Apa itu Konten Kreator? (+Cara Meningkatkan Keterampilan Pembuatan Konten Anda)

Ekonomi Kreator
Apa itu pencipta? Jangan khawatir, ini bukan pemikiran filosofis tentang agama dan spiritualitas. Kami berbicara tentang pembuat konten di sini. Anda mungkin pernah mendengar istilah itu sebelumnya, tetapi apa sebenarnya artinya? Siapa yang dianggap sebagai pencipta dan apa yang mereka lakukan?

Konten sangat penting untuk menciptakan kehadiran online yang kuat untuk bisnis Anda dan itu benar-benar dapat membuat perbedaan pada keuntungan Anda. Misalnya, pemasar yang berupaya dalam blogging 13X lebih mungkin untuk melihat ROI positif dari upaya pemasaran mereka (HubSpot). Dan, menurut Oracle, pemasaran konten menghasilkan 3X lebih banyak prospek per dolar yang dihabiskan.

Pembuat konten dapat membantu merek Anda meningkatkan kesadaran, mendapatkan lebih banyak prospek, dan meningkatkan penjualan. Dalam artikel ini, kami akan membagikan dengan tepat apa itu kreator dan jenis kreator yang tersedia.

Konten Terkait:
9 Alat Pembuatan Konten Terkemuka untuk Influencer Instagram di tahun 2020
23 Jenis Materi Pemasaran Konten untuk Membantu Bisnis Anda Tumbuh
5 Cara Merek Dapat Meningkatkan Strategi Kontennya
Apa Itu Kreator dan Bagaimana Meningkatkan Keterampilan Pembuatan Konten Anda:
Apa itu Pencipta?
Jenis Pencipta
Pembuat Konten Web
️ Pembuat YouTube
️ Pembuat Podcast
Pencipta Media Sosial
👍 Apa yang Membuat Pembuat Konten Hebat?
Pertanyaan yang Sering Diajukan
Apa itu Pencipta?

Pembuat konten adalah seseorang yang menghasilkan konten menghibur atau mendidik yang memenuhi minat dan mengatasi tantangan audiens target tertentu. Konten ini dapat mengambil banyak bentuk termasuk:

Blog dan artikel
Artikel berita industri
Gambar dan infografis
Video dan tangkapan layar
Audio dan podcast
Surel
Media sosial
Pembuat konten dapat membuat konten online dan offline, tetapi dalam artikel ini, kami akan berfokus pada pembuatan konten digital.

Pembuat konten berpengalaman tahu bahwa konten merek Anda harus selaras dengan strategi merek Anda dan sesuai dengan suara merek Anda. Pembuat konten ini berpengalaman dalam membuat konten berbasis kinerja yang akan membantu merek Anda membangun kepercayaan, otoritas, dan kredibilitas sambil mencapai tujuan akhir untuk menghasilkan lebih banyak penjualan atau konversi.

Jenis Pencipta

Pembuat konten mencakup berbagai platform, saluran, dan pendekatan untuk berkreasi. Kami akan membahas 4 jenis pembuat konten:

Pembuat konten web
pembuat YouTube
Pembuat podcast
Pencipta media sosial
Pembuat Konten Web
Ketika kami berbicara tentang pembuat konten web, kami mengacu pada mereka yang menggunakan konten tertulis seperti halaman arahan, posting blog, salinan penjualan, dan banyak lagi. Pembuat konten ini bisa menjadi generalis yang bekerja di berbagai jenis konten atau mereka bisa menjadi spesialis yang memilih untuk hanya menulis jenis konten tertentu.

Setiap jenis konten memiliki tujuannya sendiri, tetapi pada intinya, konten tertulis dimaksudkan untuk menginformasikan dan mendidik pembaca tentang suatu produk atau layanan, berbagi mengapa itu berguna dan bagaimana menggunakannya, dan mendorong pembaca ke arah konversi (baik secara langsung atau tidak langsung). Sebagian besar waktu, pembuat konten mengubah konten menjadi jenis konten lain untuk menghasilkan lebih banyak prospek dan minat.

 

Berikut adalah beberapa jenis konten yang mungkin dikerjakan oleh pembuat konten web:

Blog

Blogging adalah jenis konten web yang paling umum. Bisnis menggunakan blog mereka untuk meningkatkan SEO dan meningkatkan kemungkinan situs mereka ditemukan dalam pencarian web untuk kata kunci yang relevan. Blog juga dapat dimonetisasi menggunakan iklan di tempat atau pemasaran afiliasi.

