Branding adalah praktik pemasaran untuk secara aktif membentuk merek Anda. Itulah definisi dasar, tetapi ada lebih banyak lagi yang masuk ke dalamnya.

Branding adalah apa yang dibutuhkan bisnis Anda untuk menerobos kekacauan dan menarik perhatian pelanggan ideal Anda. Inilah yang mengubah pembeli pertama kali menjadi pelanggan seumur hidup dan mengubah audiens yang acuh tak acuh menjadi penginjil merek. Itulah yang Anda butuhkan untuk menonjol, memberi dampak, dan membawa bisnis Anda ke tingkat berikutnya.

Ilustrasi elemen branding
Ilustrasi oleh Orange Crush
Dengan kata lain, jika Anda ingin bisnis Anda sukses, branding tidak bisa ditawar.

Tapi mengapa, tepatnya, branding begitu penting? Apa artinya? Dan bagaimana Anda memberi merek bisnis Anda dengan cara yang akan berdampak nyata pada audiens Anda? Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi apa itu branding dan bagaimana bisnis Anda dapat menuai manfaatnya dengan cara yang paling efektif.

Apa yang dimaksud dengan branding?

Ilustrasi gaya sketsa pembuatan tembikar tanah liat
Branding adalah tindakan yang Anda ambil untuk membentuk merek Anda. Ilustrasi oleh petiteplume.
Branding telah ada sejak 350 M dan berasal dari kata “Brandr”, yang berarti “membakar” dalam bahasa Norse Kuno. Pada tahun 1500-an, itu berarti tanda yang dibakar oleh peternak pada ternak untuk menandakan kepemilikan—pendahulu dari logo modern.

Namun branding hari ini jauh lebih dari sekedar tampilan atau logo. Itu datang untuk menandakan reaksi “firasat” emosional yang dapat diperoleh perusahaan dari pelanggannya.

Merek Anda adalah kumpulan persepsi yang dimiliki orang tentang perusahaan Anda. Tetapi branding adalah serangkaian tindakan yang Anda ambil untuk mengembangkan merek itu.

Dengan kata lain, merek Anda adalah kata benda, tetapi merek adalah kata kerja. Saat Anda mendesain logo, itulah branding. Saat Anda mengembangkan suara merek Anda, itulah branding. Saat Anda berkumpul dengan tim pemasaran untuk melakukan brainstorming kampanye iklan, itulah branding.

Tindakan apa pun yang Anda ambil untuk membentuk merek Anda, singkatnya, adalah pencitraan merek.

Mengapa merek begitu penting?

Branding itu penting karena:

Membantu Anda menonjol dari kompetisi. Tidak masalah jenis perusahaan apa yang Anda miliki, industri apa yang Anda geluti, atau jenis pelanggan apa yang Anda cari—jika Anda berbisnis, Anda menghadapi persaingan yang serius. Pencitraan merek membantu Anda menetapkan cara di mana Anda berbeda, istimewa, dan unik. Dan itu menunjukkan kepada pelanggan Anda mengapa mereka harus bekerja dengan Anda daripada pesaing Anda.
Ilustrasi dua sahabat bersepeda tandem
Branding adalah tentang membuat koneksi. Ilustrasi oleh Ulfvidh.
Membangun pengenalan merek. Jika Anda ingin membangun merek yang sukses, Anda harus dapat dikenali. Pencitraan merek yang tepat (termasuk mendesain logo, situs web, dan aset merek lainnya yang berdampak) membantu Anda mengukir gaya yang berbeda, dan itu meningkatkan pengenalan merek Anda di pasar.
Menciptakan pengalaman merek yang konsisten untuk pelanggan Anda. Agar bisnis Anda berhasil, Anda perlu memberikan pengalaman yang konsisten bagi pelanggan Anda bagaimanapun mereka berinteraksi dengan merek Anda—baik itu melalui situs web Anda, pada acara tatap muka, atau dengan mengikuti akun media sosial Anda. Pencitraan merek memungkinkan Anda untuk mengontrol bagaimana orang memandang dan mengalami merek Anda—dan Anda dapat memastikan bahwa persepsi dan pengalaman tetap konsisten di semua batu uji merek Anda.
Memicu koneksi dengan audiens Anda dan mengubah audiens itu menjadi pelanggan setia. Bisnis yang paling sukses adalah bisnis yang menumbuhkan hubungan emosional dengan audiens mereka. Hubungan emosional itulah yang mengubah prospek menjadi pelanggan dan pelanggan menjadi penggemar merek. Dan bagaimana Anda membuat dan membangun koneksi itu? Merek. Strategi branding yang berbeda (seperti mengemas pukulan emosional dengan suara merek Anda atau memanfaatkan psikologi warna saat mendesain logo Anda) dapat membantu Anda terhubung dengan audiens Anda pada tingkat yang lebih dalam dan menciptakan rasa loyalitas terhadap merek Anda.
Ilustrasi karakter zebra yang funky
Branding Anda harus membuat Anda menonjol sambil tetap konsisten. Maskot oleh fuad77.
Apa saja elemen branding?

Ini adalah elemen branding yang perlu Anda buat untuk mengembangkan bagaimana bisnis Anda dirasakan oleh pelanggan:

Pernyataan misi dan nilai merek. Pernyataan misi dan nilai merek Anda adalah dasar untuk merek Anda. Pikirkan misi Anda sebagai otak dari operasi—pernyataan singkat dan ringkas yang mendefinisikan keadaan dan tujuan organisasi Anda saat ini. Sementara itu, visi perusahaan Anda adalah jantungnya, memberikan gambaran inspirasional dan motivasional tentang apa yang ingin Anda capai dalam jangka panjang.
Pencitraan Daun Sosial
Desain merek oleh sheva™
Pedoman merek. Dengan pernyataan misi dan visi yang ditetapkan sebagai pilar organisasi Anda, strategi merek Anda mencakup semua yang ada di antaranya. Ini akan berbentuk pedoman merek (juga dikenal sebagai “kitab merek” Anda). Pedoman ini terdiri dari dokumen nyata yang akan mencerminkan dan mendukung tujuan bisnis Anda, membedakan Anda dari pesaing,

beresonansi dengan pelanggan, menyediakan template untuk pengambilan keputusan dan mengendapkan ide untuk kampanye pemasaran di masa depan. Ini juga akan mencakup semua elemen gaya merek Anda, termasuk palet warna, font, dan garis besar suara merek Anda.
Logo. Logo Anda adalah wajah perusahaan Anda dan mendesain logo Anda bisa dibilang satu-satunya branding terpenting yang akan Anda lakukan untuk bisnis Anda. Selama proses desain, pikirkan tentang siapa Anda sebagai sebuah merek dan bagaimana Anda ingin dilihat oleh pelanggan Anda. Gunakan itu untuk mendorong strategi desain Anda.
Situs web. Merancang situs web Anda juga merupakan langkah branding utama. Situs web Anda adalah real estat digital merek Anda dan ketika pelanggan Anda berkunjung, itu harus menarik secara visual, mudah digunakan, dan yang paling penting dari semua cerminan siapa Anda sebagai merek. Mirip dengan logo Anda, lihat panduan merek Anda untuk memilih elemen desain web Anda (seperti tata letak dan font).
Aset tambahan. Tidak ada pendekatan satu ukuran untuk semua untuk branding. Bergantung pada bisnis dan industri Anda, Anda mungkin memerlukan aset tambahan seperti kartu nama, kemasan produk, atau pamflet acara. Nilai bisnis Anda dan kebutuhan unik Anda, lalu kembangkan aset branding tambahan yang sesuai.
Ingin belajar lebih banyak? Inilah cara membuat identitas merek yang solid untuk bisnis Anda.

