs web ini, Anda akan menemukan semakin banyak artikel terkait dengan Influencer Marketing. Ini termasuk pendapat kami tentang Apa itu Pemasaran Influencer: Panduan Pemula. Tetapi ada pertanyaan yang lebih mendasar yang perlu Anda pertimbangkan sebelum Anda berpikir untuk berpartisipasi dalam pemasaran influencer.

Apa itu Influencer? – Influencer Media Sosial Ditetapkan [Diperbarui 2021]:
Apa itu influencer?
Apa itu Influencer Media Sosial?
Berdasarkan Jumlah Pengikut
Berdasarkan Jenis Konten
Berdasarkan Tingkat Pengaruh
Pertanyaan yang Sering Diajukan
Apa itu influencer?
Influencer adalah seseorang yang memiliki:
kekuatan untuk mempengaruhi keputusan pembelian orang lain karena otoritas, pengetahuan, posisi, atau hubungannya dengan audiensnya.
pengikut di ceruk yang berbeda, dengan siapa dia terlibat secara aktif. Ukuran berikut ini tergantung pada ukuran topik niche-nya.
Penting untuk dicatat bahwa individu-individu ini bukan hanya alat pemasaran, melainkan aset hubungan sosial yang dengannya merek dapat berkolaborasi untuk mencapai tujuan pemasaran mereka.
Lihat Laporan Benchmark Influencer Marketing Hub 2021 Di Sini

Apa itu Influencer Media Sosial?
Selama dekade terakhir, kita telah melihat media sosial tumbuh pesat dalam pentingnya. Menurut laporan We Are Social Januari 2019, 3,484 miliar orang secara aktif menggunakan media sosial – itu adalah 45% dari populasi dunia.

Mau tidak mau orang-orang ini mencari influencer di media sosial untuk membimbing mereka dalam pengambilan keputusan.

Influencer di media sosial adalah orang-orang yang telah membangun reputasi untuk pengetahuan dan keahlian mereka tentang topik tertentu. Mereka membuat posting reguler tentang topik itu di saluran media sosial pilihan mereka dan menghasilkan banyak pengikut yang antusias dan terlibat yang memperhatikan pandangan mereka.

Merek menyukai influencer media sosial karena mereka dapat menciptakan tren dan mendorong pengikut mereka untuk membeli produk yang mereka promosikan.

Konten Terkait:
30 Influencer Media Sosial Terbesar di TikTok Saat Ini
Cara Menjadi Influencer: 7 Langkah Mudah Menjadi Influencer Media Sosial Hari Ini
Lencana Pengikut Media Sosial (Alat Gratis untuk Influencer Media Sosial)
Jenis Influencer
Anda dapat memisahkan berbagai jenis influencer dengan berbagai cara. Beberapa metode yang paling umum adalah berdasarkan jumlah pengikut, berdasarkan jenis konten, dan berdasarkan tingkat pengaruh. Anda juga dapat mengelompokkan influencer berdasarkan niche tempat mereka beroperasi. Ini berarti bahwa influencer yang mungkin muncul dalam kategori rendah menurut satu ukuran mungkin tampak lebih berpengaruh jika dilihat dengan cara lain. Misalnya, banyak mega-influencer juga selebriti. Namun kedua kelompok ini sering kali memiliki pengaruh yang kurang nyata pada audiens mereka karena mereka tidak memiliki keahlian dalam ceruk sempit yang berdedikasi. Beberapa mikro dan bahkan nano-influencer dapat memiliki dampak yang luar biasa pada pengikut di ceruk khusus mereka. Mereka mungkin sangat bermanfaat bagi perusahaan yang menjual produk yang menargetkan sektor itu.

Berdasarkan Jumlah Pengikut
Mega-Influencer

Mega influencer adalah orang-orang dengan banyak pengikut di jejaring sosial mereka. Meskipun tidak ada aturan pasti tentang batasan antara berbagai jenis pengikut, pandangan umum adalah bahwa mega-influencer memiliki lebih dari 1 juta pengikut di setidaknya satu platform sosial.

