Bahasa Mandarin: 

15 Frasa Sehari-hari yang Perlu Anda Ketahui

Sapaan dan Frasa untuk Interaksi Pendek

 

  1. Bahasa Mandarin Semua Variasi dari 你好 (nǐ hǎo) — Halo

Tidak hanya satu cara untuk mengatakan “hello” dalam Bahasa Inggris, bukan? Begitu pula dalam Bahasa Mandarin. 你好 (nǐ hǎo) memang sapaan yang paling umum digunakan, namun ada beberapa lainnya yang dapat Anda catat, yang mungkin digunakan oleh orang etnis Cina untuk menyapa Anda:

早上好 (zǎo shang hǎo) — Good morning/selamat pagi

午安 (wǔ ān) — Good afternoon/selamat siang

晚上好 (wǎn shàng hǎo) — Good evening/selamat sore

晚安 (wǎn ān) — Good night/selamat malam

喂 (wéi) — Hello (digunakan saat mengangkat telepon)

 

  1. 我听不懂 (wǒ tīng bù dǒng) — Aku tidak tahu

Jika Anda tidak memahami sesuatu dalam Bahasa Mandarin, jangan takut untuk menunjukkan ketidaktahuan Anda dengan orang yang Anda ajak bicara. Sekalipun bisa jadi akan sangat mudah terjatuh dalam kebiasaan  mengulang 我听不懂 (wǒ tīng bù dǒng) — saya tidak tahu di setiap saat, tetaplah merupakan frasa yang baik untuk digunakan ketika Anda dalam kondisi yang seharusnya untuk mengatakan tidak tahu akan sesuatu.

Jangan hanya menganggukkan kepala dan tersenyum! Anda tidak dapat belajar bahasa baru tanpa melalui kejanggalan yang muncul saat Anda pertama belajar mengucapkannya.

 

  1. 对不起我的中文不好 (duì bu qǐ, wǒ de zhōng wén bù hǎo) — Permisi/Mohon maaf, Bahasa Mandarin saya tidak bagus

Sebagaimana frasa sebelumnya, Anda tidak seharusnya menggunakan frasa ini secara berlebihan. Namun apabila Anda dalam situasi yang mana seseorang memerlukan bantuan atau berbicara sedikit terlalu cepat, ini adalah satu frasa yang bagus untuk diketahui.

对不起 (duì bu qǐ) — excuse me/permisi juga sinonim dengan “I’m sorry”/“mohon maaf”, dan bisa menjadi istilah yang bagus untuk digunakan secara umum.

 

  1. 贵姓大名(nǐ guì xìng dà míng?) — Siapa namamu?

Langkah pertama untuk bertemu dengan kawan baru yang potensial adalah dengan bertukar nama! Jadi jangan sekadar bertanya nama mereka, namun tambahkan dengan perkenalan Anda sendiri dengan我姓… (wǒ xìng…) — mine is/namaku adalah… ketika Anda berbicara dengan mereka.

Anda mungkin ingin mengklarifikasi pelafalan nama mereka dengan mengulanginya kembali ke mereka. Tentu sangat mengganggu ketika orang asing terus menyebut nama orang dengan keliru! Serupa dengan itu, lafalkanlah nama Anda dengan terang pula.

 

  1. 幸会(xìng huì!) — Senang berjumpa dengan Anda!

Frasa ini digunakan baik dalam kondisi formal maupun informal.

 

  1. 谢谢 (xiè xie) — Terima kasih dan 不客气 (bù kè qì) — Sama-sama

Untuk beberapa alasan, orang asing terutama dari kawasan Eropa sangat kesulitan melafalkan谢谢 (xiè xie). Untuk mengatakannya dengan benar, Anda perlu menghindari suara “shh” yang kasar, begitu pula suara “tss”. Kuncinya adalah mengkombinasikan dua-duanya dengan suara tertentu.

 

  1. (zài jiàn!) — Sampai jumpa!

Term ini memiliki beberapa variasi yang berbeda dalam Bahasa Mandarin, antara lain:

拜拜! (bài bài!) — bye-bye/Selamat tinggal!

一帆风顺! (yī fān fēng shùn!) — Have a good journey!/Semoga perjalanan Anda menyenangkan!

Ini adalah bentuk ungkapan bahasa Mandarin untuk “Semoga perjalanan Anda dimudahkan!” atau “Semoga selamat dalam perjalanan!” dan biasanya digunakan ketika seorang teman pergi untuk waktu yang lama.

 

  1. 好不好(hǎo bù hǎo?) — Bagaimana kabarmu?

Term ini secara harfiah berarti “Kondisimu baik atau tidak?”

 

Artikel ini bersambung di sini: 15 Frasa Bahasa Mandarin Sehari-hari yang Perlu Anda Ketahui (2)

Pembahasan sebelumnya: 15 Frasa Bahasa Mandarin Sehari-hari