Merek yang lebih baik berarti pemasaran yang lebih baik

Daftar untuk kursus email gratis 7 hari kami dan pelajari cara membangun identitas merek yang sempurna.
Kami juga akan mengirimkan kiat kreatif, tren, sumber daya, dan promo sesekali (yang dapat Anda pilih kapan saja).

Daftarkan aku!
Dengan mengisi formulir ini, Anda menyetujui Persyaratan Layanan dan Kebijakan Privasi kami. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi Google serta Persyaratan Layanan Google berlaku.
Sebagai aturan umum, produk memiliki siklus hidup yang terbatas, tetapi merek—jika dikelola dengan baik—bertahan selamanya. Dan setelah Anda menentukan dengan tepat siapa Anda sebagai sebuah merek, akan lebih mudah untuk memasarkannya.

Pedoman merek Anda, ditambah dengan riset dan analisis pasar yang sedang berlangsung, akan memberi Anda keuntungan taktis dalam menentukan cara terbaik untuk memasarkan produk Anda. Apakah Anda fokus pada pemasaran tradisional seperti radio dan papan reklame, atau apakah pelanggan potensial Anda lebih terpengaruh oleh video Youtube yang viral dan filter Snapchat? Pemasaran bisa menjadi taktik campuran dan cocok, tetapi berhati-hatilah untuk menyebarkan diri Anda terlalu tipis. Dengan terus-menerus berkonsultasi dengan panduan merek Anda, Anda harus dapat memfokuskan upaya Anda pada taktik yang benar-benar penting.

Pada akhirnya, pemasaran adalah proses yang memberi Anda prospek dan penjualan, tetapi branding adalah fondasi untuk membangun reputasi dan loyalitas pelanggan Anda.

Berdayakan bisnis Anda dengan branding

Satu hal yang ingin Anda ingat adalah bahwa branding adalah kata kerja. Ini adalah tindakan. Jadi, meskipun mungkin tampak menakutkan pada awalnya—mengingat semua perencanaan, aset, dan personel yang digunakan untuk mengembangkan merek yang tak terlupakan—ini juga memberdayakan. Daripada membiarkan orang lain menceritakan kisah Anda, Anda berbicara dengan branding.

Jika Anda pernah merasa tersesat dalam prosesnya, ingatlah bahwa dukungan selalu ada. Setelah Anda menetapkan visi branding Anda, hubungi bantuan desainer profesional untuk menghidupkan branding Anda.

Lihat panduan utama kami untuk branding untuk tips branding lainnya.

+++

Apa itu Pemasaran?
Pemasaran mengacu pada kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mempromosikan pembelian atau penjualan produk atau layanan. Pemasaran mencakup periklanan, penjualan, dan pengiriman produk kepada konsumen atau bisnis lain. Beberapa pemasaran dilakukan oleh afiliasi atas nama perusahaan.

Profesional yang bekerja di departemen pemasaran dan promosi perusahaan berusaha untuk mendapatkan perhatian dari audiens potensial utama melalui iklan. Promosi ditargetkan untuk audiens tertentu dan mungkin melibatkan dukungan selebriti, frasa atau slogan yang menarik, kemasan atau desain grafis yang mudah diingat, dan paparan media secara keseluruhan.

PENGAMBILAN KUNCI
Pemasaran mengacu pada semua kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mempromosikan dan menjual produk atau jasa kepada konsumen.
Pemasaran memanfaatkan “bauran pemasaran”, juga dikenal sebagai empat P—produk, harga, tempat, dan promosi.
Pada intinya, pemasaran berusaha mengambil produk atau layanan, mengidentifikasi pelanggan idealnya, dan menarik perhatian pelanggan pada produk atau layanan yang tersedia.
Memahami Pemasaran
Pemasaran sebagai suatu disiplin melibatkan semua tindakan yang dilakukan perusahaan untuk menarik pelanggan dan memelihara hubungan dengan mereka. Berjejaring dengan klien potensial atau klien sebelumnya juga merupakan bagian dari pekerjaan, dan mungkin termasuk menulis email terima kasih, bermain golf dengan calon klien, membalas telepon dan email dengan cepat, dan bertemu dengan klien untuk minum kopi atau makan.

Pada tingkat yang paling dasar, pemasaran berusaha mencocokkan produk dan layanan perusahaan dengan pelanggan yang menginginkan akses ke produk tersebut. Mencocokkan produk dengan pelanggan pada akhirnya memastikan profitabilitas.

Produk, harga, tempat, dan promosi adalah Empat P pemasaran. Empat P secara kolektif membentuk bauran penting yang dibutuhkan perusahaan untuk memasarkan produk atau layanan. Neil Borden mempopulerkan gagasan bauran pemasaran dan konsep Empat P pada 1950-an.

Gambar oleh Sabrina Jiang © Investopedia 2020
Produk
Produk mengacu pada barang atau barang yang direncanakan bisnis untuk ditawarkan kepada pelanggan. Produk harus berusaha untuk memenuhi ketidakhadiran di pasar, atau memenuhi permintaan konsumen untuk jumlah yang lebih besar dari produk yang sudah tersedia. Sebelum mereka dapat menyiapkan kampanye yang tepat, pemasar perlu memahami produk apa yang dijual, bagaimana menonjol dari pesaingnya, apakah produk tersebut juga dapat dipasangkan dengan produk sekunder atau lini produk, dan apakah ada produk pengganti di pasar. .

Harga
Harga mengacu pada berapa banyak perusahaan akan menjual produk. Ketika menetapkan harga, perusahaan harus mempertimbangkan harga biaya per unit, biaya pemasaran, dan biaya distribusi. Perusahaan juga harus mempertimbangkan harga produk pesaing di pasar dan apakah titik harga yang diusulkan cukup untuk mewakili alternatif yang masuk akal bagi konsumen.

Tempat
Tempat mengacu pada distribusi produk. Pertimbangan utama termasuk apakah perusahaan akan menjual produk melalui etalase fisik, online, atau melalui kedua saluran distribusi. Ketika dijual di etalase, penempatan produk fisik seperti apa yang didapatnya? Jika dijual online, penempatan produk digital seperti apa yang didapat?

Promosi
Promosi, P keempat, adalah kampanye komunikasi pemasaran terpadu. Promosi mencakup berbagai kegiatan seperti periklanan, penjualan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, pemasaran langsung, sponsorship, dan pemasaran gerilya.

Promosi bervariasi tergantung pada tahap siklus hidup produk dimana produk tersebut berada. Pemasar memahami bahwa konsumen mengaitkan harga dan distribusi produk dengan kualitasnya, dan mereka mempertimbangkan hal ini ketika merancang strategi pemasaran secara keseluruhan.

Pemasaran mengacu pada setiap kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempromosikan pembelian atau penjualan layanan.
Pertimbangan Khusus
Pada 2017, sekitar 62% konsumen membeli barang secara online setiap bulan. Para ahli memperkirakan penjualan online di AS meningkat dari $587 miliar pada 2019 menjadi lebih dari $735 miliar pada 2023.

