Di antara banyaknya bahasa asing yang dapat Anda pelajari, mengapa Anda perlu untuk belajar bahasa Arab? Memang bagi sebagian orang, ini bukan bahasa yang mudah untuk dipelajari. Bagi penutur asli bahasa Inggris, bahasa ini juga tidak memiliki kesamaan. Oleh karena itu, seorang penutur bahasa Inggris akan mengalami kesulitan untuk mempelajarinya. Tetapi melihat sisi positifnya, belajar bahasa Arab menawarkan beberapa manfaat.

Jika Anda memikirkan keuntungan belajar bahasa Arab, upaya dan waktu yang Anda dedikasikan untuk mempelajari bahasa ini akan senilai.

Bahasa Arab

Bahasa Arab adalah bahasa Semit (kawasan Timur-Dekat) Selatan-Tengah. Bahasa ini digunakan di sebagian besar Semenanjung Arab, sebagian Timur Tengah dan Afrika Utara. Di wilayah ini, bahasa dengan jumlah penutur terbanyak, urutannya adalah; bahasa Arab, Persia, Turki, Kurdi, dan Ibrani. Bahasa-bahasa ini milik keluarga bahasa yang berbeda. Turki adalah bagian dari keluarga Turki. Keluarga bahasa Indo-Eropa diwakili oleh Kurdi dan Persia. Bahasa Ibrani dan Arab milik keluarga bahasa Afro-Asia. Selain bahasa-bahasa utama ini, orang-orang di Timur Tengah berbicara sekitar 20 bahasa minoritas.

Bahasa Arab adalah bahasa makro yang memiliki 30 variasi atau dialek modern. Bahasa Arab Sastra, yang juga disebut Bahasa Arab Standar atau Bahasa Arab Standar Modern (MSA), digunakan saat ini dalam pidato formal dan tertulis di dunia Arab, sedangkan Bahasa Arab Klasik digunakan dalam literatur Islam pada abad ke 7 hingga 9. Ini adalah bahasa Al-Qur’an.

Basis dari Arab Standar Modern adalah versi klasik, adapun perbedaan antara keduanya terkait dengan penyederhanaan dan modernisasi dalam gaya menulis dan berbicara. MSA digunakan dalam versi modern Al-Qur’an dan edisi modern dari novel dan puisi dari periode Abbasiyah dan Umayyah.

Alasan untuk Belajar Bahasa Arab

Bahasa Arab adalah bahasa keempat yang paling banyak digunakan di dunia. Sekitar 315 juta orang di 58 negara berbicara bahasa Arab sebagai bahasa pertama mereka, menurut Ethnologue.

Berikut alasan-alasan perlunya Bahasa Arab dipelajari:

[1] Belajar bahasa Arab dan menguasainya akan membuat Anda menonjol, khususnya jika Anda bergaul di lingkungan masyarakat Eropa, karena sangat sedikit orang Barat yang berbicara bahasa Arab. Kemampuan ini membuat Anda nampak cerdas dan canggih.

[2] Belajar bahasa adalah belajar tentang budaya negara tempat bahasa itu digunakan. Budaya Arab amat kaya dan menarik. Terlebih di masa pasca Islam datang, begitu banyak karya basis-basis ilmu pengetahuan dalam bahasa Arab. Mempelajari bahasa akan memungkinkan Anda membaca beberapa literatur klasik terkenal. Jika Anda adalah penggemar kisah-kisah seperti Aladdin, Ali Baba dan Sindbad sang Pelaut, juga cerita-cerita Seribu Satu Malam ( Alf laylah wa laylah ), Anda dapat menikmati dalam versi aslinya.

[3] Anda akan dapat memperoleh manfaat secara ekonomi. Sumber daya alam berlimpah di Timur Tengah dan berbahasa Arab akan membuka banyak posisi pekerjaan untuk Anda.

[4] Anda akan dapat merasakan keramahan Arab sejati. Orang Arab sangat bangga dengan bahasa mereka. Berbeda dengan orang Jerman yang tidak terkesan ketika orang asing dapat berbicara bahasa mereka, hal yang sebaliknya ditunjukkan oleh orang Arab. Begitu seorang penutur asli bahasa Arab mendengar orang asing berbicara beberapa kata dalam bahasa Arab, mereka akan sangat bersemangat dan senang membantu Anda mempelajari bahasa mereka.

[5] Ketika Anda belajar bahasa Arab, Anda akan dapat menghargai cara hidup, masakan, sastra, musik dan seni yang unik di kawasan ini. Anda akan membuka pintu ke budaya mereka yang kaya yang tidak sering terekspos ke dunia Barat. Anda akan menghargai praktik dan produk budaya mereka dan memahami nilai-nilai yang sangat berarti bagi mereka, seperti keramahan, martabat, dan kehormatan.

