Ketika membahas perihal pelokalan website, terdapat beberapa solusi ampuh yang berbeda-beda. Lakukan evaluasi pendekatan pelokalan website yang digunakan (tradisional, konektor, dan proxy) lalu temukan strategi mana yang terbaik untuk website Anda. Berikut adalah ulasan Robert O’Shaughnessy, arsitek solusi di AMPLEXOR.

Mengadaptasi website Anda untuk pasar yang baru sangat penting untuk keberhasilan pertumbuhan global. Lagi pula, lebih dari setengah konsumen hanya membeli dari website di mana informasinya bisa didapat dalam bahasa mereka.

Jika dilakukan dengan sukses, menyediakan versi lokal situs web Anda memungkinkan Anda untuk menjangkau dan melibatkan pasar global yang Anda targetkan, dan sebagai gantinya, meningkatkan pendapatan. Namun, jika dilakukan dengan buruk, atau tidak dilakukan sama sekali, pelanggan lambat laun akan meninggalkan situs Anda, atau bahkan tidak akan pernah menemukan situs tersebut.

Jadi, jika Anda akan melokalkan website Anda untuk pasar yang berbeda, Anda perlu memeriksa beberapa hal dari daftar periksa pelokalan situs web.

Perlu diingat bahwa tidak ada pendekatan “satu ukuran cocok untuk semua” di sini. Panduan kami untuk klien tergantung pada tujuan perusahaan mereka, arsitektur website, pengaturan sistem manajemen konten mereka, dan banyak lagi.

Pertimbangkan apakah Anda memerlukan pengujian pelokalan

Apakah website Anda siap dilakukan pelokalan? Jika Anda tidak yakin, pengujian bisa menjadi ide yang bagus. Terkait ikhtisar tentang tiga jenis pengujian, lihat blog kami “Perangkat lunak global dan praktik terbaik pengujian situs web

 

Putuskan berapa banyak situs yang ingin Anda terjemahkan

Prioritaskan konten yang mana untuk diterjemahkan. Lakukan ini dengan terlebih dahulu menggunakan intuisi detektif Anda dan melakukan penelitian yang diperlukan. Halaman produk mana yang cenderung mendapat kunjungan terbanyak? Apakah aktivitas meningkat di pasar tertentu? Apa halaman yang paling terbuka untuk umum dan banyak dibaca yang paling terkait dengan pendapatan tertinggi? Menjawab pertanyaan-pertanyaan ini memberi Anda posisi awal yang baik.

 

Periksa gambar dan tata letak Anda

Tidak setiap grafik cocok untuk semua pasar. Misalnya, gambar bayi di kaleng makanan bayi dapat menyebabkan kekhawatiran serius di beberapa negara, di mana penduduk menyamakan label gambar dengan apa yang ada di dalam produk.

Yang juga penting adalah tata letak situs Anda. Pastikan cocok dengan bagaimana audiens Anda terbiasa menavigasi website. Tidak semua pemirsa membaca website dari kiri ke kanan. Bahasa Arab dibaca dari kanan ke kiri, jadi mengadaptasi tata letak Anda untuk mengakomodasi pengguna dari Aljazair, misalnya, akan menjadi ide yang bagus.

 

Berpikirlah personal dan responsif

Upaya terbaru Google untuk menghukum website yang tidak ramah seluler menerpa mereka secara telak: yaitu peringkat SEO mereka.

Pengalaman pengguna penting bagi setiap audiens – dan hal tersebut menguntungkan bagi Anda untuk mempertimbangkan betapa mudahnya situs Anda dinavigasi untuk para pengguna seluler itu. Berikut adalah beberapa statistik untuk membuat telinga Anda mendengar dering yang lebih keras daripada suara ponsel Anda dengan volume tertinggi:

  • Proyeksi perdagangan seluler Inggris (Mcommerce) menunjukkan 56 persen dari penjualan akan dibeli melalui smartphone pada tahun 2021 (emarketer.com)
  • Sekitar 76 persen orang dewasa di negara maju memiliki smartphone (Pewglobal.org).
  • Tidak memiliki situs web yang dioptimalkan untuk seluler sama seperti menutup toko Anda satu hari setiap minggu (Google).

Dengan mengingat hal ini, penting untuk memastikan pengguna perangkat seluler dapat dengan mudah menjelajahi situs Anda. Selebihnya lihat blog kami “ Pelokalan e-niaga: Mengikuti tuntutan pelanggan global Anda ”

 

Pertimbangkan penilaian pelokalan

Jika Anda tidak yakin dengan apa yang Anda butuhkan dan mampu menggunakan beberapa panduan profesional, Anda mungkin ingin melakukan penilaian pelokalan. Hal ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan wawasan tentang keadaan Anda saat ini dan mencari tahu cara terbaik untuk membawa situs Anda ke tingkat berikutnya.

 

Cari tahu rute pelokalan website yang ingin Anda ambil

Ada tiga pendekatan ampuh yang berbeda untuk pelokalan website. Meskipun sama-sama efektif, Anda mungkin menemukan satu solusi yang betul-betul sesuai dengan kebutuhan dan sasaran bisnis Anda, lebih baik daripada yang lain.

Jika Anda memprioritaskan solusi cepat dan terjangkau yang tidak mengabaikan kualitas, solusi proxy terjemahan situs web kami, SiteSync mungkin yang Anda cari. Teknologi ini menciptakan duplikat website Anda dan menampilkannya dalam bahasa target. Hal ini sangat cocok untuk situs-situs di mana pelokalan website di sana itu terlarang.

Konektor penerjemahan juga dapat menjadi pilihan. Hal ini cocok jika Anda memiliki pembaruan rutin di berbagai bahasa dan memiliki keahlian dan waktu untuk melakukan persiapan website sendiri. Konektor adalah integrasi antara CMS Anda dan sistem manajemen terjemahan kami, yang mengotomatiskan pengemasan file dan alur kerja untuk efisiensi penghematan waktu.


Opsi ketiga adalah opsi manual atau tradisional. Dalam skenario ini, tim internal Anda akan menyiapkan situs Anda untuk pelokalan dan hanya mengekspor file yang dapat diterjemahkan seperti file XLIFF atau Excel yang dapat diurai dan diterjemahkan oleh tim rekayasa lokalisasi ahli kami. Opsi ini cocok untuk situs yang jarang diperbarui, dan anggaran merupakan faktor utamanya.

 

Jadi, solusi lokalisasi situs web mana yang terbaik untuk Anda?

Apakah hal-hal ini ada dalam daftar periksa pelokalan situs web Anda? Memeriksa setiap langkah ini dapat membantu Anda menangani proses penerjemahan situs web. Namun, berbagai pendekatan untuk penerjemahan website menimbulkan pertanyaan: Mana yang terbaik untuk tujuan website Anda? Yang mana yang tepat untuk perusahaan Anda? Apa pro dan kontra dari masing-masing?

Anda mungkin memiliki banyak alasan untuk penerjemahan website dengan tujuan akhir. Pastikan Anda mengevaluasi opsi terjemahan website Anda dan memilih pendekatan dan strategi yang tepat yang selaras dengan organisasi Anda dan sasaran bisnis keseluruhannya.

Apakah Anda ingin bantuan kami mengevaluasi berbagai pendekatan yang terbukti untuk pelokalan situs web (tradisional, konektor dan proksi) dan menemukan strategi mana yang terbaik untuk website Anda? 

Salam Excellent!

Open chat