Dengan mempertimbangkan statistik ini, pemasaran online adalah elemen penting dari strategi pemasaran yang lengkap. Sangat penting bagi pemasar untuk menggunakan alat online seperti media sosial dan iklan digital, baik di situs web dan aplikasi perangkat seluler, dan forum internet. Mempertimbangkan saluran distribusi yang tepat untuk produk yang dibeli secara online juga merupakan langkah penting.

Apa Tujuan Pemasaran?
Tujuan penting pemasaran adalah mendorong pertumbuhan perusahaan. Hal ini dapat dilihat dengan menarik dan mempertahankan pelanggan baru.

Perusahaan dapat menerapkan sejumlah strategi pemasaran yang berbeda untuk mencapai tujuan ini. Misalnya, mencocokkan produk dengan kebutuhan pelanggan dapat melibatkan personalisasi, prediksi, dan pada dasarnya mengetahui masalah yang tepat untuk dipecahkan.

Strategi lain adalah menciptakan nilai melalui pengalaman pelanggan. Hal ini ditunjukkan melalui upaya untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan menghilangkan kesulitan dengan produk atau layanan.

Apakah Empat P Pemasaran?
A

konsep yang umum digunakan di bidang pemasaran, Empat P pemasaran melihat empat elemen kunci dari strategi pemasaran. Empat P terdiri dari produk, harga, tempat, dan promosi.

Apa yang Dapat Membantu Anda Sukses dalam Lanskap Pemasaran Saat Ini?
Berikut adalah berbagai tips dari para ahli tentang cara melakukan pendekatan pemasaran di era digital:

Perusahaan dapat memanfaatkan data untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih relevan dan personal. Selain itu, manfaatkan pengalaman media sosial untuk menumbuhkan hubungan yang lebih kuat dengan audiens Anda.

Manajer Produk Senior di SAP Ratul Shah merekomendasikan untuk berbicara dengan pelanggan dengan empati dan sebagai manusia. Sementara itu, perusahaan juga dapat berusaha membangun komunitas di sekitar merek mereka, kata Mandy Webb, Direktur Pemasaran Sitel.

++

Jenis Pemasaran

Lokasi kampanye pemasaran Anda sepenuhnya bergantung pada di mana pelanggan Anda menghabiskan waktu mereka. Terserah Anda untuk melakukan riset pasar yang menentukan jenis pemasaran — dan campuran alat mana dalam setiap jenis — yang terbaik untuk membangun merek Anda. Berikut adalah beberapa jenis pemasaran yang relevan saat ini, beberapa di antaranya telah teruji oleh waktu:

Pemasaran Internet: Terinspirasi oleh kampanye produk Excedrin yang berlangsung secara online, gagasan untuk hadir di internet untuk alasan bisnis adalah jenis pemasaran itu sendiri.
Optimisasi mesin pencari: Disingkat “SEO”, ini adalah proses mengoptimalkan konten di situs web sehingga muncul di hasil mesin pencari. Ini digunakan oleh pemasar untuk menarik orang yang melakukan penelusuran yang menyiratkan bahwa mereka tertarik untuk mempelajari industri tertentu.
Pemasaran blog: Blog tidak lagi eksklusif untuk penulis individu. Merek sekarang menerbitkan blog untuk menulis tentang industri mereka dan memelihara minat pelanggan potensial yang menelusuri internet untuk mendapatkan informasi.
Pemasaran media sosial: Bisnis dapat menggunakan Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, dan jejaring sosial serupa untuk menciptakan kesan pada audiens mereka dari waktu ke waktu.
Pemasaran cetak: Ketika surat kabar dan majalah semakin memahami siapa yang berlangganan materi cetak mereka, bisnis terus mensponsori artikel, fotografi, dan konten serupa dalam publikasi yang dibaca pelanggan mereka.
Pemasaran mesin pencari: Jenis pemasaran ini sedikit berbeda dari SEO, yang dijelaskan di atas. Bisnis sekarang dapat membayar mesin pencari untuk menempatkan tautan pada halaman indeksnya yang mendapatkan eksposur tinggi kepada audiens mereka. (Ini adalah konsep yang disebut “bayar per klik” — saya akan menunjukkan contohnya di bagian berikutnya).
Pemasaran video: Meskipun dulu hanya ada iklan, pemasar sekarang mengeluarkan uang untuk membuat dan menerbitkan semua jenis video yang menghibur dan mendidik pelanggan inti mereka.
Pemasaran dan Periklanan

Jika pemasaran adalah roda, iklan adalah salah satu yang berbicara tentang roda itu.

Pemasaran memerlukan pengembangan produk, riset pasar, distribusi produk, strategi penjualan, hubungan masyarakat, dan dukungan pelanggan. Pemasaran diperlukan di semua tahap perjalanan penjualan bisnis, dan dapat menggunakan berbagai platform, saluran media sosial, dan tim dalam organisasi mereka untuk mengidentifikasi audiens mereka, berkomunikasi dengannya, memperkuat suaranya, dan membangun loyalitas merek dari waktu ke waktu.

Di sisi lain, periklanan hanyalah salah satu komponen pemasaran. Ini adalah upaya strategis, biasanya dibayar, untuk menyebarkan kesadaran akan produk atau layanan sebagai bagian dari tujuan yang lebih holistik yang diuraikan di atas. Sederhananya, itu bukan satu-satunya metode yang digunakan pemasar untuk menjual produk.

Berikut ini contohnya (lanjutkan membaca, ada kuis di akhir):

Katakanlah sebuah bisnis meluncurkan produk baru dan ingin membuat kampanye yang mempromosikan produk tersebut ke basis pelanggannya. Saluran pilihan perusahaan ini adalah Facebook, Instagram, Google, dan situs web perusahaannya. Ini menggunakan semua ruang ini untuk mendukung berbagai kampanyenya setiap kuartal dan menghasilkan arahan melalui kampanye tersebut.

Untuk menyiarkan peluncuran produk barunya, ia menerbitkan panduan produk yang dapat diunduh ke situs webnya, memposting video ke Instagram yang mendemonstrasikan produk barunya, dan berinvestasi dalam serangkaian hasil pencarian bersponsor di Google yang mengarahkan lalu lintas ke halaman produk baru di situs webnya.

Sekarang, mana dari keputusan di atas yang merupakan pemasaran, dan mana yang merupakan periklanan?

Iklan tersebut dilakukan di Instagram dan Google. Instagram umumnya bukan saluran iklan, tetapi ketika digunakan untuk pencitraan merek, Anda dapat mengembangkan basis pengikut yang siap untuk pengumuman produk yang lembut setiap saat. Google pasti digunakan untuk beriklan dalam contoh ini; perusahaan membayar ruang di Google — sebuah program yang dikenal sebagai bayar per klik (PPC) — untuk mengarahkan lalu lintas ke halaman tertentu yang berfokus pada produknya. Iklan online klasik.

Dimana pemasaran itu dilakukan? Ini sedikit pertanyaan jebakan, karena pemasaran adalah keseluruhan prosesnya. Dengan menyelaraskan Instagram, Google, dan situs webnya sendiri di sekitar inisiatif yang berfokus pada pelanggan, perusahaan menjalankan kampanye pemasaran tiga bagian yang mengidentifikasi audiensnya, membuat pesan untuk audiens itu, dan mengirimkannya ke seluruh industri untuk memaksimalkan dampaknya.

4P Pemasaran

Pada tahun 1960-an, E Jerome McCarthy mengemukakan 4 P pemasaran: produk, harga, tempat, promosi.

