Pelokalan dapat mengubah keberhasilan lokal menjadi meluas hingga menjadi fenomena global

Bagaimana perusahaan besar mengembangkan bisnis mereka melalui pelokalan (localizations)? Berikut adalah salah satu contohnya:

Pada tahun 2016, Netflix meluncurkan layanannya secara bersamaan ke 130 negara yang berbeda. Pada 2018, ia memiliki rekor jumlah pelanggan yaitu 117,6 juta, dengan “hanya” 55 juta dari AS. Sejak itu, ia menawarkannya di 190 negara yang berbeda dan sekarang ada dalam 24 bahasa yang berbeda. Hal ini menguntungkan karena pertumbuhan terjadi dengan luar biasa pada skala internasional, tetapi juga berarti bahwa hal ini adalah tantangan untuk ditangani.

Tantangan untuk memastikan konten aslinya, seperti halnya yang telah global; “Stranger Things” yang berjalan baik di berbagai negara. Netflix harus memastikan serial ini dapat diterjemahkan ke pasar yang berbeda di seluruh dunia.

Cara Melokalkan Konten

Perusahaan harus memiliki rencana tindakan yang kuat terkait pelokalan. Tantangan terbesar dari semuanya adalah mencoba menawarkan konten yang relevan secara linguistik dan budaya. Hal ini untuk memungkinkan mereka mendapatkan pelanggan internasional untuk kesuksesan yang lebih besar dan keuntungan yang lebih tinggi di pasar yang ditargetkan.

Bukan hanya bagaimana Netflix menerjemahkan konten, tetapi juga bagaimana mereka melakukan pelokalan. Tim pelokalan video mereka bergantung pada alat manajemen spesialis yang dikenal sebagai The Global String Repository. Netflix berkolaborasi dengan vendor yang dikuratori khusus, yang dikenal sebagai Netflix Preferred Vendors. Melalui kolaborasi ini, mereka dapat menghasilkan semua dubbing dan subtitle untuk bahasa tertentu.

Perluasan Netflix, berapa banyak dunia yang dicakupnya dan seberapa banyak judul yang mereka tawarkan pada waktu tertentu, mereka perlu menemukan penerjemah terbaik di dunia. Pada tahap pertama, Netflix menciptakan platform untuk menguji penerjemah (Hermes). Ini membantu mereka membangun basis data yang terbaik dari yang terbaik ketika menyangkut penerjemahan. Netflix merekomendasikan anggota dalam database itu ke BPV atau memberi mereka kesempatan untuk bekerja di rumah secara langsung.

Meskipun mereka tidak lagi menggunakannya, menarik untuk dicatat pendekatan mereka terhadap penerjemahan dan bagaimana mereka mencapai apa yang mereka inginkan.

Pelokalan Menuju Sukses Global

Netflix tidak hanya beruntung. Segala sesuatu yang dilakukan di Netflix memiliki ketepatan untuk itu, sebuah disiplin ilmu yang disesuaikan dengan baik. Dari pengujian AB dan bereksperimen dengan memposisikan pertunjukan tertentu, hingga pengguna spesifik dari berbagai belahan dunia. Dengan memilih aktor sulih suara terbaik dan tidak hanya menentukan siapa yang tersedia, sulih suara adalah cara yang tepat untuk mendapatkan bahasa dan nada paling otentik.

Alat Nama dan Frasa Kunci Yang Menarik

Netflix memiliki alat nama dan frasa kunci yang menarik (format gaya wiki) untuk menerjemahkan konten mereka bagi berbagai negara dan audiens. Setiap orang yang terlibat dalam pelokalan, termasuk penerjemah, PR, dan pemasaran memastikan semua penerjemahan konsisten dalam semua yang mereka lakukan. Sesuatu yang spesifik seperti “Demogorgon”, dari “Stranger Things”, perlu diterjemahkan sama di setiap episode yang disebutkan.

Karena “Dungeons and Dragons” juga menyebutkan “Demogorgon”, sangat penting bahwa kata ini diterjemahkan dengan hati-hati (diterjemahkan seakurat mungkin ke bahasa lain). Haruslah sama persis sebagaimana periode 1980-an ketika permainan tersebut pertama kali dirilis.

Jelas, Netflix telah dan tengah terus berhasil menggunakan pelokalan untuk keberhasilan dalam skala global, dan perusahaan lain dapat belajar dengan mencontoh mereka.

Salam Excellent!


Source: Elite Asia

Open chat
Powered by