Banyak mega-influencer adalah selebritas yang mendapatkan ketenaran secara offline – bintang film, olahragawan, musisi, dan bahkan bintang televisi realitas. Namun, beberapa mega-influencer telah memperoleh banyak pengikut melalui aktivitas online dan sosial mereka.
Namun, hanya merek besar yang harus mendekati mega-influencer untuk pemasaran influencer. Layanan mereka akan mahal, hingga $ 1 juta per posting, dan mereka kemungkinan besar akan sangat rewel tentang siapa yang mereka pilih untuk bermitra. Dalam hampir setiap kasus, mega-influencer akan memiliki agen yang bekerja atas nama mereka untuk membuat kesepakatan pemasaran.

Makro-Influencer

Makro-influencer selangkah lebih maju dari mega-influencer, dan mungkin lebih mudah diakses sebagai influencer marketer. Anda akan menganggap orang-orang dengan pengikut dalam kisaran antara 40.000 dan 1 juta pengikut di jejaring sosial sebagai makro-influencer.
Kelompok ini cenderung terdiri dari dua tipe orang. Mereka adalah selebritas kelas B, yang belum berhasil mencapai kesuksesan besar. Atau mereka adalah pakar online yang sukses, yang telah membangun lebih banyak pengikut yang signifikan daripada mikro-influencer biasa. Jenis makro-influencer yang terakhir cenderung lebih berguna bagi perusahaan yang terlibat dalam pemasaran influencer.
Makro-influencer umumnya memiliki profil tinggi dan sangat baik dalam meningkatkan kesadaran. Ada lebih banyak makro-influencer daripada mega-influencer, jadi seharusnya lebih mudah bagi sebuah merek untuk menemukan makro-influencer yang mau bekerja dengan mereka. Mereka juga lebih cenderung terbiasa bekerja dengan merek daripada mikro-influencer, ma

komunikasi raja lebih mudah.
Namun, Anda perlu berhati-hati dengan tingkat influencer ini. Ini adalah kategori yang paling mungkin terlibat dalam penipuan influencer – beberapa hanya mencapai posisi mereka berkat pengikut yang telah mereka beli.

Mikro-Influencer

Mikro-influencer adalah orang biasa yang telah dikenal karena pengetahuan mereka tentang beberapa ceruk khusus. Dengan demikian, mereka biasanya mendapatkan pengikut media sosial yang cukup besar di antara para penggemar ceruk itu. Tentu saja, bukan hanya jumlah pengikut yang menunjukkan tingkat pengaruh; itu adalah hubungan dan interaksi yang dimiliki mikro-influencer dengan pengikutnya.

Meskipun pandangan berbeda, Anda dapat menganggap mikro-influencer memiliki antara 1.000 dan 40.000 pengikut di satu platform sosial.
Seorang mikro-influencer mungkin tidak menyadari keberadaan perusahaan sebelum perusahaan tersebut mencoba menjangkaunya. Jika itu masalahnya, perusahaan harus terlebih dahulu meyakinkan influencer tentang nilainya. Mikro-influencer telah membangun pengikut khusus, dan mereka tidak ingin merusak hubungan mereka dengan penggemar mereka jika mereka terlihat mempromosikan lemon.
Persyaratan untuk hubungan antara mikro-influencer dan merek untuk menyelaraskan dengan audiens target berarti bahwa influencer sering pilih-pilih dengan siapa mereka bekerja. Beberapa mikro-influencer dengan senang hati mempromosikan merek secara gratis. Orang lain akan mengharapkan beberapa bentuk pembayaran. Terlepas dari harganya, influencer mana pun tidak mungkin menginginkan keterlibatan dengan merek yang “tidak pantas” untuk audiens mereka.

