Manfaat Team building tentu sangam diperlukan oleh kita semua. Sejatinya manusia ini merupakan sosial dimana diciptakan saling membutuhkan satu sama lainnya dan menjalin interaksi dengan manusia lainnya. Sehingga semakin efektif jika kita tahu memanfaatkan team building ini. Kerap sekali manusia ini terlibat dalam komunitas dimana jika di rumah adalah keluarga sedangkan jika di luar rumah ini dinamakan organisasi.

Di lingkungan kerja atau organisasi dibutuhkan kerjasama tim yang baik dan juga kuat. Dalam proses ini yang harus dilakukan adalah anggota tim bisa saling membantu dan bisa mencapai apa yang menjadi tujuan dari organisasi atau perusahaan tersebut.

Hal yang terpenting dalam team building ini adalah terbentuknya interaksi maupun komunikasi antar anggota tim supaya tidak terjadi kesalahpahaman yang mana bisa menyebabkan tujuan tersebut menjadi terhambat. 

Manfaat Team Building

Ada beberapa manfaat team building yang wajib untuk Anda perhatikan berikut ini:

  1. Saling mengenal

Jika masuk ke dalam lingkungan kantor akan menemukan orang baru yang mana suasananya berbeda dibandingkan dengan lingkungan di kampus atau sekolah. Jika di sekolah atau kampus Anda bisa memilih siapa yang akan menjadi teman dan siapa yang ingin Anda ajak bergaul. Di organisasi atau di perusahaan ini Anda tidak bisa memilih. 

Siapapun yang masuk ke dalam tim Anda ini harus bisa Anda ajak kerja sama untuk bisa mencapai tujuan perusahaan. Karena banyaknya perbedaan maka banyak yang merasa kesulitan dengan rekan tim. Dengan adanya kerja sama tim akan membuat Anda berkesempatan melihat teman yang menjadi rekan atau tim di kantor Anda.

Semakin banyak mengenal orang beserta dengan karakteristiknya ini akan membuat Anda bersikap terbuka kepada siapa saja. Dengan hal ini Anda tidak hanya akan mendapatkan dampak untuk kehidupan pribadi namun sifat terbuka ini juga bisa menumbuhkan kepercayaan diri yang kuat. Dengan tim kuat organisasi atau perusahaan ini bisa mencapai apa yang menjadi tujuannya.

  1. Kerjasama team yang lebih baik

Manfaat selanjutnya adalah kerja sama team yang lebih baik.  Dengan adanya kerja sama team yang baik ini anggota bisa tahu posisi dan tugasnya masing-masing. Setiap pekerjaan tersebut harus bisa saling bersinergi tujuannya agar cita-cita organisasi menjadi terwujud. Semua yang telah direncanakan akan bisa terlaksana dengan baik.

  1. Produktivitas dan kreativitas tim meningkat

Team building yang baik akan mampu menumbuhkan suasana dan lingkungan kerja yang nyaman membuat pekerja lebih santai dan menikmati pekerjaan yang dilakukan. Saat suasana seperti ini tercipta hasilnya akan jauh lebih maksimal selain itu secara tidak langsung akan membuat tim lebih kreatif dan lebih produktif dalam melakukan tugasnya.

  1. Menyamakan pendapat

Setiap manusia ini memiliki ragam dan juga pemikiran yang berbeda selain itu mereka memiliki pendapatnya masing-masing. Hal ini bisa berdampak terhadap pemecahan masalah yang ada di dalam lingkungan kerja. Banyak orang yang tergabung di dalam tim ini membuat perbedaan pendapat bisa muncul kapan saja dan dimana saja. Dengan team building ini bisa memperbaiki kinerja suatu tim dalam mewujudkan tujuan organisasi. Semua pendapat yang berbeda bisa disatukan dan diubah menjadi masukan.

  1. Komunikasi terjalin baik

Komunikasi akan bisa berjalan lebih lancar baik itu antar anggota maupun antara atasan dan juga karyawan. Dengan adanya komunikasi ini bisa memudahkan perusahaan dalam mencapai visi yang telah ditentukan sebelumnya.

