Multimedia adalah media interaktif dan menyediakan berbagai cara untuk mewakili informasi kepada pengguna dengan cara yang kuat. Ini menyediakan interaksi antara pengguna dan informasi digital. Ini adalah media komunikasi. Beberapa sektor di mana multimedia digunakan secara luas adalah pendidikan, pelatihan, bahan referensi, presentasi bisnis, periklanan dan dokumenter.

Definisi Multimedia
Menurut definisi Multimedia adalah representasi informasi secara menarik dan interaktif dengan menggunakan kombinasi teks, audio, video, grafik dan animasi. Dengan kata lain kita dapat mengatakan bahwa Multimedia adalah metode komputerisasi penyajian informasi menggabungkan data tekstual, audio, visual (video), grafik dan animasi. Contohnya: E-Mail, Yahoo Messenger, Video Conferencing, dan Multimedia Message Service (MMS).

Multimedia seperti namanya merupakan gabungan dari Multi dan Media yaitu berbagai jenis media (hardware/software) yang digunakan untuk komunikasi informasi.

Perangkat Keras Multimedia

Perangkat Lunak Multimedia

Komponen Multimedia
Berikut ini adalah komponen umum dari multimedia:

Teks- Semua produksi multimedia mengandung sejumlah teks. Teks dapat memiliki berbagai jenis font dan ukuran yang sesuai dengan presentasi profesi perangkat lunak multimedia.

Grafik- Grafik membuat aplikasi multimedia menarik. Dalam banyak kasus, orang tidak suka membaca sejumlah besar materi tekstual di layar. Oleh karena itu, grafik lebih sering digunakan daripada teks untuk menjelaskan suatu konsep, menyajikan informasi latar belakang, dll. Ada dua jenis Grafik:

Gambar bitmap- Gambar bitmap adalah gambar nyata yang dapat diambil dari perangkat seperti kamera digital atau pemindai. Umumnya gambar bitmap tidak dapat diedit. Gambar bitmap membutuhkan memori yang besar.

Grafik Vektor- Grafik vektor digambar di komputer dan hanya membutuhkan sedikit memori. Grafik ini dapat diedit.

Audio- Aplikasi multimedia mungkin memerlukan penggunaan suara, musik, dan efek suara. Ini disebut elemen audio atau suara multimedia. Pidato juga merupakan cara yang sempurna untuk mengajar. Audio adalah jenis analog dan digital. Audio atau suara analog mengacu pada sinyal suara asli. Komputer menyimpan suara dalam bentuk digital. Oleh karena itu, suara yang digunakan dalam aplikasi multimedia adalah audio digital.

Video- Istilah video mengacu pada gambar bergerak, disertai dengan suara seperti gambar di televisi. Elemen video dari aplikasi multimedia memberikan banyak informasi dalam durasi waktu yang singkat. Video digital berguna dalam aplikasi multimedia untuk menampilkan objek kehidupan nyata. Video memiliki permintaan kinerja tertinggi pada memori komputer dan bandwidth jika ditempatkan di internet. File video digital dapat disimpan seperti file lainnya di komputer dan kualitas video tetap dapat dipertahankan. File video digital dapat ditransfer dalam jaringan komputer. Klip video digital dapat diedit dengan mudah.

Animasi- Animasi adalah proses membuat gambar statis terlihat seperti bergerak. Animasi hanyalah serangkaian gambar diam yang ditampilkan secara berurutan. Animasi dapat digunakan secara efektif untuk menarik perhatian. Animasi juga membuat presentasi menjadi ringan dan menarik. Animasi sangat populer di aplikasi multimedia

Aplikasi Multimedia
Berikut ini adalah area umum dari aplikasi multimedia.

