Apa itu Branding?
Tidak yakin tentang arti “branding”? Jangan khawatir! Branding adalah salah satu konsep pemasaran yang agak kabur dan dapat dengan cepat menjadi membingungkan, bahkan untuk orang-orang yang telah mempelajari pemasaran.

Hari ini kita akan melihat “Apa itu Branding” dan mencoba untuk memberikan jawaban yang jelas dengan kata-kata dan contoh sederhana!

Untuk memahami konsep branding, pertama-tama kita perlu mengetahui produk dan merek apa itu. Ayo pergi!

Daftar isi
Definisi produk
Definisi merek
Definisi branding.
Kesimpulan
Definisi produk

“Secara luas, suatu produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan, termasuk barang fisik, layanan, pengalaman, acara, orang, tempat, properti, organisasi, informasi, dan ide” (Kotler & Keller, 2015 ).

Ini berarti bahwa suatu produk dapat berupa apa saja dari menginap di hotel, penerbangan, kursus bahasa, hingga pakaian, makanan, sikat gigi dll.

Untuk mengilustrasikan definisi suatu produk dan peran yang didudukinya dalam mendefinisikan branding, kita akan menggunakan contoh air:

Air adalah sumber daya gratis yang dibutuhkan setiap manusia untuk hidup dan bertahan hidup. Namun itu menjadi produk pada hari manusia dan perusahaan mulai mengkomersialkannya, misalnya dengan menjual air mineral dalam botol kaca dan plastik.

Apa itu Mencering Contoh Air
Apa itu Botol Air Branding
Tapi air selalu terlihat sama, bukan? Ini cair dan transparan. Jadi, bagaimana perusahaan yang berbeda dapat menjual produk yang sama tetapi masih meyakinkan orang untuk membeli air botolan mereka, bukan yang dari kompetisi?

Jawabannya adalah: dengan membuat merek.

Definisi merek

“Sebuah merek adalah nama, istilah, desain, simbol, atau fitur lain yang mengidentifikasi satu barang atau layanan dari penjual yang berbeda dari penjual lainnya” (American Marketing Association).

Anda dapat mempertimbangkan merek sebagai ide atau gambar yang ada dalam pikiran orang ketika memikirkan produk, layanan, dan kegiatan tertentu dari suatu perusahaan, baik secara praktis (misalnya “memiliki berat badan”) dan cara emosional (mis. ” Sepatu membuat saya merasa kuat “). Oleh karena itu bukan hanya fitur fisik yang membuat merek tetapi juga perasaan yang dikembangkan konsumen terhadap perusahaan atau produknya. Kombinasi isyarat fisik dan emosional ini dipicu ketika terpapar pada nama, logo, identitas visual, atau bahkan pesan dikomunikasikan.

Produk dapat dengan mudah disalin oleh pemain lain di pasar, tetapi sebuah merek akan selalu unik. Sebagai contoh, rasa Pepsi dan Coca-Cola sangat mirip, namun untuk beberapa alasan, beberapa orang merasa lebih terhubung dengan Coca-Cola, yang lain ke Pepsi.

Mari kita ilustrasikan ini lagi dengan contoh air kita. Produk yang dijual adalah air, tetapi untuk meyakinkan orang untuk membeli air tertentu, perusahaan mengembangkan berbagai merek air, seperti Evian, Perrier, Fiji atau Volvic. Dan masing-masing merek ini memberikan arti yang berbeda dengan air produk:
– Evian membuatmu merasa muda
– Perrier menyegarkan, menggelegak dan seksi
– Air Fiji murni, sehat dan alami
…dan seterusnya.

merek air-what-is-branding
Pada akhirnya, sebuah merek adalah perasaan seseorang tentang produk atau perusahaan tertentu. Setiap orang menciptakan versinya sendiri, dan beberapa merek menambah atau mengurangi popularitas karena bagaimana perasaan konsumen tentang mereka.

Definisi branding.

Apa itu?

“Branding adalah endowing produk dan layanan dengan kekuatan merek” (Kotler & Keller, 2015)

Branding adalah proses pemberian makna pada organisasi, perusahaan, produk atau layanan tertentu dengan menciptakan dan membentuk merek dalam pikiran konsumen. Ini adalah strategi yang dirancang oleh organisasi untuk membantu orang dengan cepat mengidentifikasi dan mengalami merek mereka, dan memberi mereka alasan untuk memilih produk mereka di atas kompetisi, dengan mengklarifikasi apa merek khusus ini dan tidak.

Tujuannya adalah untuk menarik dan mempertahankan pelanggan setia dan pemangku kepentingan lainnya dengan memberikan produk yang selalu selaras dengan apa yang dijanjikan merek.

Siapa yang mempengaruhi?