Sifat pengaruh berubah. Mikro-influencer menjadi lebih umum dan lebih terkenal. Beberapa telah bangkit dari ketidakjelasan virtual menjadi hampir sama terkenalnya dengan selebriti tradisional. Hal ini terutama terjadi pada Generasi Z, yang menghabiskan lebih banyak waktu di internet daripada menonton televisi atau pergi ke olahraga atau film.
Pada kenyataannya, mikro-influencer adalah influencer masa depan. Internet telah menyebabkan fragmentasi media menjadi banyak topik niche kecil. Bahkan jika Anda menyukai sesuatu yang relatif tidak jelas, Anda mungkin akan menemukan grup Facebook atau papan Pinterest yang dikhususkan untuk itu. Dan dalam kelompok dan papan khusus inilah mikro-influencer memantapkan diri mereka sebagai influencer sejati.

Nano-Influencer

Tipe influencer terbaru yang mendapatkan pengakuan adalah nano-influencer. Orang-orang ini hanya memiliki sedikit pengikut, tetapi mereka cenderung ahli dalam bidang yang tidak jelas atau sangat terspesialisasi. Anda dapat menganggap nano-influencer sebagai pepatah ikan besar di kolam kecil. Dalam banyak kasus, mereka memiliki kurang dari 1.000 pengikut – tetapi mereka akan menjadi pengikut yang tertarik dan tertarik, bersedia untuk terlibat dengan nano-influencer, dan mendengarkan pendapatnya.
Sementara banyak merek akan menganggap nano-influencer sebagai hal yang tidak penting, mereka dapat menjadi sangat penting bagi perusahaan yang membuat produk yang sangat khusus dan khusus.
Namun, bagi sebagian besar perusahaan, nano-influencer mungkin tidak memiliki pengaruh yang cukup untuk banyak digunakan. Mereka mungkin murah dan membawa pengaruh luar biasa dengan sejumlah kecil orang, tetapi di sebagian besar ceruk, Anda perlu bekerja dengan ratusan nano-influencer untuk menjangkau khalayak luas.

Berdasarkan Jenis Konten
Sebagian besar pemasaran influencer saat ini terjadi di media sosial, terutama dengan mikro-influencer, dan blogging. Dengan meningkatnya minat pada video, YouTuber dengan cepat menjadi lebih penting juga.

Blogger

Blogger dan influencer di media sosial (terutama mikro-blogger) memiliki hubungan paling otentik dan aktif dengan penggemar mereka. Merek sekarang mengakui dan mendorong hal ini.
Blogging telah terhubung dengan pemasaran influencer untuk beberapa waktu sekarang. Ada banyak blog yang sangat berpengaruh di internet. Jika seorang blogger populer secara positif menyebut produk Anda dalam sebuah posting, itu dapat menyebabkan pendukung blogger ingin mencoba produk Anda.

Banyak blogger telah membangun pengikut yang cukup besar di sektor tertentu. Misalnya, ada blog yang sangat berpengaruh tentang pengembangan pribadi, keuangan, kesehatan, pengasuhan anak, musik, dan banyak topik lainnya, termasuk blog itu sendiri. Hal penting yang dimiliki blog yang sukses adalah rasa hormat dari pembacanya.

Variasi dalam meminta blogger menulis sesuatu yang merekomendasikan produk Anda adalah dengan berpartisipasi dalam posting tamu. Jika Anda dapat mengambil tempat posting tamu di blog besar, Anda dapat mengontrol kontennya, dan Anda biasanya akan diizinkan untuk menempatkan tautan ke situs Anda sendiri di bio penulis Anda.

