Studi Menemukan Interpretasi Emoji Tidak Universal

Ketika emoji pertama kali dirilis, diharapkan bahwa simbol-simbol tersebut akan menjadi bahasa universal, dengan kemampuan untuk melampaui perbedaan budaya dan perbatasan.

Baru-baru ini, para peneliti telah menemukan bahwa beberapa emoji ditafsirkan secara sangat berbeda. Ini berarti bahwa miskomunikasi terjadi ketika digunakan. Bahkan penerjemah pemasaran profesional tidak dapat mengartikan emoji menggunakan cara yang sama.


Misalnya, ditemukan bahwa ketika individu menerima emoji yang menunjukkan wajah yang mengekspresikan air mata sukacita, beberapa penerima menafsirkannya secara positif, sementara yang lain melihatnya secara negatif. Tampaknya penelitian ini juga mengungkapkan bahwa hanya 4,5% dari pesan emoji diterima secara konsisten dengan cara yang sama. Tercatat hingga 25% memiliki reaksi yang sama sekali berbeda untuk beberapa emoji.

Selain itu, cara emoji diterima adalah hal yang penting; misalnya ada reaksi yang berbeda, tergantung pada apakah emoji diterima melalui iPhone atau Samsung Galaxy.


Eksperimen telah dilakukan menggunakan “wajah yang menyeringai dengan mata yang tersenyum.” Tampaknya reaksi terhadap senyuman mata dan wajah yang menyeringai dalam situasi kehidupan nyata sangat berbeda dengan yang digunakan dalam emoji. 

Seorang mahasiswa Ph.D dari universitas Minnesota (AS) percaya bahwa tanggapan yang berbeda ini disebabkan karena emoji menjadi bagian yang relatif baru dari bahasa dan komunikasi.


Tampaknya ada teori bahwa orang membangun makna bersama menggunakan berbagai jenis metode komunikasi. Pemahaman ini berkembang dari waktu ke waktu dan perlu beberapa saat sebelum orang-orang tertentu apakah mereka memiliki bahasa, wilayah geografis, atau budaya yang sama sebelum mereka menerima bentuk komunikasi baru. Masalahnya adalah penerjemahan profesional tidak diperlukan antar komunikator karena emoji seharusnya mewakili pesan, dan tidak ada kata-kata yang menyertainya.


Telah disarankan bahwa salah satu cara untuk memastikan pemahaman universal adalah dengan menyusun kamus atau menggunakan emojipedia.com sehingga orang dapat memahami dan menerima makna universal emoji.


Jika emoji ini terus menimbulkan kesalahpahaman, komunikator harus tetap menggunakan bahasa verbal, atau barangkali diperlukan penerjemah emoji? 🙂

Salam Excellent!

Adapted from: Aussietranslation

Open chat