Anda mungkin mengetahui kata ‘caption’ dan ‘subtitles’ dan pada pandangan pertama, mereka mungkin tampak identik.

Tapi tidak.

Lalu apa perbedaan antara caption dan subtitle? Dan tahukah Anda bahwa ada perbedaan?

Anda mungkin tidak tahu bahwa memang ada perbedaan utama antara kedua istilah tersebut, dan terlebih lagi ketika membandingkan teks tertutup dan teks terbuka dengan subtitel juga.

Dan karena banyak orang merujuk pada istilah-istilah ini secara bergantian, posting ini akan menunjukkan bahwa mereka tidak identik satu sama lain. Padahal, keduanya sangat berbeda dan memiliki tujuan masing-masing.

Jika Anda tidak ingin membahas terlalu banyak detail dan Anda hanya ingin langsung ke jawabannya, mari masuk ke bagian ‘terlalu panjang, tidak dibaca’ dan langsung ke dalamnya dengan menonton video di bawah ini atau membaca dua bagian berikutnya:

Apa perbedaan antara teks dan subtitel?

Teks umumnya dirancang untuk mereka yang tuli dan cenderung memiliki elemen ucapan dan non-ucapan dalam video, mis. batuk, musik, bantingan pintu, badai petir, gonggongan anjing, dll.

Subtitle umumnya dirancang untuk pemirsa yang dapat mendengar audio dalam video tetapi tidak mengerti bahasa, mis. film asing.

Dan berikut ini adalah uraian singkat dari keduanya:

Ikhtisar teks vs subtitle

Keterangan:

Asumsikan pemirsa tidak dapat mendengar
Mencakup elemen seperti kebisingan latar belakang, diferensiasi speaker, deskripsi musik, efek suara, dan informasi relevan lainnya yang diterjemahkan dari suara ke teks
Hadir dalam dua bentuk: “Teks Tertutup” dan “Teks Terbuka”
Menampilkan semua dialog dan audio sebagai teks
Umumnya ditambahkan setelah video (film, program TV, video YouTube, dll) dirilis
Subtitle:

Asumsikan pemirsa tidak mengerti bahasanya atau tidak fasih berbahasa
Biasa digunakan dalam film asing
Hanya termasuk dialog
Umumnya disediakan sebelum video dirilis
Terjemahkan bahasa sebagai teks
Sekarang setelah Anda mengetahui perbedaan umum, mari masuk lebih dalam ke topik.

Apa itu caption?

Gadis muda menonton kartun di TV dengan subtitle diaktifkan
Istilah “caption” berasal dari kata to take/capture/seize. Ini dimaksudkan untuk menjadi makna metaforis, seperti bagaimana Anda ingin menangkap makna sebuah foto atau video menjadi makna yang nyata.

Meskipun ini adalah istilah umum dan dipahami oleh banyak orang, ini mungkin lebih umum di Amerika Utara dan umumnya disebut sebagai subtitel yang menggunakan bahasa yang sama dengan audio yang diucapkan dalam video.

Jangan lupa bahwa ada juga perbedaan penting antara teks terbuka dan teks tertutup juga.

Tapi alih-alih terlalu detail tentang teks terbuka vs tertutup, Anda dapat memeriksanya di bawah ini.

Apa Perbedaan Antara Teks Terbuka & Teks Tertutup?
Pastikan Anda mengetahui perbedaan kritis dengan mengklik tautan di bawah ini:

Pelajari Tentang Teks Terbuka vs Tertutup Di Sini
Apa itu subtitle?

Close-up tombol subtitle remote control abu-abu
Tombol subtitle ajaib pada remote control Anda lebih penting daripada yang Anda pikirkan – Foto oleh Imma Wegmann
Subtitle adalah bentuk teks yang digunakan untuk menerjemahkan dialog audio dalam video dari satu bahasa ke bahasa lain. Dan umumnya istilah yang lebih umum digunakan di seluruh dunia untuk teks yang menyertai konten video.

Istilah “subtitle” berasal dari kata

Ini mungkin lebih umum di seluruh dunia daripada “teks”.

Contoh paling nyata adalah film-film asing. Jika Anda tahu bahasa Inggris tetapi Anda tidak tahu bahasa Spanyol, maka Anda akan memerlukan teks bahasa Inggris saat menonton film berbahasa Spanyol.

Manfaat menggunakan teks atau subtitel

Ada begitu banyak keuntungan menggunakan teks/subtitel sehingga setiap orang yang membuat video tidak perlu khawatir untuk menggunakannya.

Beberapa di antaranya meliputi:

belajar bahasa baru lebih cepat
tingkatkan tingkat melek huruf Anda
meningkatkan kemungkinan keterlibatan video
akses yang lebih mudah ke budaya lain di seluruh dunia.
Dan masih banyak lagi manfaat yang mungkin belum pernah Anda pikirkan.