Multimedia dalam Bisnis- Multimedia dapat digunakan dalam banyak aplikasi dalam bisnis. Teknologi multimedia bersama dengan teknologi komunikasi telah membuka pintu informasi kelompok wajan global. Saat ini anggota tim dapat bekerja di mana saja dan dapat bekerja di berbagai perusahaan. Dengan demikian tempat kerja akan menjadi global. Jaringan multimedia harus mendukung fasilitas berikut:

Pesan Suara

Surat elektronik

FAX berbasis multimedia

Kebutuhan Kantor

Pelatihan Karyawan

Penjualan dan Jenis Presentasi Kelompok Lainnya

Manajemen Catatan

Multimedia dalam Pemasaran dan Periklanan- Dengan menggunakan pemasaran multimedia produk baru dapat sangat ditingkatkan. Multimedia meningkatkan komunikasi dengan biaya yang terjangkau membuka jalan bagi tenaga pemasaran dan periklanan. Presentasi yang memiliki spanduk terbang, transisi video, animasi, dan efek suara adalah beberapa elemen yang digunakan dalam menyusun iklan berbasis multimedia untuk menarik konsumen dengan cara yang belum pernah digunakan sebelumnya dan mempromosikan penjualan produk.

Multimedia dalam Hiburan- Dengan menggunakan pemasaran multimedia produk baru dapat sangat ditingkatkan. Multimedia meningkatkan komunikasi dengan biaya yang terjangkau membuka jalan bagi tenaga pemasaran dan periklanan. Presentasi yang memiliki spanduk terbang, transisi video, animasi, dan efek suara adalah beberapa elemen yang digunakan dalam menyusun iklan berbasis multimedia untuk menarik konsumen dengan cara yang belum pernah digunakan sebelumnya dan mempromosikan penjualan produk.

Multimedia dalam Pendidikan- Banyak permainan komputer dengan fokus pada pendidikan

tion sekarang tersedia. Perhatikan contoh permainan edukatif yang memainkan berbagai pantun untuk anak-anak. Anak dapat melukis gambar, memperbesar ukuran berbagai objek dll selain hanya bermain pantun. Beberapa paket multimedia lain tersedia di pasar yang memberikan banyak informasi rinci dan kemampuan bermain untuk anak-anak.

Multimedia di Bank- Bank adalah tempat umum lain di mana aplikasi multimedia semakin banyak ditemukan belakangan ini. Orang pergi ke bank untuk membuka tabungan/giro, menyimpan dana, menarik uang, mengetahui berbagai skema keuangan bank, mendapatkan pinjaman dll. Setiap bank memiliki banyak informasi yang ingin disampaikan kepada pelanggan. Untuk tujuan ini, dapat menggunakan multimedia dalam banyak cara. Bank juga menampilkan informasi tentang berbagai skemanya pada monitor PC yang ditempatkan di rest area untuk nasabah. Saat ini on-line dan internet banking telah menjadi sangat populer. Ini menggunakan multimedia secara ekstensif. Multimedia dengan demikian membantu bank memberikan layanan kepada pelanggan mereka dan juga dalam mendidik mereka tentang skema keuangan bank yang menarik.

Multimedia di Rumah Sakit- Penggunaan terbaik Multimedia di rumah sakit adalah untuk pemantauan real time kondisi pasien dalam penyakit kritis atau kecelakaan. Kondisi tersebut ditampilkan terus menerus di layar komputer dan dapat mengingatkan dokter/perawat yang sedang bertugas jika ada perubahan yang terlihat di layar. Multimedia memungkinkan untuk berkonsultasi dengan ahli bedah atau ahli yang dapat melihat garis operasi yang sedang berlangsung di monitor PC-nya dan memberikan saran online pada saat-saat penting.

Di rumah sakit, multimedia juga dapat digunakan untuk mendiagnosis suatu penyakit dengan CD-ROM/ Kaset/ DVD yang penuh dengan informasi berbasis multimedia tentang berbagai penyakit dan pengobatannya. Beberapa rumah sakit secara ekstensif menggunakan presentasi multimedia dalam melatih staf junior mereka yang terdiri dari dokter dan perawat. Tampilan multimedia sekarang banyak digunakan selama operasi kritis.

Pedagog multimedia- Pedagog adalah alat bantu pengajaran yang berguna hanya jika mereka merangsang dan memotivasi siswa. Dukungan audio-visual untuk pendidik sebenarnya dapat membantu dalam melakukannya. Seorang tutor multimedia dapat memberikan banyak tantangan kepada siswa untuk merangsang minatnya pada suatu topik. Instruksi yang diberikan oleh pedagog telah beralih dari hanya menyediakan kontrol level tombol ke simulasi cerdas, pembuatan tautan yang dinamis, komposisi dan kolaborasi, serta pengujian sistem dari interaksi pengguna.