Daftar periksa

Daftar periksa adalah konten ramah pengguna yang digunakan pembuat konten untuk memberikan petunjuk langkah demi langkah atau panduan yang mudah diikuti bagi pembaca tentang proses tertentu. Menyajikan proses kompleks dalam daftar periksa membuatnya terasa lebih mudah didekati dan meningkatkan kemungkinan pembaca akan berhasil menyelesaikan tugas.

Buku Putih

Kertas putih biasanya konten panjang yang digunakan untuk memberikan informasi rinci kepada calon pelanggan serta untuk mengatur penulis (atau perusahaan mereka) sebagai otoritas pada suatu subjek.

eBuku

Mirip dengan kertas putih, eBook adalah jenis konten panjang lainnya yang memberikan nilai kepada audiens Anda. Sementara kertas putih dapat digunakan sebagai alat penjualan, eBook umumnya tidak. Sebaliknya, mereka digunakan untuk memberikan nilai dan membangun kepercayaan.

Studi kasus

Studi kasus adalah jenis konten web umum lainnya. Mereka menampilkan klien tertentu yang telah menikmati kesuksesan dengan produk atau layanan bisnis. Ini dilakukan dengan mengungkapkan aplikasi kehidupan nyata dari suatu produk atau layanan. Studi kasus adalah bentuk bukti sosial yang menunjukkan kepada calon pelanggan tentang keberhasilan yang diperoleh pelanggan Anda dengan produk dan layanan Anda.

️ Pembuat YouTube
YouTube dimulai pada tahun 2005 sebagai kolaborasi antara 3 mantan pekerja PayPal dan telah berkembang menjadi situs web terbesar kedua di internet, setelah Google. YouTube juga merupakan mesin pencari terbesar kedua di internet, sekali lagi, setelah Google. Ini menjadi platform masuk untuk pembuat konten video dan ada beberapa Yo

Influencer uTube yang telah membuat nama untuk diri mereka sendiri di platform.

Pembuat konten YouTube sangat beragam dalam topik yang mereka liput, bagaimana mereka berintegrasi ke dalam komunitas YouTube, dan cara mereka mendekati pembuatan konten. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat ingin menjadi pembuat konten YouTube atau mencoba menemukannya untuk merek Anda:

Ukuran

Saluran YouTube yang dikelola oleh pembuat konten YouTube berkisar dari pelanggan satu digit hingga pelanggan dalam puluhan juta. Yang benar-benar penting bagi pembuat YouTube adalah memiliki akun yang aktif. Ini berarti memposting secara teratur dan terlibat dengan pemirsa Anda secara konsisten.

Fokus Saluran

Pembuat konten YouTube dapat menjadi bintang acara mereka atau menjalankan sesuatu dari balik layar, tetapi yang paling umum adalah pembuat konten YouTube tampil di depan kamera.

Produksi

Sementara beberapa pembuat konten YouTube memiliki tim produksi dengan penulis, editor, animator, dan pemasar, sebagian besar pembuat konten YouTube mengambil peran itu sendiri, memproduksi, merekam, mengedit, dan mempromosikan konten mereka sendiri.

Kemitraan

Banyak pembuat konten YouTube mencari kemitraan dengan orang lain di platform serta dengan merek dan sponsor.

 

Jadi, pada dasarnya siapa saja bisa membuat channel YouTube yang sukses, tapi tentu tidak mudah. YouTube memiliki lebih dari 2 miliar pengunjung aktif bulanan, 50 juta di antaranya secara aktif membuat konten. Lebih dari 500 jam konten video diunggah ke platform setiap menit. Ini membuat platform menjadi sangat kompetitif. Namun, mengingat bahwa YouTube telah membayar lebih dari $2 miliar kepada pembuat YouTube selama bertahun-tahun, platform ini dengan jelas memahami nilai influencer YouTube.

Dan orang-orang menyukai pembuat konten YouTube. Faktanya, 75% Milenial lebih suka menonton YouTube daripada menonton televisi. Ini sebagian karena 70% pelanggan YouTube menganggap pembuat konten YouTube lebih relatable daripada selebriti. Mengingat bahwa sebagian besar pembuat konten YouTube adalah wajah saluran mereka dan bekerja dengan tim kecil atau solo, ini seharusnya tidak mengejutkan.