Pada dasarnya, 4 P ini menjelaskan bagaimana pemasaran berinteraksi dengan setiap tahap bisnis.

Produk

Katakanlah Anda memiliki ide untuk produk yang Anda ingin bisnis Anda jual. Apa berikutnya? Anda mungkin tidak akan berhasil jika Anda hanya mulai menjualnya.

Sebaliknya, Anda memerlukan tim pemasaran Anda untuk melakukan riset pasar dan menjawab beberapa pertanyaan penting: Siapa audiens target Anda? Apakah ada pasar yang cocok untuk produk ini? Pesan apa yang akan meningkatkan penjualan produk, dan di platform apa? Bagaimana seharusnya produk Anda berkembang?

++

pers memodifikasi produk untuk meningkatkan kemungkinan keberhasilan? Apa yang kelompok fokus pikirkan tentang produk, dan pertanyaan atau keraguan apa yang mereka miliki?

Pemasar menggunakan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini untuk membantu bisnis memahami permintaan produk dan meningkatkan kualitas produk dengan menyebutkan kekhawatiran yang berasal dari kelompok fokus atau peserta survei.

Harga

Tim pemasaran Anda akan memeriksa harga produk pesaing, atau menggunakan kelompok fokus dan survei, untuk memperkirakan berapa banyak pelanggan ideal Anda bersedia membayar. Harga terlalu tinggi, dan Anda akan kehilangan basis pelanggan yang solid. Harga terlalu rendah, dan Anda mungkin kehilangan lebih banyak uang daripada keuntungan Anda. Untungnya, pemasar dapat menggunakan riset industri dan analisis konsumen untuk mengukur kisaran harga yang baik.

Tempat

Sangat penting bahwa departemen pemasaran Anda menggunakan pemahaman dan analisis mereka tentang konsumen bisnis Anda untuk menawarkan saran tentang bagaimana dan di mana menjual produk Anda. Mungkin mereka percaya situs e-niaga bekerja lebih baik daripada lokasi ritel, atau sebaliknya. Atau, mungkin mereka dapat menawarkan wawasan tentang lokasi mana yang paling layak untuk menjual produk Anda, baik secara nasional maupun internasional.

Promosi

P ini kemungkinan yang Anda harapkan sejak awal: promosi memerlukan iklan online atau cetak, acara, atau diskon yang dibuat oleh tim pemasaran Anda untuk meningkatkan kesadaran dan minat pada produk Anda, dan, pada akhirnya, menghasilkan lebih banyak penjualan. Selama tahap ini, Anda mungkin akan melihat metode seperti kampanye hubungan masyarakat, iklan, atau promosi media sosial.

Semoga definisi kami dan empat P membantu Anda memahami tujuan pemasaran dan bagaimana mendefinisikannya. Pemasaran bersinggungan dengan semua bidang bisnis, jadi penting bagi Anda untuk memahami cara menggunakan pemasaran untuk meningkatkan efisiensi dan kesuksesan bisnis Anda.

Catatan editor: Posting ini awalnya diterbitkan pada Mei 2018 dan telah diperbarui untuk kelengkapan.

+++

Apa itu Pemasaran?
STRATEGI
Mari kita hadapi itu, bagi rata-rata pebisnis, pemasaran sama dengan promosi.

Pemasaran adalah apa yang Anda katakan dan bagaimana Anda mengatakannya ketika Anda ingin menjelaskan betapa hebatnya produk Anda dan mengapa orang harus membelinya.

Pemasaran adalah iklan. Pemasaran adalah brosur. Pemasaran adalah siaran pers. Dan baru-baru ini, Pemasaran adalah halaman Facebook atau akun Twitter.

Pemasaran, bagi banyak pebisnis, hanyalah menjual dalam skala yang lebih besar.

Kenyataannya, adalah bahwa pemasaran berada di persimpangan bisnis dan pelanggan – penengah besar kepentingan bisnis dan kebutuhan pembeli.

Takeaways Cepat:

Pada tingkat mendasar, pemasaran adalah proses memahami pelanggan Anda, dan membangun serta memelihara hubungan dengan mereka.
Pemasaran adalah kunci keberhasilan organisasi, terlepas dari ukurannya.
Ada beberapa jenis dan sub-jenis pemasaran, digital dan offline. Anda harus menentukan dan mengejar yang paling cocok untuk Anda.
Tim Pemasaran dan Penjualan perlu memiliki pendekatan terpadu. Otomatisasi membantu mereka bekerja menuju tujuan yang sama.
Apa itu Pemasaran, Sungguh?

Di sanalah saya, mengurus bisnis saya sendiri, beristirahat setelah menyelesaikan lokakarya strategi pemasaran konten yang luar biasa untuk klien. Dan seseorang bertanya tentang pendapat saya tentang perbedaan antara pemasaran dan branding.

Saya diarahkan untuk membaca kartun ini yang mendefinisikan pemasaran sebagai “Saya seorang kekasih yang hebat” vs branding yang menunjukkan konsumen mengatakan “Saya mengerti Anda seorang kekasih yang hebat.”

 

 

Ini membuatku sedikit bersemangat. Oke, banyak yang bersemangat!

Saya sudah mencoba mendefinisikan apa itu pemasaran berkali-kali di sini. Saya telah mencoba mengatasi persepsi umum tentang pemasaran sebagai semua tentang mempromosikan dan menjual. Dan saya telah menangani masalah periklanan, orang gila dan ide-ide “besar” mereka, dan kebodohan belaka dari iklan spanduk.

Saya percaya pemasaran memiliki masalah pemasaran. Tanyakan kepada kebanyakan orang apa itu pemasaran dan mereka memikirkan beberapa bentuk penjualan (saya hebat dan Anda harus memilih saya karena alasan A atau B) atau periklanan (beli barang kami dan Anda akan memiliki kehidupan yang lebih baik, menjadi lebih menarik, memiliki lebih banyak seks, menarik pasangan yang lebih baik, lebih bahagia.)

Ketika ekonomi global memasuki normal baru dari keraguan yang konsisten, Pemasaran memiliki masalah identitas, kesenjangan persepsi merek, bahkan mungkin krisis kepercayaan.

“Bisnis hanya memiliki dua fungsi – pemasaran dan inovasi.”

~ Milan Kundera

Ketika saya beralih dari karir penjualan yang sukses hampir 15 tahun yang lalu, sebagian besar rekan saya mengira saya gila. Kepala divisi kami menutup telepon (ini bukan pertama kalinya).

Semakin, setelah semakin banyak percakapan dengan pelanggan nyata, saya telah menerima gagasan bahwa pemasaran mewakili masa depan. Saya menjual apa yang ada “di kantong penjualan.”

Tapi saya ingin membantu membentuk masa depan. Naif? Mungkin. Berkhayal? Tentu. Mungkin? Tentu saja!

“Tujuan pemasaran adalah untuk mengetahui dan memahami pelanggan dengan baik sehingga produk atau layanan cocok untuknya dan menjual dirinya sendiri.”

~ Peter F. Drucker

Pemasaran bukan tentang siapa yang dapat berbicara lebih cepat, atau menutup lebih baik. Ini adalah tentang pemahaman psikologis yang mendalam tentang kebutuhan pelanggan. Steve Jobs memiliki karunia ini lebih baik daripada hampir semua contoh. Henry Ford. Thomas Edison. Setiap inovasi dalam sejarah dunia menggabungkan pemahaman luar biasa tentang kebutuhan manusia dan visi inovatif untuk mewujudkannya.