[6] Anda akan dapat memahami ajaran Islam dengan lebih baik jika Anda dapat membaca Al-Qur’an, Hadits, dan buku-buku penjelasan dari para cendekiawan muslim untuk memahami ajarannya.

[7] Anda akan memiliki keunggulan dalam persaingan bahkan jika Anda berada di Barat. Permintaan orang yang fasih berbahasa Arab cukup tinggi dan hanya sedikit orang dari Barat yang mencoba belajar bahasa Arab. Layanan rahasia di AS membutuhkan orang-orang yang fasih berbahasa Arab. Ada banyak bisnis, termasuk menerjemahkan dan menafsirkan yang membutuhkan penutur bahasa Arab. Bidang lain yang membutuhkan penutur bahasa Arab termasuk intelijen dan layanan luar negeri, konsultasi, perbankan dan keuangan, pendidikan dan jurnalisme.

[8] Ketika Anda mengetahui bahasa Arab, Anda akan dapat lebih mudah mempelajari bahasa lain yang digunakan di wilayah ini, seperti Persia, Turki, Urdu dan bahkan bahasa Ibrani. Sebagian besar kosa kata dari bahasa-bahasa ini berasal dari dan mirip dengan kata-kata Arab sehingga Anda akan dapat dengan cepat memahami konsep semantik dan tata bahasa dari bahasa lain.

[9] Bepergian ke Timur Tengah akan jauh lebih mudah. Sejumlah besar orang Arab dapat berbicara bahasa Inggris tetapi sebagian besar penduduk hanya menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa utama mereka. Sekalipun Anda hanya bisa mengucapkan kata dan frasa yang umum, lebih baik untuk berbicara dalam bahasa lokal. Ini akan membantu Anda menghargai desa tradisional dan tempat menarik lainnya.

[10] Jika Anda seorang Amerika, Anda dapat memanfaatkan insentif keuangan yang diberikan pemerintah AS kepada orang-orang yang tertarik untuk belajar bahasa Arab. Pemerintah telah menyatakan bahwa bahasa Arab adalah bahasa yang memiliki kepentingan strategis, terdapat promosi pembelajaran beberapa bahasa yang sangat penting bagi kebijakan luar negeri dan hubungan pemerintah. Ini memberikan kesempatan belajar dan beasiswa bagi mereka yang tertarik untuk belajar bahasa yang kritis. Dukungan tersebut mencakup kursus dari tingkat pemula hingga tingkat lanjut, pengembangan profesional, pertukaran guru, peluang untuk pengajaran intensif dan program belajar di luar negeri. Anda dapat memeriksa beasiswa yang tersedia dari Program Beasiswa Bahasa Kritis, Penghargaan Boren dari Program Pendidikan Keamanan Nasional dan Program Unggulan Bahasa Arab di Luar Negeri.

[11] Jika Anda berencana untuk bergabung dengan perusahaan perdagangan, perusahaan ekspor-impor atau terlibat dalam bisnis sendiri, banyak peluang tersedia di negara-negara Arab. Populasinya bertambah dan dengan PDB yang sangat besar, ini adalah pasar utama untuk ekspor jasa dan barang. Belajar bahasa Arab dan budaya orang-orang yang berbicara bahasa akan memudahkan Anda untuk bernegosiasi dan melakukan bisnis.

[12] Negara-negara yang berbicara bahasa Arab berkontribusi signifikan terhadap peradaban global. Banyak orang Arab berkontribusi pada kemajuan filsafat, kedokteran, dan sains. Mereka memiliki perpustakaan yang luas yang melestarikan pembelajaran dari budaya Bizantium, Romawi, dan Yunani. Anda dapat menjelajahi dunia arsitektur, astrologi, navigasi, matematika, dan sastra dalam bahasa pertama mereka.

[13] Anda memperoleh keterampilan bahasa yang vital ketika Anda belajar bahasa Arab. Lebih mudah untuk belajar bahasa Prancis atau Spanyol dan bahasa-bahasa ini akan memungkinkan Anda bepergian atau bekerja di berbagai negara, terutama di Eropa. Namun, Anda memiliki lebih banyak kompetisi karena ada lebih banyak pelajar dan pembicara dari bahasa-bahasa ini. Jika Anda belajar bahasa Arab, Anda yakin akan ada permintaan besar untuk keterampilan bahasa Anda karena persediaannya terbatas. Lebih lanjut, jika Anda belajar bahasa Mandarin misalnya, fokus karier Anda hanya akan ada di beberapa negara, sedangkan jika Anda belajar bahasa Arab, peluang Anda lebih luas karena bahasa tersebut digunakan di 58 negara.

Menarik bukan? Jadi kapan Anda mengambil langkah untuk mempelajarinya?

Salam Excellent


Adapted from DayTranslation

Chat via Whatsapp