Konsumen: Seperti dibahas di atas, sebuah merek memberi konsumen dengan shortcut pengambilan keputusan ketika merasa ragu-ragu tentang produk yang sama dari berbagai perusahaan.
Karyawan / Pemegang Saham / pihak ketiga: Selain membantu konsumen untuk membedakan produk serupa, strategi branding yang sukses juga menambah reputasi perusahaan. Aset ini dapat memengaruhi berbagai orang, dari konsumen hingga karyawan, investor, pemegang saham, penyedia, dan distributor. Sebagai contoh, jika Anda tidak suka atau tidak merasa terhubung dengan merek, Anda mungkin tidak ingin bekerja untuk itu. Namun, jika Anda merasa seperti merek memahami Anda dan menawarkan produk yang menginspirasi Anda, Anda mungkin ingin bekerja untuk itu dan menjadi bagian dari dunianya.
Bagaimana itu bisa dilakukan?

Perusahaan cenderung menggunakan alat yang berbeda untuk membuat dan membentuk merek. Misalnya, branding dapat dicapai melalui:

Definisi Merek: Tujuan, Nilai, Janji
Posit merek

pernyataan ioning.
Identitas merek: nama, nada suara, desain identitas visual (yang meliputi desain logo, palet warna, tipografi …)
Periklanan dan Komunikasi: TV, radio, majalah, iklan luar ruangan, situs web, aplikasi seluler …
Mensponsori dan kemitraan
Desain Produk dan Pengemasan
Pengalaman di dalam toko
Pengalaman Workspace dan Gaya Manajemen
Pelayanan pelanggan
Strategi penetapan harga
Dalam contoh kami dari air branding, desain kemasan, dan periklanan mungkin adalah alat paling kuat yang digunakan oleh pemasar:

Desain kemasan adalah salesman diam yang akan mengambil perhatian konsumen yang sibuk di dalam toko. Ini memberi tahu konsumen tentang sifat-sifat produk dan secara visual membedakan merek dari kompetisi di rak.

Contoh yang menarik adalah air Fiji, yang berhasil membuat desain botol yang dengan sempurna mencerminkan nilai merek: kemurnian tercermin melalui efek transparansi, dan sifat dianggap melalui citra bunga tropis dan daun di latar belakang.

Namun, akan baik untuk merek untuk mempertimbangkan kemasan kaca, bukan plastik. Ini akan lebih diselaraskan dengan gambar alami yang mereka potret dan menjadi lebih baik untuk planet ini. Kemasan bukan hanya tentang desain. Materi yang dipilih juga dapat berdampak pada merek.

fiji-air-kemasan-what-is-branding
Periklanan adalah alat yang ampuh untuk membuat dan membentuk semesta merek karena sangat visual dan menceritakan sebuah kisah tentang produk / perusahaan. Berikut adalah beberapa contoh air branding melalui iklan:

Evian membuat Anda merasa muda:

Perrier menyegarkan, menggelegak dan seksi:

Air Fiji murni, sehat dan alami:

Kesimpulan

Dengan kata-kata yang sangat sederhana, suatu produk adalah apa yang Anda jual, sebuah merek adalah gambar yang dirasakan dari produk yang Anda jual, dan branding adalah strategi untuk membuat gambar itu.

Saya harap artikel ini membantu Anda memiliki gagasan yang lebih jelas tentang cara branding apa. Jika Anda memiliki komentar atau saran untuk meningkatkan artikel, jangan ragu untuk berbagi pemikiran Anda di komentar di bawah ini!

Sumber: Kotler & Keller: Manajemen Pemasaran (2015), American Marketing Association (AMA)

+++

Branding adalah praktik pemasaran untuk secara aktif membentuk merek Anda. Itulah definisi dasar, tetapi ada lebih banyak lagi yang masuk ke dalamnya.

Branding adalah apa yang dibutuhkan bisnis Anda untuk menerobos kekacauan dan menarik perhatian pelanggan ideal Anda. Inilah yang mengubah pembeli pertama kali menjadi pelanggan seumur hidup dan mengubah audiens yang acuh tak acuh menjadi penginjil merek. Itulah yang Anda butuhkan untuk menonjol, memberi dampak, dan membawa bisnis Anda ke tingkat berikutnya.

Ilustrasi elemen branding
Ilustrasi oleh Orange Crush
Dengan kata lain, jika Anda ingin bisnis Anda sukses, branding tidak bisa ditawar.

Tapi mengapa, tepatnya, branding begitu penting? Apa artinya? Dan bagaimana Anda memberi merek bisnis Anda dengan cara yang akan berdampak nyata pada audiens Anda? Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi apa itu branding dan bagaimana bisnis Anda dapat menuai manfaatnya dengan cara yang paling efektif.

Apa yang dimaksud dengan branding?