“Pemasaran terlalu penting untuk diserahkan kepada departemen pemasaran.”

~ David Packard

Jika bisnis terdiri dari pemasaran dan inovasi, dan pemasaran adalah tentang wawasan pelanggan yang mendalam, maka pemasaran adalah tugas setiap karyawan.

Media sosial hanya memperjelas hal ini: setiap karyawan adalah perpanjangan dari merek. Merek berfungsi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan bisnis berfungsi untuk berinovasi.

Pemasaran dimulai dengan bertanya kepada konsumen siapa mereka, apa yang mereka inginkan, dan apa yang mereka pedulikan. Pemasaran dimulai dengan sebuah pertanyaan. Pemasaran bukanlah “Saya seorang kekasih yang hebat.” Pemasaran yang efektif hanya bertanya “Bagaimana kabarmu?”

Pemasaran adalah sebuah Percakapan

Saya belajar di perguruan tinggi bahwa pemasaran adalah percakapan. Pemasaran adalah percakapan yang dimulai antara dua orang yang tidak saling mengenal dengan baik. Percakapan yang hebat mengarah pada pemahaman kebutuhan. Wawasan hebat seperti ini mengarah pada produk luar biasa yang disampaikan melalui pengalaman pelanggan yang menarik. INI adalah pemasaran.

Ketika saya bertemu seseorang yang tidak saya kenal, saya mengajukan pertanyaan kepada mereka. Saya mencoba untuk mengenal mereka. Saya mencoba memahami mimpi dan masalah serta kebutuhan mereka. Saya TIDAK berbicara tentang diri saya kecuali ada minat yang tulus dari orang lain untuk belajar tentang saya juga. Tapi ini hanya datang dari empati yang benar dan otentik. Saya harus benar-benar peduli dengan orang lain ini untuk mendapatkan kepercayaan mereka.

Percakapan ini berlanjut saat kami saling memahami dengan lebih baik. Dan seperti hubungan antar manusia, merek yang melanjutkan hubungan yang lebih dalam adalah merek yang tampaknya lebih peduli pada orang lain daripada mereka.

+++

diri sendiri.

Merek yang memenangkan lebih banyak pelanggan adalah merek yang menempatkan pelanggan di atas keinginan mereka untuk menjual lebih banyak barang.

Mereka menunjukkan kepada pelanggan potensial bahwa mereka tertarik untuk memecahkan masalah nyata. Mereka tidak hanya bertindak seperti mereka peduli. Mereka benar-benar peduli dan mereka membuktikannya dengan cara mereka bertindak. Mereka benar-benar berusaha membantu pelanggan mereka untuk meningkatkan kehidupan mereka melalui konten mereka, keahlian mereka, semangat mereka dan, jika mereka beruntung, melalui barang-barang yang mereka jual.

Dan seperti dalam kehidupan nyata dan interaksi manusia pada umumnya, Pemasaran berarti Anda harus memberi lebih dari yang Anda harapkan untuk diterima. Pemasar hebat adalah guru yang bersemangat, memberikan keahlian mereka hanya dengan harapan bahwa mereka membantu orang. Manfaat bisnis adalah dalam membangun kepercayaan, dan membangun audiensi orang-orang yang percaya pada Anda untuk membantu mereka pada saat dibutuhkan.

Ketika diberi pilihan, kita hanya membeli dari merek yang kita kenal, sukai, dan percayai!

Pemasaran Membutuhkan Empati

Tetapi bagaimana Anda menjelaskan kekuatan dan pentingnya empati kepada eksekutif yang tidak memilikinya? Bagaimana Anda menjelaskan empati ketika bisnis hanya ingin menjual, dan mempromosikan, dan menggantung logo mereka di stadion dan topi pegolf?

Anda harus menunjukkan kepada mereka bahwa, sebagai masyarakat, kami mengabaikan iklan, dan promosi, dan taktik pemasaran yang digerakkan oleh ego. Promosi dan propaganda tidak berfungsi di dunia saat ini.

Tapi kami menyetel konten dan merek yang membantu kami. Satu-satunya cara untuk mencapai ini adalah merek membuat konten yang benar-benar membantu orang. Dan banyak itu. Karena kita telah dibakar berkali-kali. Kami skeptis. Kami lelah. Dan marah dengan iklan video putar otomatis di situs yang ingin kita kunjungi.

Apakah Pemasaran Rusak?

Ya aku mengatakannya. “Pemasaran rusak.” Dalam episode seri wawancara Penggerak Pasar BrightTALK ini dengan Christine Crandell, saya membuat kasus yang sederhana dan sederhana:

“Sebagian besar pemasaran tidak efektif mendorong, dan itulah hal-hal yang kita sebagai konsumen mengabaikan.”

Saya minta maaf jika itu sulit didengar. Hei, aku salah satu dari kalian! Saya ingin menjadi bagian dari pekerjaan hebat dan bermakna yang berkontribusi pada kesuksesan bisnis.

Tetapi seperti yang diakui Christine, sangat sulit untuk menyangkal poin bahwa banyak pemasaran yang rusak. Lihat di sekitar Anda. Dapatkah Anda mengingat iklan banner terakhir yang Anda lihat?

Saya pikir terlalu banyak pemasaran bersifat taktis. Bos meminta Anda untuk melakukan sesuatu. Pemasar pergi dan melakukannya. Dan biasanya hal itu adalah sesuatu yang bersifat promosi dan tidak efektif. Sebagian karena kami tidak peduli apakah itu efektif. Kami hanya peduli jika itu dilakukan.

Saya percaya kita harus mengingatkan bos tentang apa yang dimaksud dengan merek. Setiap bisnis dimulai untuk memecahkan masalah pelanggan. Perusahaan tumbuh dan menjadi sukses karena menciptakan sesuatu yang unik dan bermanfaat. Namun seiring pertumbuhan bisnis, seringkali fokus menjadi bisnis, bukan pelanggan.

Merek Anda lebih dari apa yang Anda jual!

Tetapi agar benar-benar efektif, bukankah pemasaran harus dimulai dengan fokus pada pemenuhan kebutuhan pelanggan? Pemasaran harus bercerita, bukan menjual produk. Itu sebabnya saya mendefinisikan pemasaran konten sebagai proses sederhana untuk menjawab pertanyaan pelanggan.

Bisnis yang menang menjadi dikenal dan dipercaya sebagai merek yang memecahkan masalah pelanggan di sepanjang perjalanan pembeli mereka.

Saya percaya bahwa terlalu banyak dari kita yang melupakan komitmen itu, dan itulah sebabnya saya berpikir bahwa di banyak bisnis, pemasaran rusak.

Dalam video saya menjelaskan ini lebih lanjut: “Sayangnya, banyak konten yang terjadi di dalam perusahaan sama sekali tidak efektif dan semua tentang bisnis.”

Ada elemen budaya yang sangat besar dalam hal ini. Saya percaya para eksekutif di dalam bisnis perlu bertanggung jawab untuk menciptakan budaya konten yang berfokus pada pelanggan. Tapi itu juga tergantung pada kami dalam pemasaran untuk mendorong kembali.

Aku tahu itu butuh keberanian. Saya tahu ini sulit. Tapi itulah perbedaan antara pemasaran yang rusak dan pemasaran yang berhasil.