Teknologi Komunikasi dan Layanan Multimedia- Kemajuan kemampuan komputasi yang tinggi, cara komunikasi dan standar yang relevan telah memulai awal era di mana Anda akan diberikan fasilitas multimedia di rumah. Layanan ini dapat mencakup:

Layanan Televisi Dasar

Hiburan interaktif

Audio Digital

Video sesuai permintaan

Belanja di rumah

Transaksi keuangan

Multiplayer interaktif atau game pemain tunggal

Perpustakaan multimedia digital

Surat Kabar Elektronik, majalah elektronik

+++

Apa itu Multimedia?
Kata multi dan media digabungkan menjadi kata multimedia. Kata “multi” berarti “banyak”. Multimedia adalah jenis media yang memungkinkan informasi dapat dengan mudah ditransfer dari satu lokasi ke lokasi lain.
Multimedia adalah presentasi teks, gambar, audio, dan video dengan tautan dan alat yang memungkinkan pengguna untuk menavigasi, terlibat, membuat, dan berkomunikasi menggunakan komputer.
Multimedia mengacu pada integrasi teks, gambar, gambar diam dan bergerak (video) grafik, audio, animasi, dan media lain dengan bantuan komputer di mana semua jenis informasi dapat diungkapkan, disimpan, dikomunikasikan, dan diproses secara digital.
Untuk memulai, komputer harus hadir untuk mengoordinasikan apa yang Anda lihat dan dengar, serta untuk berinteraksi. Kedua, harus ada interkoneksi antara berbagai potongan informasi. Ketiga, Anda memerlukan alat navigasi untuk menjelajahi web dengan data yang saling berhubungan.
Multimedia sedang digunakan dalam berbagai disiplin ilmu, termasuk pendidikan, pelatihan, dan bisnis.

Kategori Multimedia

Multimedia Linier:

Pembaca perhatian! Semua orang yang mengatakan pemrograman bukan untuk anak-anak, hanya belum bertemu dengan mentor yang tepat. Bergabunglah dengan Kelas Demo untuk Kursus Langkah Pertama ke Coding, yang dirancang khusus untuk siswa kelas 8 hingga 12.

Para siswa akan belajar lebih banyak tentang dunia pemrograman di kelas gratis ini yang pasti akan membantu mereka dalam membuat pilihan karir yang bijaksana di masa depan.
Ini juga disebut multimedia non-interaktif. Dalam kasus multimedia linier, pengguna akhir tidak dapat mengontrol konten aplikasi. Ini benar-benar tidak memiliki interaktivitas dalam bentuk apa pun. Beberapa proyek multimedia seperti film di mana materi dilemparkan secara linier dari awal hingga akhir. Aplikasi multimedia linier tidak memiliki semua fitur dengan bantuannya, pengguna dapat berinteraksi dengan aplikasi seperti kemampuan untuk memilih opsi yang berbeda, mengklik ikon, mengontrol aliran media, atau mengubah kecepatan media. ditampilkan. Multimedia linier bekerja sangat baik untuk memberikan informasi kepada sekelompok besar orang seperti pada sesi pelatihan, seminar, rapat di tempat kerja, dll.

 

Multimedia Non-Linear:

Dalam multimedia Non-Linear, pengguna akhir diizinkan kontrol navigasi untuk menjelajahi konten multimedia sesuai keinginannya sendiri. Pengguna dapat mengontrol akses aplikasi. Non-linear menawarkan interaktivitas pengguna untuk mengontrol pergerakan data. Misalnya permainan komputer, situs web, paket pelatihan berbasis komputer mandiri, dll.

Aplikasi Multimedia

Multimedia menunjukkan bahwa, selain teks, grafik/gambar, dan foto, informasi komputer dapat direpresentasikan menggunakan audio, video, dan animasi. Multimedia digunakan dalam:

Pendidikan

Dalam bidang pendidikan, multimedia menjadi semakin populer. Hal ini sering digunakan untuk menghasilkan bahan belajar bagi siswa dan untuk memastikan bahwa mereka memiliki pemahaman yang menyeluruh dari berbagai disiplin ilmu. Edutainment, yang menggabungkan pendidikan dan hiburan, telah menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir. Sistem ini memberikan pembelajaran berupa kesenangan kepada pengguna.