Apa Manfaat Caption/Subtitle?
Pelajari tentang 15 manfaat yang Anda dan pemirsa dapat dapatkan dari teks/subtitel

Lihat manfaat teks/subtitel di sini
Apa persamaan antara teks dan subtitel?

Baik teks maupun subtitel memiliki tujuan utama yang sama, yaitu memungkinkan pemirsa mengakses dan memahami konten video Anda dengan lebih baik, yang kemudian memungkinkan Anda memperluas jangkauan ke pemirsa yang lebih luas.

Meskipun pemirsa ini dapat berbeda di seluruh papan, tujuannya adalah untuk membuat video Anda dapat diakses oleh sebanyak mungkin orang yang tertarik dengan video Anda.

Haruskah saya menggunakan teks atau subtitel untuk video saya?

Apakah Anda memilih teks terbuka/tertutup atau subtitel akan bergantung pada pemirsa yang ada dalam pikiran Anda untuk video Anda, karena tidak ada jawaban yang jelas tentang kapan Anda harus menggunakan teks dan kapan Anda harus menggunakan subtitel.

Jangan salah paham;

keduanya penting tetapi keduanya memiliki tujuan masing-masing. Tetapi untuk membuat keputusan terbaik, ini semua tentang

mengingat audiens dan memahami perilaku dan kebutuhan mereka
video sebenarnya itu sendiri, karena mungkin ada saat-saat di mana suara tertentu sangat penting karena menambah konteks video.
Ah ya, “itu tergantung” yang ditakuti.

Tetapi sebagai pedoman yang sangat umum, jika suara tertentu penting bagi pengguna, sertakan juga di samping elemen ucapan, mis. efek suara, musik, desahan, batuk, kebisingan latar belakang, ledakan, guntur, kicau jangkrik, dll.

Dan memahami perbedaan antara teks terbuka dan tertutup juga dapat membantu dalam hal itu.

Contoh yang baik adalah ketika saya menonton ‘One Planet’ di Netflix dan dinarasikan oleh Sir David Attenborough, ada pemandangan tertentu yang menghadap ke hutan hujan di mana (ternyata, karena saya tidak bisa mendengarnya), ada berbagai suara binatang yang saling tumpang tindih.

Jadi Netflix menutupinya dengan memberi keterangan pada adegan itu:

Tangkapan layar ‘One Planet’ di Netflix dari hutan hujan dengan keterangan [suara hewan yang tumpang tindih] di bagian bawah
Netflix memberi judul adegan hutan hujan sebagai ‘suara hewan yang tumpang tindih’ telah menambahkan konteks ke adegan khusus ini
Di sisi lain, jika Anda ingin kontrol penuh atas font, ukuran dan warna teks layar, Anda lebih baik menggunakan teks terbuka.

Karena kesalahpahaman antara kedua istilah tersebut, banyak orang dan bahkan perusahaan besar sering bingung di antara keduanya.

Bahkan Netflix, yang memiliki beberapa subtitel tertinggi dan standar teks tertutup mengelompokkannya di bawah judul “Subtitel” yang sama.

Dan tergantung pada negara tempat Anda tinggal, YouTube akan menambahkan “CC” atau “Subtitel” di bawah video, tergantung dari mana Anda melihatnya.

Tangkapan layar video YouTube Ahmed di mana panah menunjuk ke label ‘CC’ di bawah 4 video
Untuk pemirsa Amerika, YouTube menandai video saya sebagai ‘CC’ (teks tertutup)
Tangkapan layar video YouTube Ahmed di mana panah menunjuk ke label ‘Subtitel’ di bawah 4 video
Untuk pemirsa Inggris Raya, YouTube menandai video saya sebagai ‘Subtitel’
Ini bisa sangat membingungkan bagi seseorang yang membutuhkan satu atau yang lain, oleh karena itu mengapa penting bagi saya untuk menulis posting ini.

Namun terlepas dari apakah Anda menggunakan subtitel atau teks, karena tujuan utamanya membuat video dapat diakses, ada banyak manfaat menggunakannya, tidak hanya untuk audiens Anda tetapi juga untuk diri Anda sendiri.

Semakin banyak orang yang dapat mengakses video Anda, semakin baik. Dan memberikan teks atau subtitel dapat memainkan peran besar dalam hal itu.

Beri tahu saya di komentar di bawah apakah Anda tahu bahwa ada perbedaan antara kedua istilah tersebut dan mana yang lebih sering Anda gunakan. Dan apakah ada hal lain yang saya lewatkan.

Itu selalu berwawasan untuk mendapatkan perspektif dari orang yang berbeda di seluruh dunia, jadi bagikan pemikiran dan pengalaman Anda untuk dilihat semua orang di bawah.

Open chat