️ Pembuat Podcast

Jika sepertinya semua orang memiliki podcast akhir-akhir ini, itu karena mereka memilikinya. Saat ini ada lebih dari 850.000 podcast aktif dengan lebih dari 30 juta episode, menurut Podcast Insights (2020). Plus, pendengar podcast bulanan meningkat 16% dari 2019 hingga 2020 (Edison Research, 2020). Aman untuk mengatakan bahwa podcast ada di sini untuk tinggal.

Mirip dengan pembuat konten YouTube, pembuat podcast sangat bervariasi dalam topik yang mereka liput, cara mereka terlibat dengan pendengar mereka dan komunitas podcast secara keseluruhan, dan cara mereka mendekati pembuatan podcast. Selain itu, pembuat podcast dapat sepenuhnya melakukan aksi solo atau memiliki tim yang mengerjakan produksi untuk mereka.

Pencipta Media Sosial
Ada beberapa hal yang telah mengubah cara kita terlibat dan berkomunikasi satu sama lain seperti yang dimiliki media sosial. Menurut We Are Social, ada lebih dari 3,4 miliar pengguna media sosial aktif yang menghabiskan hampir 2,5 jam di platform media sosial, menjelajah dan mengirim pesan setiap hari (GlobalWebIndex).

Pembuat media sosial, yang secara luas dikenal sebagai influencer, hebat dalam membangun daftar pengikut yang terlibat. Ini menjadikannya kendaraan yang sempurna untuk berbagi pesan pemasaran Anda.

Jenis konten yang dibuat oleh pembuat media sosial akan bergantung pada platform yang mereka sukai. Influencer Instagram, misalnya, cenderung ke arah kecantikan, kesehatan, kebugaran, dan fashion karena Instagram adalah platform visual. Ini membuatnya sangat mudah untuk memamerkan citra indah yang biasanya terlibat dalam industri tersebut. Twitter, di sisi lain, adalah platform yang sangat baik untuk blogger, politisi, komedian, dan situs berita karena sifatnya yang berbasis teks.

 

Berikut adalah beberapa jenis konten yang dihasilkan oleh pembuat konten media sosial:

Artikel, entri blog, panduan, eBuku, dan lainnya
Gambar-gambar
Video, termasuk Cerita video dan video langsung
Infografis
Testimonial dan ulasan
Kontes
Pengumuman
Konten liburan
GIF
👍 Apa yang Membuat Pembuat Konten Hebat?

Sekarang Anda tahu apa itu pembuat konten, tetapi apa yang membuat seseorang menjadi pembuat konten yang hebat? Berikut adalah 5 hal yang kami temukan untuk membedakan pembuat konten yang “oke” dari mereka yang dibutuhkan sebagai pemimpin pemikiran.

1. Pahami Audiens Anda

Hal terpenting yang dapat Anda lakukan sebagai pembuat konten adalah memahami sepenuhnya audiens target Anda. Ini lebih dalam dari demografi; Anda perlu mengetahui apa yang mendorong orang-orang yang membuat konten untuk Anda. Ketika Anda memahami minat dan motivasi mereka, akan lebih mudah untuk membuat konten yang benar-benar sesuai dengan mereka.

Anda juga harus berbicara tentang audiens target Anda, bukan diri Anda sendiri. Dengan konten Anda, terutama jika Anda mencoba menjual produk, Anda benar-benar menjual versi terbaik diri mereka kepada audiens Anda. Dan Anda tidak dapat melakukannya jika Anda tidak membicarakannya, menggunakan konten Anda untuk menunjukkan kepada mereka bahwa Anda memahami poin-poin rasa sakit mereka dan dapat membantu mereka menyelesaikannya.

2. Tetap Terkini

Ketika Anda seorang pembuat konten, Anda harus terkini dan berpengetahuan tentang konten Anda

industri, termasuk peraturan dan tren. Ini memungkinkan Anda untuk menghubungkan titik-titik antara apa yang terjadi di industri dan bagaimana hal itu berlaku untuk klien Anda. Anda dapat mengikuti perkembangan terbaru dengan mengikuti pemimpin pemikiran di media sosial, menyiapkan peringatan Google untuk berita terbaru, dan membaca publikasi perdagangan apa pun yang relevan dengan niche pilihan Anda.

3. Tingkatkan Keterampilan Menulis Anda

Apa pun jenis konten yang Anda buat, Anda harus menjadi penulis yang baik. Untungnya, ada banyak sekali buku dan sumber daya lain yang ada hanya untuk membantu Anda menjadi penulis yang lebih baik. Alat seperti Grammarly dan Hemingway akan memberi Anda wawasan penting tentang tata bahasa, ejaan, dan pilihan kata Anda, sementara Elements of Style Strunk & White adalah panduan gaya yang hebat.