Dalam video saya berbicara tentang bagaimana merek harus kembali ke akarnya dan menciptakan pengalaman pemasaran konten yang ingin dibaca dan dibagikan oleh pelanggan. Saya juga menunjukkan bagaimana hal itu membantu Anda menjangkau, melibatkan, mengonversi, dan mempertahankan pembeli yang belum pernah Anda lihat sebelumnya.

Lihat videonya di bawah ini:

 

Apa itu Branding?

Saya belajar sejak lama bahwa merek Anda adalah sesuatu yang ada di benak pelanggan Anda. Iklan tidak mengubah persepsi merek Anda. Branding adalah penilaian, sentimen, perasaan, yang diciptakan oleh jumlah dari semua interaksi yang saya lakukan dengan sebuah perusahaan.

Hanya pengalaman yang mengubah persepsi merek di benak pelanggan. Merek harus memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa. Tidak hanya dalam produk yang kami jual, dan seberapa baik kami memberikan “fitur”, tetapi dalam cara kami berperilaku sebagai perusahaan, dalam cara karyawan Anda memperlakukan saya, secara keseluruhan dari semua pengalaman itu, sebuah merek tercipta.

Saya percaya bahwa Apple dan Starbucks peduli untuk menghadirkan teknologi hebat dan kopi yang enak. Tetapi saya juga percaya bahwa Apple memenuhi janji produk yang mudah digunakan, dirancang dengan sederhana dan indah. Saya percaya bahwa Starbucks c

lebih banyak tentang dampaknya terhadap dunia daripada menjual lebih banyak kopi.

Benar atau tidak, ini adalah pengalaman yang saya miliki dengan merek-merek ini. Pengalaman ini sangat dalam di benak saya. Dan tidak ada iklan, logo, atau staf penjualan yang dapat mengubahnya.

Pemasaran dan Branding

Pemasaran dapat memengaruhi merek secara positif atau negatif. Pemasaran dapat membantu menciptakan pengalaman merek yang positif dengan melakukan percakapan yang positif, membantu, dan berempati dengan pelanggan mereka.

Pemasar dapat melukai merek saat mereka mengganggu acara TV dan pengalaman web kami dengan menampilkan iklan pria dengan gadis cantik di satu tangan dan produk mereka di tangan lainnya.

Perusahaan yang berpikir bahwa satu juta dolar dalam bentuk seksis, iklan promosi, logo tersebar di mana-mana, karyawan yang pemarah, dan tenaga penjualan yang agresif akan hilang begitu saja. Mereka tidak mengerti dunia tempat kita tinggal.

Pemasaran membantu membangun merek melalui pengalaman hebat.

Di dunia yang sempurna, pemasaran mendukung membangun merek yang kuat. Merek-merek hebat melakukan pemasaran yang hebat. Mereka bertindak sebagai guru bagi audiens mereka. Mereka memberikan produk yang luar biasa. Mereka memperlakukan karyawan mereka dengan hormat. Mereka bertindak seperti warga dunia yang peduli, memikirkan generasi yang akan datang. Dan mereka menganggap planet yang akan diwarisi oleh anak-anak mereka.

Merek-merek hebat menunjukkan kepada kita siapa mereka dalam pengalaman yang mereka berikan. Pemasaran berusaha memahami seperti apa pengalaman hebat itu. Iklan mengganggu pengalaman kita dan terkadang kita tidak membencinya karenanya.

Bagaimana dengan Periklanan?

Iklan itu bagus, untuk merek yang mampu mengganggu konten yang ingin kita konsumsi. Saya menghargai beberapa iklan yang menceritakan kisah hebat atau sangat pintar dan terbuka tentang mengganggu konten saya dengan sesuatu yang emosional atau lucu. Tapi sejujurnya saya bahkan tidak ingat merek di balik banyak iklan yang paling membuat saya tertawa.

Saya menghargai Dove untuk “Kecantikan Sejati”. Saya memberi mereka pujian atas apa yang mereka coba lakukan. Saya sedih mereka berhenti.

Saya menghargai Always untuk “Run Like A Girl”, tetapi dampaknya akan lebih besar jika mereka memicu gerakan dan menciptakan merek konten nyata dari semua momentum itu. ITU bisa membuat dampak nyata pada dunia dan akan membantu mengubah persepsi merek terhadap merek.

Menariknya, merek yang saya sebutkan sebelumnya, Starbucks dan Apple, sangat sedikit beriklan. Iklan terbaik yang pernah ada adalah tahun 1984 Apple, yang menceritakan kisah gangguan dengan cara yang menarik. Tapi itu didukung dan diikuti oleh produk yang benar-benar mengubah hidup saya.

Tetapi jika kita jujur, kita tidak ingin diiklankan, lebih dari yang kita inginkan untuk dijual. Dan ini berlaku terutama untuk barang-barang yang tidak kita butuhkan.

Saat sebuah situs memutar iklan video putar otomatis, saya membenci mereka karenanya. Tapi saya lebih membenci merek itu. Karena aku tahu merekalah yang membayarnya. Penerbit harus mencari nafkah. Jadi saya memberi mereka sedikit kelonggaran. Tapi merek mendapat beban frustrasi saya.

Jadi, kami telah beralih dari waktu menoleransi iklan menjadi benar-benar mengalami gangguan yang disebabkan oleh pengalaman iklan yang menyebabkan kami berpikir negatif tentang iklan tersebut.

Jenis Pemasaran

Bagi mereka yang berpikir bahwa pemasaran adalah hal yang sama dengan periklanan, tidak ada yang lebih jauh dari kebenaran. Periklanan tentu saja bisa menjadi salah satu bagian kecil dari rencana pemasaran tetapi itu hanya satu bagian dari teka-teki. Memang, sangat mungkin untuk bekerja dari strategi pemasaran yang tidak menggunakan iklan sama sekali.

Pemasaran secara kasar dapat dibagi menjadi metode offline dan online atau digital. Pemasaran offline terdiri dari iklan “tradisional” di media cetak, radio, dan pemasaran televisi, serta menghadiri acara-acara seperti pameran dagang, pameran, dan konferensi. Ini juga dapat mencakup pemasaran dari mulut ke mulut.

Sebagian besar bisnis akan menggunakan kombinasi metode pemasaran online dan offline. Namun, akhir-akhir ini keseimbangan lebih bergeser ke arah pemasaran online. Hal ini karena konsumen semakin banyak menghabiskan waktu online dan digital marketing menawarkan berbagai keunggulan dalam hal kecepatan, efisiensi, dan ROI.