Jika sebuah blog cukup besar dan berpengaruh, Anda mungkin dapat membeli posting bersponsor di situs mereka. Ini memungkinkan Anda untuk menulis posting sendiri atau sangat mempengaruhi blogger untuk menulis posting atas nama Anda. Tidak seperti penyebutan biasa di posting blogger atau posting tamu yang Anda tulis, Anda harus membayar untuk posting yang disponsori (dan kemungkinan akan diberi label seperti itu). Namun, ini tidak merusak hasil bagi banyak perusahaan yang telah mensponsori posting di blog. Generasi Z, khususnya, tampaknya imm

une ke tag Posting Sponsor, dan selama produk sesuai dengan audiens inti blog, seharusnya tidak ada masalah.

YouTuber

Tentu saja, blog bukan satu-satunya jenis konten populer di internet. Jenis konten favorit lainnya adalah video. Dalam hal ini, daripada setiap pembuat video memiliki situs mereka sendiri, sebagian besar membuat saluran di YouTube. Merek sering disejajarkan dengan pembuat konten YouTube populer.

Podcaster

Podcasting adalah bentuk konten online yang relatif baru yang semakin populer. Itu telah membuat beberapa nama rumah tangga sekarang, mungkin paling baik dicontohkan oleh John Lee Dumas dari Entrepreneurs on Fire. Jika Anda belum berkesempatan menikmati podcast, Digital Trends telah menyusun daftar lengkap Podcast Terbaik tahun 2019.

Hanya Posting Sosial

Tentu saja, blogger, podcaster, dan YouTuber jarang hanya mengandalkan audiens yang ada untuk membuka situs mereka, berharap ada materi baru. Mereka biasanya mempromosikan posting atau video baru secara besar-besaran di media sosial – yang menjadikan sebagian besar blogger dan pembuat konten ini juga mikro-influencer.
Faktanya, sebagian besar influencer sekarang membuat nama mereka di media sosial. Meskipun Anda akan menemukan influencer di semua saluran sosial terkemuka, jaringan yang menonjol dalam beberapa tahun terakhir adalah Instagram, di mana banyak influencer membuat posting mereka di sekitar gambar yang menakjubkan.

Berdasarkan Tingkat Pengaruh
Selebriti
Selebriti adalah influencer asli, dan mereka masih memiliki peran untuk dimainkan, meskipun pentingnya mereka sebagai influencer berkurang.

Pemasaran influencer tumbuh dari dukungan selebriti. Bisnis telah menemukan selama bertahun-tahun bahwa penjualan mereka biasanya meningkat ketika seorang selebriti mempromosikan atau mendukung produk mereka. Masih banyak kasus perusahaan, terutama merek kelas atas, yang menggunakan selebriti sebagai influencer.

Masalah bagi sebagian besar merek adalah hanya ada begitu banyak selebriti tradisional yang mau berpartisipasi dalam kampanye influencer semacam ini, dan mereka tidak mungkin datang dengan harga murah. Pengecualian akan terjadi jika sebuah perusahaan membuat produk yang sudah disukai dan digunakan oleh seorang selebriti. Dalam situasi itu, selebritas mungkin siap untuk menggunakan pengaruhnya untuk mengatakan seberapa bagus produk yang dia yakini. Saya yakin banyak produsen alat musik mendapat manfaat dari musisi yang memainkan alat musik mereka berdasarkan pilihan.

Satu masalah dengan menggunakan selebriti sebagai influencer adalah jika mereka mungkin kurang memiliki kredibilitas dengan target audiens produk. Justin Bieber mungkin sangat berpengaruh jika dia merekomendasikan jenis krim jerawat, tetapi kemungkinannya kecil untuk memengaruhi pola pembelian mereka yang mencari desa pensiun.

Selebriti mungkin memiliki banyak penggemar dan pengikut media sosial raksasa. Namun, masih bisa diperdebatkan seberapa besar pengaruh nyata yang mereka miliki terhadap orang-orang yang mengikuti mereka.

Pemimpin Opini Utama
Pakar industri dan pemimpin pemikiran seperti jurnalis juga dapat dianggap sebagai pemberi pengaruh dan memegang posisi penting bagi merek.

