Wish and hope dari segi arti memiliki sama. Lalu kata apa yang sering Anda pakai atau gunakan? Apakah wish atau hope? Dalam bahasa Inggris wish dan hope ini memang sering digunakan untuk menyatakan sebuah harapan. Sama dengan kata watch, look maupun see yang artinya sama namun berbeda penggunaannya. Begitu pula dalam sebuah kalimat hope dan wish ini pun berbeda. Begitu juga kata sifat dan kata benda.

Kata wish dan hope ini kedudukannya sama dalam bahasa Inggris bisa menjadi kata kerja atau verb dan bisa juga menjadi kata benda atau noun. Artinya bisa berbeda jika posisinya menjadi verb dan noun. 

Contohnya saja wish yang berfungsi sebagai kata kerja dimana memiliki arti harapan, keinginan dan bisa juga menghendaki. Ketika berubah fungsi menjadi kata benda wish ini memiliki arti berupa keinginan, kehendak atau kemauan. Sedangkan untuk hope ini jika sifat atau fungsinya sebagai kata kerja memiliki arti berupa berharap atau berharap. Saat berubah menjadi noun atau kata benda memiliki arti berupa harapan.

Perbedaan

Perbedaan wish dan hope ini sangat penting untuk Anda ketahui. Wish and hope ini memang memiliki arti yang sama namun digunakan dalam konteks kalimat yang berbeda.  Untuk wish ini digunakan untuk menyatakan atau mengungkapkan harapan yang mana tidak mudah atau mustahil untuk diwujudkan. Wish ini juga digunakan sebagai ekspresi pengandaian, mengucapkan keinginan dengan sopan dan juga mengucapkan doa. Oleh sebab itu kata wish ini sering diucapkan pada acara ulang tahun, acara pernikahan dan acara sakral lainnya.

Hope ini digunakan untuk menyatakan sebuah harapan atau yang bisa atau sangat mungkin terjadi. Di sinilah letak perbedaan antara wish and hope tersebut. Misalnya saja adalah Anda ingin membeli rumah tapi Anda belum memiliki tabungan sama sekali maka pemilihan katanya yang tepat adalah wish, sedangkan untuk hope ini Anda ingin membeli sebuah rumah namun sudah memiliki tabungan dan kekurangannya tinggal sedikit maka kalimat yang bisa Anda gunakan adalah hope.

Contoh Penggunaan Kata Wish dan Hope

Penting sekali bagi Anda untuk mengetahui seperti apa contoh penggunaan kata wish and hope. Simak contohnya di bawah ini:

  1. Expressing hope
  • I hope you win the game. Artinya adalah saya berharap kamu memenangkan pertandingan.
  • I hope to see you again soon. Artinya adalah saya berharap bertemu denganmu segera.
  • I hope you can find your ring. Artinya saya harap Anda bisa menemukan cincin Anda.
  • I hope our uncle will not angry with us. Artinya saya berharap paman kita tidak marah dengan kita.
  • I hope she can forgive me. Artinya adalah saya berharap dia bisa memaafkan saya.
  • I hope to find true friend. Artinya adalah saya berharap menemukan teman sejati.
  • I hope you get best score for English test. Artinya adalah saya berharap kamu mendapatkan nilai terbaik untuk tes bahasa Inggris.
  • I hope the bus comes soon. Saya berharap bus datang segera.
  1. Responding hope

Tidak hanya contoh kalimat wish and hope saja yang penting untuk diketahui namun respons yang diberikan ini pun wajib untuk diketahui. Saat Anda mendapatkan atau mendengar kalimat hope dari seseorang ada beberapa jawaban yang bisa Anda gunakan seperti berikut ini:

  • I hope so.  Artinya adalah saya harap juga begitu.
  • Thank you. Artinya adalah terimakasih.
  • Thanks a lot artinya adalah terimakasih banyak.
  • Thank for your hope. Artinya adalah terima kasih atas harapanmu.
  • God bless you. Yang artinya adalah Tuhan memberkati kamu.
  • That is good idea. Artinya adalah itu ide yang bagus.
  1. Expressing wish

Wish bisa berupa doa atau harapan yang mungkin sulit terwujud namun jika ada keajaiban atau campur tangan Tuhan di dalamnya harapan tersebut bisa terkabul. Simak beberapa contoh kalimat menggunakan wish berikut ini:

  • I wish Joon-gi were here. Artinya adalah saya berharap Joon-gi ada di sini namun kenyataannya tidak ada dan bahkan tidak mungkin karena dia seorang artis atau publik figur.
  • I wish I could dance in the party with him.  Saya berharap bisa menari di pesta dengan dia.
  • I wish I had known the answer. Artinya adalah saya berharap saya tahu jawabannya.
  • I wish I spoke English well. Artinya adalah saya berharap saya bisa berbicara bahasa Inggris dengan baik namun kenyataannya tidak.
  • I wish I had started sooner. Artinya adalah saya berharap saya mulai lebih cepat.
  • I wish that I had a luxury big house.  Saya berharap memiliki rumah besar yang mewah.

Bentuk Past Tense Hope

Dalam beberapa konteks tertentu, wish and hope ini bentuknya bisa berupa past tense.  Contoh kalimatnya adalah berikut ini:

  • Emma hopes Louisa had a great time at the mountain last week. Artinya adalah Emma berharap Louisa bersenang-senang di pantai minggu kemarin. Dalam contoh ini Louisa pergi ke pantai di masa lalu dan Emma tidak tahu apakah Louisa ini memiliki waktu yang menyenangkan saat berada di pantai. Kalimat ini diambil dari sudut pandang Emma dan memiliki kemungkinan jika Louisa tersebut memiliki waktu yang menyenangkan saat berada di pantai.
  • Emma wishes Louisa had a great time at the beach last week. Artinya adalah Emma berharap Louisa bersenang-senang di pantai pada minggu kemarin.  Pada konteks kalimat ini adalah Louisa kemungkinan tidak memiliki waktu yang menyenangkan saat di pantai dan Emma sangat menyayangkan hal tersebut

Wish Past Tense

Wish dalam bentuk lampau ini bukan berarti membicarakan situasi yang telah terjadi di masa lampau. Justru bentuk past tense ini digunakan untuk membicarakan masa kini yang berlawanan dengan situasi yang diinginkan contohnya adalah:

  • Mike wishes he could move to London. Artinya adalah Mike berharap dia bisa pindah ke London. Dalam konteks ini Mike ingin pindah ke London namun kenyataannya tidak bisa namun ia tetap ingin pindah ke London.
  • I wish I had three day off this month. Artinya adalah saya harap saya bisa mendapatkan tiga hari libur di bulan ini. Sayangnya dalam kenyataannya waktu libur yang dimiliki tidak sesuai dengan yang diharapkan. Bisa lebih sedikit atau tidak ada libur sama sekali dalam satu bulan ini.

Wish dan Past Perfect

Bentuk kalimat dari wish ini banyak sekali bisa past tense maupun past perfect. Untuk past perfect ini digunakan untuk mengungkap penyesalan yang telah terjadi di masa lalu. Contoh kalimatnya adalah seperti berikut:

  • I wish had come earlier. Artinya adalah saya harap saya datang lebih awal. Konteks ini memiliki arti jika di masa lalu tidak datang lebih awal dan sekarang menyesal.
  • I wish I had worn hat. Artinya adalah saya harap saya memakai topi. Pada saat itu tidak memakai topi dan sekarang baru merasa menyesal.

Demikianlah beberapa pengertian, perbedaan dan contoh kalimat wish and hope, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Open chat