Hiburan

Penggunaan multimedia dalam film menciptakan kesan auditori dan video yang unik. Saat ini, multimedia telah sepenuhnya mengubah seni pembuatan film di seluruh dunia. Multimedia adalah satu-satunya cara untuk mencapai efek dan tindakan yang sulit.
Sektor hiburan memanfaatkan multimedia secara ekstensif. Ini sangat berguna untuk membuat efek khusus dalam film dan video game. Ilustrasi yang paling terlihat dari kemunculan multimedia di dunia hiburan adalah aplikasi musik dan video. Game interaktif menjadi mungkin berkat penggunaan multimedia dalam bisnis game. Video game lebih menarik karena efek audio dan visual yang terintegrasi.

Bisnis

 

Pemasaran, periklanan, demo produk, presentasi, pelatihan, komunikasi jaringan, dll. adalah aplikasi multimedia yang membantu dalam banyak bisnis. Penonton dapat dengan cepat memahami suatu ide ketika presentasi multimedia digunakan. Ini memberikan teknik sederhana dan efektif untuk menarik perhatian pengunjung dan secara efektif menyampaikan informasi tentang berbagai produk. Ini juga digunakan untuk mendorong klien membeli barang dalam pemasaran bisnis.

Teknologi & Sains

Dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, multimedia memiliki aplikasi yang luas. Hal ini dapat berkomunikasi audio, film, dan dokumen multimedia lainnya dalam berbagai format. Hanya multimedia yang dapat memungkinkan siaran langsung dari satu lokasi ke lokasi lain.
Ini bermanfaat bagi ahli bedah karena mereka dapat melatih prosedur rumit seperti pengangkatan otak dan bedah rekonstruktif menggunakan gambar yang dibuat dari pemindaian pencitraan tubuh manusia. Rencana dapat diproduksi lebih efisien untuk memotong biaya dan masalah.

Seni rupa

Seniman multimedia bekerja dalam seni rupa, menggabungkan pendekatan yang menggunakan banyak media dan memasukkan keterlibatan pemirsa dalam beberapa bentuk. Misalnya berbagai

media digital dapat digunakan untuk menggabungkan film dan opera.
Artis digital adalah kata baru untuk jenis seniman ini. Pelukis digital membuat lukisan digital, lukisan matte, dan grafik vektor dari banyak varietas menggunakan aplikasi komputer.

Rekayasa

Multimedia sering digunakan oleh para insinyur perangkat lunak dalam simulasi komputer untuk pelatihan militer atau industri. Ini juga digunakan untuk antarmuka perangkat lunak yang dibuat oleh pakar kreatif dan insinyur perangkat lunak dalam kemitraan. Hanya multimedia yang digunakan untuk melakukan semua perhitungan menit.

Komponen Multimedia

Multimedia terdiri dari 5 komponen berikut:

Teks

Karakter digunakan untuk membentuk kata, frasa, dan paragraf dalam teks. Teks muncul di semua jenis kreasi multimedia. Teks dapat dalam berbagai font dan ukuran agar sesuai dengan presentasi profesional perangkat lunak multimedia. Teks dalam sistem multimedia dapat mengkomunikasikan informasi tertentu atau berfungsi sebagai pelengkap informasi yang disediakan oleh media lain.

 

grafis

Informasi non-teks, seperti sketsa, bagan, atau foto, direpresentasikan secara digital. Grafik menambah daya tarik aplikasi multimedia. Dalam banyak keadaan, orang tidak suka membaca materi dalam jumlah besar di komputer. Akibatnya, gambar lebih sering digunakan daripada kata-kata untuk memperjelas konsep, menawarkan informasi latar belakang, dan sebagainya. Grafik adalah jantung dari setiap presentasi multimedia. Penggunaan visual dalam multimedia meningkatkan efektivitas dan presentasi konsep. Windows Picture, Internet Explorer, dan program serupa lainnya sering digunakan untuk melihat visual. Adobe Photoshop adalah program pengeditan grafik populer yang memungkinkan Anda mengubah grafik dengan mudah dan membuatnya lebih efektif dan menarik.