Jadi mari kita lihat beberapa jenis pemasaran online yang tersedia untuk bisnis saat ini:

Pemasaran konten – Menerbitkan konten dalam berbagai bentuk untuk membangun kesadaran merek dan memelihara hubungan dengan pelanggan. Pemasaran konten biasanya dianggap sebagai jenis pemasaran digital tetapi juga dapat dilakukan secara offline. Contoh pemasaran konten termasuk blog, posting di media sosial, infografis, dan video.
Optimisasi mesin pencari – Umumnya dikenal sebagai SEO, ini adalah proses mengoptimalkan konten di situs web Anda agar lebih terlihat oleh mesin pencari dan menarik lebih banyak lalu lintas dari pencarian.
Pemasaran mesin pencari – Juga dikenal sebagai bayar per klik atau PPC, dengan jenis bisnis pemasaran ini membayar untuk memiliki tautan ke situs mereka yang ditempatkan di posisi yang menonjol di halaman hasil mesin pencari
Pemasaran media sosial – Menggunakan jejaring sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter untuk membangun hubungan dengan pelanggan yang sudah ada dan menjangkau audiens yang lebih luas melalui digital word-of-mouth.
Pemasaran email – Mengirim komunikasi email biasa

penyatuan kepada pengguna yang telah mendaftar ke daftar Anda untuk membangun hubungan dan mendorong penjualan.
Penargetan Ulang – Menghubungi pelanggan yang sudah ada atau pelanggan potensial setelah mereka berinteraksi dengan merek Anda untuk membuat mereka kembali atau mengonversi menjadi penjualan. Misalnya, menempatkan iklan di umpan Facebook mereka tentang produk tertentu yang telah mereka lihat di situs Anda.
Pemasaran influencer – Menggunakan individu dengan profil tinggi dan banyak pengikut di saluran jejaring sosial untuk mempromosikan produk atau layanan Anda.
Ini hanya beberapa contoh jenis pemasaran digital paling populer yang dimainkan saat ini. Masing-masing metode ini dapat dipecah menjadi beberapa jenis pemasaran lainnya dan memang ada ratusan atau ribuan jenis pemasaran yang berbeda yang mencakup saluran online dan offline.

Tidak ada bisnis yang bergantung hanya pada satu bentuk pemasaran. Di sisi lain, kecuali Anda adalah perusahaan multinasional dengan anggaran dan sumber daya yang praktis tidak terbatas, Anda juga tidak dapat menangani semua bentuk pemasaran yang berbeda.

Untuk membentuk strategi pemasaran yang efektif untuk bisnis individu Anda, Anda harus memilih jenis pemasaran yang paling efektif untuk Anda, dan membentuk rencana di mana mereka diintegrasikan ke dalam strategi induk.

sumber gambar: https://ontopvisibility.com/the-elements-of-a-successful-digital-marketing-strategy/
Perbedaan Antara Pemasaran dan Penjualan

Penjualan dan pemasaran terkait erat tetapi mencakup aktivitas yang sangat berbeda dalam bisnis Anda.

Tim penjualan tidak memiliki suara apa pun tentang produk itu atau siapa yang membelinya – mereka hanya mengambil petunjuk dan meyakinkan mereka untuk membeli. Karyawan yang bekerja di bagian penjualan harus membangun hubungan yang erat dengan pelanggan Anda dan mereka membutuhkan kecerdasan dari pemasaran untuk melakukan hal ini.

Tim pemasaran memberikan arahan ini dengan memberi tahu calon pelanggan tentang merek dan produk Anda. Mereka juga menggunakan umpan balik dan kecerdasan pelanggan untuk memutuskan produk apa yang akan diproduksi di masa depan atau bagaimana mengubah produk yang ada sehingga dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dengan lebih baik.

Anda tidak akan efektif dalam menjual kecuali orang yang Anda jual sudah memiliki kesadaran tentang merek atau produk Anda – inilah yang dapat dilakukan pemasaran untuk Anda.

Untuk strategi yang sukses, tim pemasaran dan penjualan perlu bekerja sama secara erat dan memiliki pendekatan terpadu. Ini memastikan bahwa hanya prospek berkualitas baik yang diteruskan ke tim penjualan.

Anda dapat menggunakan platform otomatisasi pemasaran untuk menyelaraskan tim pemasaran dan penjualan Anda guna memastikan mereka bekerja lebih efisien menuju tujuan bersama.

Memahami Pelanggan Anda

Dalam pemasaran, mengetahui pelanggan Anda adalah kuncinya. Faktanya, beberapa pemasar melangkah lebih jauh dengan mengatakan bahwa pemasaran pada dasarnya adalah proses memahami pelanggan Anda.

Pemasaran harus dimulai tepat di awal perjalanan bisnis Anda, bahkan sebelum merek Anda terbentuk. Pemasaran awal ini melibatkan penelitian dan pembelajaran lebih banyak tentang pelanggan Anda untuk mengembangkan produk atau layanan yang memenuhi keinginan dan kebutuhan mereka.

Riset pelanggan yang mendalam ini bukanlah tugas pemasaran satu kali, tetapi tugas yang berkelanjutan. Grup fokus, survei pelanggan, dan pengumpulan data pengguna secara online adalah semua cara yang dapat membantu Anda mempelajari lebih lanjut tentang basis pelanggan Anda yang terus berkembang dan memastikan bahwa merek Anda berkomunikasi dengan mereka dengan cara yang benar.

Setelah produk atau layanan tertentu diperkenalkan ke pasar, keberhasilannya harus dievaluasi untuk melihat apakah itu memenuhi kebutuhan pelanggan. Pemasaran juga berperan dalam layanan pelanggan dan memelihara hubungan pelanggan. Ini bukan hanya tentang mendapatkan pelanggan baru, tetapi juga memastikan Anda mendapatkan hasil maksimal dari pelanggan Anda yang sudah ada dan mereka bertahan selama mungkin.

Pemasaran digital telah membuka kemungkinan dunia baru dalam hal memahami pelanggan Anda dengan lebih baik dan membangun hubungan dengan mereka.

Kami sekarang memiliki kemampuan untuk mengumpulkan sejumlah besar data tentang individu termasuk demografi, lokasi, kebiasaan berbelanja, interaksi merek sebelumnya, suka dan tidak suka, dan banyak lagi.

Data ini dapat digunakan untuk membangun gambaran pelanggan Anda dengan cara yang jauh lebih akurat dan bermakna daripada latihan “avatar pelanggan” tradisional.

Beberapa cara lain yang memungkinkan teknologi pemasaran modern saat ini untuk mempelajari lebih lanjut dan mengembangkan hubungan yang lebih baik dengan pelanggan meliputi:

Menggunakan pesan yang sangat dipersonalisasi untuk berbicara dengan setiap pelanggan pada tingkat individu
Memprediksi perilaku masa depan dengan kecerdasan buatan
Memublikasikan konten yang lebih relevan dengan audiens Anda
Melihat konten lain apa yang mereka gunakan secara online
Menganalisis interaksi merek dan mengoptimalkan kampanye pemasaran Anda
Secara otomatis tetap berhubungan dan memelihara hubungan pelanggan setelah penjualan awal
“Mendengarkan” dan berbicara tentang merek Anda di media sosial – dan menggunakannya untuk meningkatkan produk dan layanan pelanggan Anda
Melakukan survei pelanggan dengan mudah, murah, dan dengan hasil yang langsung dianalisa
Bauran Pemasaran dalam Digital

Usia

“Bauran pemasaran”, juga dikenal sebagai “4 P” pemasaran dianggap sebagai dasar dari rencana pemasaran Anda. Mereka mewakili keputusan utama yang harus Anda buat saat memasarkan produk atau layanan Anda:

Produk – seperti apa produk atau layanan Anda sebenarnya dan bagaimana memenuhi kebutuhan pelanggan Anda?
Harga – berapa harga yang akan Anda tetapkan untuk produk Anda? Ini tidak selalu merupakan angka moneter karena pelanggan dapat menukar waktu atau informasi mereka dengan produk “gratis”.
Tempat – bagaimana Anda mengirimkan produk ke pelanggan? Apakah mereka datang ke toko fisik atau Anda menjual secara online? Apakah Anda menargetkan wilayah geografis tertentu?
Promosi – metode pemasaran apa yang akan Anda gunakan untuk memberi tahu dunia tentang produk Anda?
Mendapatkan bauran pemasaran yang tepat berarti Anda akan dapat menyelaraskan dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan Anda, memperkuat kehadiran merek Anda, dan memaksimalkan ROI Anda.