Pemimpin industri dan pemimpin pemikiran mendapatkan rasa hormat karena kualifikasi, posisi, atau pengalaman mereka tentang topik keahlian mereka. Seringkali, rasa hormat ini diperoleh lebih karena reputasi tempat mereka bekerja. Misalnya, seorang jurnalis di sebuah surat kabar besar mungkin bukan ahli dalam topik yang ia tulis dalam laporan berita, tetapi ia dihormati karena menjadi penulis yang cukup baik untuk bekerja sebagai publikasi bergengsi.

Para ahli tersebut antara lain:

Wartawan
Akademisi
Pakar industri
Penasihat profesional
Jika Anda dapat menarik perhatian seorang jurnalis di surat kabar nasional, yang pada gilirannya berbicara positif tentang perusahaan Anda dalam sebuah artikel, maka Anda menggunakan dia sebagai influencer dengan cara yang sama seperti Anda menggunakan blogger atau media sosial. pemberi pengaruh. Ada bonus dalam situasi ini di mana jurnalis kemungkinan besar akan menulis laporannya secara gratis.

Blogger dan pembuat konten sering bekerja dengan pemimpin industri dan pemimpin pemikiran, dan tidak jarang melihat mereka dikutip dalam posting blog dan bahkan digunakan dalam kampanye media sosial. Batas antara media tradisional dan media sosial semakin kabur.

Satu hal yang harus diperhatikan ketika bekerja dengan pemimpin opini utama adalah bahwa banyak yang telah membangun reputasi mereka dalam pengaturan offline dan mungkin tidak memiliki pengikut sosial yang besar atau aktif.

Orang dengan Pengaruh Di Atas Rata-Rata pada Audiensnya
Dalam banyak hal, influencer terbaik telah membangun reputasi mereka secara online karena menjadi ahli di beberapa ceruk tertentu. Mereka mirip dengan pemimpin opini utama tetapi biasanya mendapatkan reputasi mereka secara lebih informal melalui aktivitas online mereka. Dan mereka telah menciptakan reputasi itu melalui kualitas posting sosial yang mereka buat, posting blog yang mereka tulis, podcast yang mereka bicarakan, dan video yang mereka buat dan posting di saluran YouTube mereka.

Meskipun belum ada yang membuat istilah umum untuk orang-orang ini, agensi Inggris, PMYB, telah membuat nama merek dagang mereka – Chromo-Influencers™. Ini adalah influencer berperforma tertinggi dari agensi, berdasarkan 46 faktor penting yang mempengaruhi

pakta perilaku konsumen.

Influencer ini memiliki keterampilan komunikasi dan keterlibatan terbaik dengan audiens mereka. Mereka telah memikat pengikut mereka dan menjadi diakui sebagai ahli di bidangnya.

Jumlah pengikut mereka sangat tergantung pada bidang keahlian mereka. Namun, Anda akan menemukan bahwa orang-orang ini memiliki pengikut yang sangat tinggi dibandingkan dengan orang lain di niche mereka.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apa itu influencer?
Apa yang dilakukan seorang influencer?
Berapa banyak pengikut yang Anda butuhkan untuk menjadi seorang influencer?
Siapa 10 influencer teratas di media sosial?
Bagaimana cara seorang influencer dibayar?
Apakah influencer membayar untuk pengikut?
Sementara beberapa orang tidak diragukan lagi membayar pengikut secara online, influencer sejati tidak harus melakukannya. Memang, Anda harus memperlakukan bukti apa pun dari lebih dari beberapa pengikut palsu sebagai bendera merah yang luar biasa. Oke, banyak akun selebritas besar memiliki pengikut palsu, yang dibuat oleh bot tanpa diketahui selebritas. Mereka tidak akan membayar untuk pengikut palsu ini – bot berkeliaran di akun selebriti agar terlihat kredibel. Namun, influencer nyata dengan jumlah pengikut yang lebih mudah dikelola memeriksa bahwa sebagian besar pengikut mereka asli.

Open chat