Namun, jangan berhenti hanya untuk meningkatkan keterampilan penelitian dan mekanika penulisan Anda. Bercerita sangat penting bagi pembuat konten. Stories That Stick oleh Kindra Hall adalah buku khusus untuk pemasar konten yang membahas tentang penggunaan storytelling untuk memikat dan memengaruhi audiens target Anda.

4. Buat Banyak

Lebih banyak konten = lebih banyak lalu lintas = lebih banyak konversi.

Membuat konten untuk diri sendiri bukanlah sesuatu yang Anda lakukan hanya ketika Anda punya waktu. Semakin banyak konten yang Anda hasilkan, semakin baik peluang Anda untuk ditemukan oleh calon klien. Menurut HubSpot, merek yang menerbitkan posting blog 16 kali per bulan mendapatkan lalu lintas hampir 3,5 kali lebih banyak daripada merek yang hanya menerbitkan hingga 4 kali per bulan.

Bahkan jika Anda tidak membuat blog, Anda harus meluangkan waktu untuk membuat dan mempublikasikan di media pilihan Anda sebanyak mungkin. Anda ingin dilihat sebagai pemimpin pemikiran di niche Anda, bukan? Bagaimana Anda bisa melakukannya ketika Anda tidak memiliki pekerjaan yang membuat Anda muncul di hasil pencarian untuk Google, YouTube, dan banyak lagi? Membuat kalender konten adalah cara yang bagus untuk tetap berada di jalur yang benar.

5. Rangkullah Riset Kata Kunci

Membuat konten tidak terjadi dalam ruang hampa. Anda harus terlebih dahulu mengetahui jenis konten apa yang harus dibuat dan bagaimana membuatnya menarik bagi pembaca dan pemirsa. Tetapi Anda juga perlu membuatnya menarik bagi mesin pencari. Meningkatkan keterampilan menulis Anda, seperti yang disebutkan di # 3, adalah langkah pertama yang bagus, tetapi Anda juga perlu bekerja pada pengoptimalan mesin telusur (SEO). Ini membantu Anda secara sadar tentang kata kunci yang digunakan orang untuk menemukan Anda dan konten Anda.

Saat Anda membuat konten untuk diri sendiri, pikirkan tentang apa yang akan ditelusuri calon pelanggan untuk menemukan Anda. Jika Anda seorang kreator di industri kecantikan yang berfokus pada produk organik atau hijau, misalnya, Anda mungkin ingin menargetkan kata kunci seperti “perawatan kulit organik”, “perawatan kulit hijau”, atau “perawatan kulit berkelanjutan” dan bukan hanya “perawatan kulit.” Perubahan halus dapat membuat perbedaan besar.

Ada alat SEO yang akan membuat proses ini jauh lebih mudah dan membantu Anda menargetkan kata kunci “volume pencarian tinggi, persaingan rendah” yang benar-benar akan membuat konten Anda diberi peringkat. Kami merekomendasikan SEMrush, tetapi Ahrefs, SpyFu, dan bahkan Perencana Kata Kunci Google semuanya adalah alat yang hebat dan bermanfaat.

Kreator Memfasilitasi Percakapan, Komunitas, dan Konversi
Pembuat konten, terlepas dari jenis konten yang mereka buat, memainkan peran penting dalam pemasaran. Untuk merek, pembuat konten yang tepat dapat menempatkan mereka lebih dekat dengan audiens target mereka dan membantu mereka mengembangkan dan mempertahankan hubungan berkualitas tinggi.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apa yang dilakukan pembuat konten?
Pembuat konten membuat konten pendidikan atau menghibur yang memenuhi minat dan menangani masalah audiens target tertentu. Konten yang mereka buat dapat digunakan secara offline atau online. Mereka dapat bekerja di berbagai saluran dan platform seperti media sosial, podcast, YouTube, atau situs web. Beberapa jenis konten paling umum yang dapat mereka buat termasuk posting blog, eBook, video YouTube, podcast, panduan, dan infografis.
Apa manfaat bekerja dengan pembuat konten?
Apa yang membuat pembuat konten bagus?
Apakah blog efektif untuk pemasaran?
Apakah sulit untuk membuat saluran YouTube yang sukses?

 

Open chat