Konsep bauran pemasaran 4P telah dipikirkan jauh sebelum internet menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari yang normal, tetapi dapat dengan mudah diadaptasi untuk membentuk dasar untuk mengembangkan strategi pemasaran di dunia digital saat ini.

Dalam bauran pemasaran digital, 4 P itu sama, tetapi pendekatannya berbeda.

Produk – Internet berarti Anda dapat memiliki bisnis tanpa inventaris fisik. Sebagai gantinya, Anda dapat menjual produk digital seperti e-book dan kursus. Bahkan jika Anda menjual produk nyata, proses pengembangan produk telah berubah selamanya. Sekarang dimungkinkan untuk memesan dan membuat produk sesuai permintaan untuk menguji pasar terlebih dahulu, dan kemampuan untuk mensurvei pelanggan Anda dengan cepat dan mudah berarti Anda cenderung tidak membuat kesalahan dalam hal pengembangan produk.
Harga – Teknologi pemasaran digital berarti Anda tidak perlu memutuskan satu harga pun untuk produk atau layanan Anda – Anda dapat menyesuaikan harga secara dinamis bergantung pada siapa yang melihatnya. Ada juga lebih banyak fleksibilitas dalam hal model penetapan harga, dengan langganan dan pembayaran berulang yang dibuat lebih mudah diakses oleh bisnis dan pelanggan dari semua jenis.
Tempat – Jelas perbedaan utama di sini adalah Anda menjual secara online, bukan di toko fisik. Tetapi ada juga banyak saluran berbeda untuk dijelajahi dalam hal penjualan online. Situs web Anda sendiri, tempat pasar online, email, dan media sosial semuanya merupakan jalan untuk dipertimbangkan.
Promosi – Sekali lagi, Anda masih akan mempromosikan produk Anda tetapi metodenya berbeda dari yang Anda gunakan 30 tahun yang lalu. Alih-alih surat langsung dan iklan cetak, strategi Anda mungkin termasuk pemasaran email dan pemasaran media sosial sebagai gantinya.
Apakah Bisnis Anda Membutuhkan Strategi Pemasaran?

Sudah umum bagi usaha kecil khususnya untuk meremehkan pentingnya pemasaran. Namun, bisa dibilang bahwa setiap bisnis membutuhkan pemasaran untuk berhasil. Lagi pula, bagaimana Anda akan menjual produk dan layanan Anda jika tidak ada yang tahu tentang mereka?

Kesalahpahaman tentang pentingnya pemasaran kemungkinan besar berasal dari kebingungan seputar “pemasaran” sebagai istilah di tempat pertama. Jika Anda bertanya pada diri sendiri “apa itu pemasaran?” atau menganggapnya sama dengan periklanan, dapat dimengerti bahwa Anda mungkin enggan mencurahkan anggaran dan sumber daya untuk strategi pemasaran.

Memang benar bahwa beberapa bisnis menjadi sangat sukses tanpa menggunakan iklan.

Krispy Kreme adalah salah satu contoh merek global yang dibangun di atas pemasaran dari mulut ke mulut daripada iklan televisi dan bentuk promosi lainnya. Mereka juga banyak berinvestasi dalam keterlibatan karyawan, yang berarti bahwa setiap karyawan adalah pemasar untuk merek dan dilatih dalam menciptakan produk dan layanan pelanggan.

Perusahaan kamera GoPro juga diluncurkan tanpa iklan. Sebaliknya, mereka mengandalkan kekuatan pemasaran media sosial dan memahami motivasi pelanggan mereka untuk menghasilkan produk yang ingin dipromosikan pelanggan secara aktif. Akun Instagram GoPro masih terdiri dari konten yang dibuat pengguna saat ini.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, pemasaran bukan hanya promosi. Melainkan, ini tentang belajar dan memahami lebih banyak tentang pelanggan Anda. Strategi pemasaran Anda akan membantu Anda untuk mengetahui dengan tepat siapa yang Anda layani dan bagaimana Anda dapat menyelaraskan rencana bisnis Anda dengan kebutuhan pelanggan Anda. Ini tidak hanya akan menghasilkan pelanggan yang lebih bahagia tetapi juga mendorong pendapatan, dan memastikan Anda menuju ke arah strategis yang tepat untuk pertumbuhan jangka pendek dan jangka panjang.

Bagaimana Mengembangkan Strategi Pemasaran

sumber gambar: https://medium.com/@markevans/drive-your-growth-using-a-7-step-marketing-strategy-framework-c0cb04b2ac2b
Mengembangkan strategi pemasaran yang efektif bukanlah tugas yang cepat dan mudah, tetapi dasar-dasarnya dapat dipecah menjadi beberapa langkah kunci:

Identifikasi tujuan Anda – apa yang Anda inginkan untuk dicapai oleh bisnis Anda dalam jangka pendek dan jangka panjang? Ini mungkin termasuk angka penjualan tertentu tetapi juga mempertimbangkan faktor-faktor seperti meningkatkan kesadaran merek dan kehadiran Anda di media sosial.
Riset pasar dan identifikasi pelanggan Anda – pelajari sebanyak yang Anda bisa

bisa tentang target pelanggan Anda. Siapa mereka dan apa yang mereka inginkan dan butuhkan?
Analisis pesaing – apa yang dilakukan pesaing Anda dalam hal pemasaran? Produk apa yang mereka jual dan bagaimana mereka berinteraksi dengan pelanggan mereka?
Identifikasi proposisi penjualan unik Anda (USP) – apa yang Anda lakukan yang membuat Anda menjadi pilihan yang lebih baik daripada pesaing Anda? Bagaimana pemasaran Anda akan memperkuat pesan merek Anda?
Pilih saluran pemasaran Anda – sebagian besar bisnis memilih perpaduan strategi online dan offline. Sekali lagi ini datang untuk memahami audiens Anda – di mana mereka menghabiskan waktu mereka? Platform apa yang cenderung lebih mereka percayai?
Sementara strategi pemasaran Anda menjabarkan keseluruhan tujuan dan arah kegiatan pemasaran Anda dalam beberapa bulan dan tahun mendatang, rencana pemasaran Anda akan memberikan rincian kegiatan aktual yang akan Anda lakukan untuk mencapai tujuan ini.

Baik strategi pemasaran dan rencana pemasaran Anda adalah kunci kesuksesan jangka panjang Anda, baik bisnis Anda adalah perusahaan rintisan kecil atau organisasi global.

Wir Sitzen Alle Saya Pemasaran!

Saya tidak yakin penerjemah Google memberi saya terjemahan yang tepat, tetapi apakah Anda di bidang keuangan, atau penjualan, pemasaran, atau pemilik bisnis kecil, kita semua dalam pemasaran.

Apa itu Pemasaran? Saya melakukan pencarian pada istilah ini untuk mencari beberapa inspirasi dan menemukan artikel terbaru dari Reliving MBA Days yang melakukan pekerjaan yang bagus dengan meninjau dasar-dasar pemasaran.

Apa definisi Pemasaran menurut Anda? Beri tahu saya pendapat Anda dengan membagikan dan mengomentari artikel ini di LinkedIn atau kita bisa mengobrol di Twitter.

 

Open chat