Jika Anda ingin mengetahui cara mempelajari suatu bahasa secara otodidak, penelitian telah mengungkapkan bahwa pembelajaran melalui kisah/cerita adalah cara terbaik untuk belajar bahasa. Membaca sebuah cerita bisa menjadi bentuk hiburan yang menyenangkan, dan ketika digunakan sebagai salah satu sumber pembelajaran bahasa, maka dapat menggabungkan antara hiburan dengan pembelajaran melalui berkisah, mendengar kisah, atau membacanya.

Tidak banyak yang benar-benar menyukai pembelajaran sebuah buku teks tata bahasa atau bahkan mendengarkan seorang guru berpanjang lebar menjelaskan kaidah-kaidah bahasa, sehingga tidak ada pilihan yang lebih baik daripada menggunakan cerita-cerita untuk meningkatkan kosa kata dan setidaknya menggunakannya sebagai salah satu dari banyak sumber pembelajaran bahasa.

Bercerita adalah cara untuk membuat para pendengar tetap bersama-sama mengikuti alur sementara cerita yang disampaikan sering kali merupakan makna-makna yang penulis tangkap dari kehidupan dan bagaimana suatu perasaan itu muncul dari daerah asalnya. Cerita, baik nyata maupun yang fiksi, cenderung menangkap imajinasi dan membuat pembaca tetap fokus pada alur cerita dan memperkirakan apa yang akan terjadi selanjutnya. Cara pembelajaran bahasa itu juga akan terasa lebih mudah jika Anda mengambil buku cerita dalam bahasa yang ingin Anda pelajari, dan tidak lama Anda akan menyadari bahwa ini adalah cara yang memudahkan untuk mempelajari suatu bahasa.

Jika Anda dalam keadaan tenang dan bahagia, Anda memiliki kesempatan yang jauh lebih tinggi untuk belajar bahasa asing secara otodidak daripada ketika Anda sedang dalam keadaan bosan dan cemas. Saat Anda membaca atau mendengarkan cerita, Anda memiliki kesempatan untuk menumbuhkan banyak kosakata dalam bahasa target Anda.

Jika Anda memilih buku untuk pemula dalam bahasa yang Anda pilih, Anda seharusnya mendapatkan setidaknya 4.500 kata-kata baru dalam bahasa asing selama membacanya. Sepanjang waktu membaca, banyak dari kata-kata ini akan diulang berkali-kali memberikan kesempatan bagi kesempatan untuk mengingatnya dan membangun pengetahuan Anda tentang makna kosa kata. Ini menunjukkan bagaimana cerita adalah cara yang baik untuk meningkatkan kosa kata.

Saat membaca sebuah cerita dalam bahasa yang Anda pilih, kosakata digunakan dalam suatu konteks sehingga Anda mengetahui bagaimana setiap kata, frasa, preposisi dan kata kerja dalam sebuah cerita digunakan. Anda tentu ingin menambah kata baru dan melihat bagaimana kata itu digunakan serta aturan tata bahasanya tanpa perlu dihafalkan dengan begitu disengaja. Ini semua bisa diperoleh dalam cerita karena Anda akan mengambilnya dalam teks cerita seiring Anda mengikuti alurnya.

Terakhir, motivasi adalah salah satu kunci keberhasilan pembelajaran, termasuk pembelajaran bahasa. Sebuah cerita adalah di antara cara terbaik untuk belajar bahasa karena dapat sekaligus menjadi motivator yang hebat ketika Anda mendapatkan alur cerita yang tepat. Anda tak sabar untuk mencoba?

Salam Excellent!

Adapted from aussietranslation

Open chat