  1. Menumbuhkan motivasi

Motivasi ini sangat diperlukan untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan. Karyawan ini harus memiliki motivasi yang kuat agar tujuan perusahaan menjadi tercapai. Tanpa adanya motivasi yang kuat tersebut bisa membuat pekerjaan yang dilakukan hasilnya kurang maksimal. Karyawan akan bekerja setengah-setengah dan hasilnya akan kurang memuaskan. Motivasi ini juga bisa membuat karyawan bisa bekerja dengan deadline yang telah ditetapkan sebelumnya.

  1. Menumbuhkan rasa percaya diri

Di dalam suatu tim ini setiap anggota atau karyawan memiliki tugas dan tanggung jawabnya masing-masing. Nantinya semua tugas tersebut akan dikumpulkan menjadi satu dan saling bersinergi. Jika tugas tersebut selesai secara sempurna sesuai dengan yang diharapkan bisa dikatakan bahwa tim tersebut memiliki kerja sama yang bagus begitu pula sebaliknya. 

Kerja sama yang baik ini bisa tercipta jika semua anggota tim ini bisa menunjukkan sikap saling percaya. Dengan membangun tim ini Anda bisa membangun kepercayaan anggota tim satu sama lainnya. Tanpa kepercayaan ini sulit untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

Kegiatan Team Building yang Efektif

Untuk bisa membangun tim yang bagus dan seperti yang diharapkan ini tidak bisa muncul begitu saja namun ada beberapa kegiatan yang bisa menumbuhkan kepercayaan satu sama lainnya.  Selain itu membangunnya bisa dengan team building games dimana tim berusaha untuk kompak dan membangun kerja sama agar bisa memenangkan pertandingan atau games tersebut. Ada beberapa ide permainan untuk membangun team building yang kuat seperti berikut ini:

  1. Menuntun si  buta

Games yang bisa dilakukan untuk membangun tim yang bagus adalah menuntun si buta. Tujuan dari kegiatan ini adalah membangun kepercayaan dan juga kepemimpinan. Cara kerjanya adalah salah satu anggota tim tersebut akan ditutup matanya setelah itu rekan yang lainnya ini akan memandunya untuk bisa mencapai suatu tujuan. 

Biasanya pemanduan ini secara verbal. Anggota tim yang tertutup matanya akan percaya dengan anggota tim lainnya karena tanpa kepercayaan mustahil ia akan bisa sampai ke tempat tujuan seorang diri dengan kondisi mata yang tertutup. Semua anggota akan merasakan hal yang sama yaitu menuntun dan dituntun.

https://www.windycityfieldhouse.com/wp-content/uploads/2016/08/Team-Challenge-And-BBQ-4-1038×779.jpg 

  1. Kartu bohong

Games yang bisa dilakukan untuk membangun tim yang kuat adalah kartu bohong. Bahan yang bisa disiapkan adalah satu kotak kartu remi kemudian dibagikan satu kartu di masing-masing anggota tim. Tim yang telah mendapatkan kartu akan memperlihatkan ke semua pemain. Namun tidak memperlihatkannya kepada diri sendiri kemudian menempelkan kartu tersebut di dahi.

Pemain harus bertanya kepada 3 rekannya kartu apa yang menempel ke dahinya. Dua rekan memberikan jawaban salah dan satu orang akan memberikan jawaban kartu yang tepat. Pemain harus bisa memilih mana kartu yang benar agar kartu di dahinya bisa terlepas. Ia harus mempercayai rekannya tersebut. Jika jawabannya salah maka si pemain harus melewatkan satu putaran permainan dan permainan akan habis jika semua kartu remi telah digunakan. Manfaat dari games ini adalah menjalin hubungan antar tim.

  1. Curi-curi pandang

Membuat bentukan acak dari blok lego kemudian minta seluruh tim membangun bentukan yang sama persis seperti yang dicontohkan. Tiap anggota tim ini akan diberikan kesempatan melihat bentuk tersebut selama 5 detik setelah itu intervalnya adalah 5 menit. Kesempatan untuk bisa melihat bentukan asli berakhir jika semua anggota tim ini telah mendapatkan giliran. Fungsi dari games ini adalah menjalin komunikasi, berpikir kreatif dan tentunya adalah menguatkan daya ingat.

Masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat team building yang sukses dimana hal tersebut bisa disesuaikan dengan keadaan dan juga kondisi masing-masing perusahan, pastikan tantangan dan suasana bersahabat ini diciptakan selama proses berlangsung supaya motivasi untuk menyelesaikan setiap kegiatan semakin tinggi.

Open chat