Animasi

Serangkaian foto sedang dibalik. Ini adalah seperangkat visual yang memberi kesan gerakan. Animasi adalah proses membuat gambar diam tampak bergerak. Sebuah presentasi juga dapat dibuat lebih ringan dan menarik dengan menggunakan animasi. Dalam aplikasi multimedia, animasi cukup populer. Berikut ini adalah beberapa program tampilan animasi yang paling sering digunakan: Fax Viewer, Internet Explorer, dll.

Video

Gambar fotografi yang tampak dalam gerakan penuh dan diputar ulang dengan kecepatan 15 hingga 30 bingkai per detik. Istilah video mengacu pada gambar bergerak yang disertai dengan suara, seperti gambar televisi. Tentu saja, teks dapat dimasukkan dalam video, baik sebagai teks untuk kata-kata yang diucapkan atau sebagai teks yang disematkan dalam gambar, seperti dalam presentasi slide. Program berikut ini banyak digunakan untuk melihat video: Real Player, Window Media Player, dll.

audio

Suara apa pun, apakah itu musik, percakapan, atau yang lainnya. Suara adalah aspek paling serius dari multimedia, menghadirkan kegembiraan musik, efek khusus, dan bentuk hiburan lainnya. Desibel adalah satuan ukuran untuk volume dan tingkat tekanan suara. File audio digunakan sebagai bagian dari konteks aplikasi serta untuk meningkatkan interaksi. File audio terkadang harus didistribusikan menggunakan pemutar media plug-in saat muncul dalam aplikasi online dan halaman web. MP3, WMA, Wave, MIDI, dan RealAudio adalah contoh format audio. Program berikut ini banyak digunakan untuk melihat video: Real Player, Window Media Player, dll.

Contoh Pertanyaan

Pertanyaan 1. Sebutkan beberapa keuntungan Multimedia.

Menjawab:

 

Beberapa kelebihan multimedia adalah:
(i) Interaktif dan terintegrasi: Proses digitalisasi mengintegrasikan semua media yang banyak. Kemampuan untuk menerima masukan segera meningkatkan interaktivitas.
(ii) Cukup user-friendly: Pengguna tidak menghabiskan banyak energi karena mereka dapat duduk dan menonton presentasi, membaca teks, dan mendengarkan audio.
(iii) Fleksibel: Karena bersifat digital, media ini dapat dengan mudah dibagikan. Diadaptasi agar sesuai dengan berbagai pengaturan dan audiens.
(iv) Ini menarik berbagai indera: Itu membuat ekstensif menggunakan indra pengguna saat menggunakan multimedia, misalnya, mendengar, mengamati dan berbicara
(v) Tersedia untuk semua jenis audiens: Dapat digunakan untuk berbagai audiens, dari satu individu hingga sekelompok orang.

Pertanyaan 2. Sebutkan beberapa kelemahan Multimedia.

Menjawab:

Beberapa kelemahan multimedia adalah:
(i) Mahal: Itu menggunakan berbagai sumber daya, beberapa di antaranya bisa jadi agak mahal.
(ii) Informasi yang melimpah: Karena sangat mudah digunakan, ia dapat menyimpan sejumlah besar data sekaligus.
(iii) Waktu yang diperlukan untuk memuat presentasi Anda dipengaruhi oleh file besar seperti video dan musik. Jika Anda menambahkan terlalu banyak, Anda mungkin perlu menggunakan komputer yang lebih besar untuk menyimpan informasi.
(iv) Waktu Penyusunan: Dibutuhkan waktu untuk menyusun draf asli, terlepas dari fleksibilitasnya.

Soal 3. Sebutkan ciri-ciri Multimedia.

Menjawab:

Multimedia memiliki karakteristik penting sebagai berikut:
(i) Sistem multimedia harus dikendalikan oleh komputer – menyimpan, mentransmisikan, dan menyajikan informasi kepada pengguna akhir
(ii) Sistem multimedia terhubung satu sama lain, yaitu terintegrasi: Komponen multimedia sistem seperti video, musik, teks, dan grafik semuanya harus terintegrasi dalam beberapa cara.
(iii) Data yang mereka gunakan harus direpresentasikan secara digital: Proses mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital.
(iv) Biasanya, antarmuka ke media presentasi akhir bersifat interaktif.

Open chat