Menerjemahkan website otomatis tentu menjadi hal yang sangat membantu, bukan?

Anda tentu ingin membaca website berbahasa asing yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Anda, khususnya apabila Anda belum menguasai bahasa asing tersebut.

Google Translate (Google Terjemahan) dapat membantu Anda lebih jauh. Bukan sekadar satu laman dari sebuah website atau metode copy paste konten lalu diterjemahkan dalam kotak terjemahan otomatis biasa, lebih dari itu.

Anda dapat melakukan browsing pada seluruh bagian website tersebut dalam bahasa yang Anda pilih secara otomatis, dengan tetap mempertahankan tampilan website, dan bahkan mengganti bahasa ketika melakukan browsing.

Namun demikian, terdapat peringatan untuk Anda perhatikan.

PERINGATAN:

Sebagaimana perangkat penerjemahan online lainnya, Google Translate tidaklah sempurna, sebagaimana pernah kami ulas sebelumnya di artikel berjudul “Machine Translation? Waspadai kesalahan! (1)” dan “Jasa Penerjemah Murah : Elektronik atau Manual, 100% Manusia?” Google Translate memang memiliki reputasi yang baik untuk akurasi kata per kata, dan terus melakukan pengayaan perbendaharaan frasa, namun memang masih didapati beberapa kekeliruan. Jadi, Anda perlu menggunakannya dengan penuh perhatian. Google Translate mungkin akan mencukupi untuk browsing biasa atau sederhana –sebagai contoh, apabila Anda hanya ingin melihat seperti apa tampilan sebuah website dalam bahasa Arab atau China-, namun Anda perlu sangat berhati-hati apabila bergantung pada penerjemahan online ini untuk hal-hal yang official. Gunakan bantuan professional translator sebagai solusinya, salam Excellent! 🙂

Nah, apabila Anda sudah memahami peringatan tersebut, Anda dapat beralih ke langkah-langkah selanjutnya.

Untuk menerjemahkan keseluruhan website dengan Google Translate, ikuti langkah-langkah berikut dan lihat pada Gambar 1 sebagai acuan:

1. Buka web browser lalu menuju ke laman translate.google.com. Anda tidak harus memiliki akun Google untuk mengaksesnya, karena telah disediakan gratis untuk siapapun.

2. Pada text box di sisi kiri, ketikkan secara lengkap URL (termasuk http:// atau https://) dari website yang Anda ingin lihat atau kunjungi.

3. Di sisi kanan, pilih bahasa yang Anda inginkan untuk berada di website yang hendak Anda lihat.

4. Klik URL yang berada di sisi kanan untuk membuka jendela baru berisikan website yang sudah diterjemahkan!

Situs web yang diterjemahkan telah muncul! (Lihat Gambar 2). Anda dapat menjelajahi seluruh situs web dalam bahasa itu dengan mengeklik berbagai tautan dalam situs –selama Anda tetap berada dalam tampilan penggunaan Google Translate.

Toolbar Terjemahan di bagian atas memungkinkan Anda melakukan beberapa hal lain:

1. Dari menu “To”/”Ke” yang akan muncul menurun ke bawah, Anda dapat mengubah bahasa terjemahan dengan cepat.

2. Di samping “View”/”Tampilan”, Anda dapat beralih antara website yang diterjemahkan dan situs dalam bahasa aslinya.

Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa beberapa kata dan frasa tidak diterjemahkan. Google Translate hanya menerjemahkan teks yang sesungguhnya pada laman website, dan telah teridentifikasi sebagai kata dalam bahasa tujuan.

Teks apa pun yang muncul sebagai gambar dan tidak teridentifikasi tidak akan diterjemahkan. Itulah sebabnya, pada Gambar 2, hal-hal seperti logo Excellent dan teks singkatan “DEPLU” tidak diterjemahkan, karena itu adalah gambar atau tidak teridentifikasi sebagai kata dalam bahasa tujuan, dalam hal ini dari bahasa Indonesia ke bahasa Mandarin.

Selamat mencoba, dan Salam Excellent!