Ilustrasi gaya sketsa pembuatan tembikar tanah liat
Branding adalah tindakan yang Anda ambil untuk membentuk merek Anda. Ilustrasi oleh petiteplume.
Branding telah ada sejak 350 M dan berasal dari kata “Brandr”, yang berarti “membakar” dalam bahasa Norse Kuno. Pada tahun 1500-an, itu berarti tanda yang dibakar oleh peternak pada ternak untuk menandakan kepemilikan—pendahulu dari logo modern.

Namun branding hari ini jauh lebih dari sekedar tampilan atau logo. Itu datang untuk menandakan reaksi “firasat” emosional yang dapat diperoleh perusahaan dari pelanggannya.

Merek Anda adalah kumpulan persepsi yang dimiliki orang tentang perusahaan Anda. Tetapi branding adalah serangkaian tindakan yang Anda ambil untuk mengembangkan merek itu.

Dengan kata lain, merek Anda adalah kata benda, tetapi merek adalah kata kerja. Saat Anda mendesain logo, itulah branding. Saat Anda mengembangkan suara merek Anda, itulah branding. Saat Anda berkumpul dengan tim pemasaran untuk melakukan brainstorming kampanye iklan, itulah branding.

Tindakan apa pun yang Anda ambil untuk membentuk merek Anda, singkatnya, adalah pencitraan merek.

Mengapa merek begitu penting?

Branding itu penting karena:

Membantu Anda menonjol dari kompetisi. Tidak masalah jenis perusahaan apa yang Anda miliki, industri apa yang Anda geluti, atau jenis pelanggan apa yang Anda cari—jika Anda berbisnis, Anda menghadapi persaingan yang serius. Pencitraan merek membantu Anda menetapkan cara di mana Anda berbeda, istimewa, dan unik. Dan itu menunjukkan kepada pelanggan Anda mengapa mereka harus bekerja dengan Anda daripada pesaing Anda.
Ilustrasi dua sahabat bersepeda tandem
Branding adalah tentang membuat koneksi. Ilustrasi oleh Ulfvidh.
Membangun pengenalan merek. Jika Anda ingin membangun merek yang sukses, Anda harus dapat dikenali. Pencitraan merek yang tepat (termasuk mendesain logo, situs web, dan aset merek lainnya yang berdampak) membantu Anda mengukir gaya yang berbeda, dan itu meningkatkan pengenalan merek Anda di pasar.
Menciptakan pengalaman merek yang konsisten untuk pelanggan Anda. Agar bisnis Anda berhasil, Anda perlu memberikan pengalaman yang konsisten bagi pelanggan Anda bagaimanapun mereka berinteraksi dengan merek Anda—baik itu melalui situs web Anda, pada acara tatap muka, atau dengan mengikuti akun media sosial Anda. Pencitraan merek memungkinkan Anda untuk mengontrol bagaimana orang memandang dan mengalami merek Anda—dan Anda dapat memastikan bahwa persepsi dan pengalaman tetap konsisten di semua batu uji merek Anda.
Memicu koneksi dengan audiens Anda dan mengubah audiens itu menjadi pelanggan setia. Bisnis yang paling sukses adalah bisnis yang menumbuhkan hubungan emosional dengan audiens mereka. Hubungan emosional itulah yang mengubah prospek menjadi pelanggan dan pelanggan menjadi penggemar merek. Dan bagaimana Anda membuat dan membangun koneksi itu? Merek. Strategi branding yang berbeda (seperti mengemas pukulan emosional dengan suara merek Anda atau memanfaatkan psikologi warna saat mendesain logo Anda) dapat membantu Anda terhubung dengan audiens Anda pada tingkat yang lebih dalam dan menciptakan rasa loyalitas terhadap merek Anda.
Ilustrasi karakter zebra yang funky
Branding Anda harus membuat Anda menonjol sambil tetap konsisten. Maskot oleh fuad77.
Apa saja elemen branding?

Ini adalah elemen branding yang perlu Anda buat untuk mengembangkan bagaimana bisnis Anda dirasakan oleh pelanggan:

Pernyataan misi dan nilai merek. Pernyataan misi dan nilai merek Anda adalah dasar untuk merek Anda. Pikirkan misi Anda sebagai otak dari operasi—pernyataan singkat dan ringkas yang mendefinisikan keadaan dan tujuan organisasi Anda saat ini. Sementara itu, visi perusahaan Anda adalah jantungnya, memberikan gambaran inspirasional dan motivasional tentang apa yang ingin Anda capai dalam jangka panjang.
Pencitraan Daun Sosial
Desain merek oleh sheva™
Pedoman merek. Dengan pernyataan misi dan visi yang ditetapkan sebagai pilar organisasi Anda, strategi merek Anda mencakup semua yang ada di antaranya. Ini akan berbentuk pedoman merek (juga dikenal sebagai “kitab merek” Anda). Pedoman ini terdiri dari dokumen nyata yang akan mencerminkan dan mendukung tujuan bisnis Anda, membedakan Anda dari pesaing,

Open chat